Lupus Penyakit

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Lupus Penyakit Seibu Wajah

Lupus Penyakit Wajah

Lupus Penyakit Seibu Wajah

Lupus penyakit seribu wajah, apa itu? Memang lupus merupakan penyakit yang memiliki seribu wajah. Ia dapat timbul dengan berbagai gejala yang khas, namun ia lebih sering timbul dengan gejala yang tidak khas. Itulah sebabnya lupus kerap lambat dideteksi karena jika gejala yang timbul tidak khas, ia kerap disangka penyakit lain. Bahkan, ia bisa timbul hanya dengan gejala anemia saja.

Lupus penyakit atau yang memiliki nama lengkap lupus eritematosus sistemik merupakan penyakit autoimun yang banyak menyerang perempuan usia muda. Namun, bukan berarti laki-laki tidak bisa terkena lupus. Berikut ini adalah kriteria dari American College of Rheumatology yang menjadi panduan dalam mendiagnosis lupus (Tabel 1). Jika Anda mengalami salah satunya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Tabel 1. Kriteria American College of Rheumatology untuk lupus eritematosus sistemik ( lupus penyakit )

Kriteria Definisi
Ruam malar Ruam kemerahan pada pipi, biasanya tidak mengenai lipatan nasolabial (hidung-bibir)
Ruam diskoid Ruam kemerahan yang meninggi dengan lapisan kulit kering di atasnya.
Fotosensitivitas Ruam kulit yang timbul akibat terkena sinar matahari.
Sariawan Timbul sariawan di mulut atau tenggorok, biasanya tidak nyeri.
Artritis Nyeri sendi pada setidaknya dua sendi disertai dengan pembengkakan, merah, dan penumpukan cairan.
Serositis Nyeri saat menarik napas, kelainan pada suara napas saat Anda menarik napas (diperiksa oleh dokter), dan kelainan pada EKG (rekam jantung).
Kelainan ginjal Air seni berbusa atau berdarah
Kelainan saraf Kejang atau perubahan kepribadian tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.
Kelainan darah Anemia, dapat diikuti dengan berkurangnya jumlah sel darah putih dan trombosit.
Kelainan imunologi Terdapat antibodi lain yang seharusnya tidak terdapat dalam tubuh (diperiksa oleh dokter).
ANA
(antinuclear antibody)
Terdapat antibodi terhadap inti sel yang seharusnya tidak terdapat dalam tubuh.

Seseorang dikatakan mengidap lupus jika memenuhi 4 dari 11 kriteria di atas baik bersamaan maupun bertahap.

Anemia pada lupus penyakit

Kelainan darah biasanya terjadi pada sekitar 50-75% kasus lupus. Anemia pada lupus bukan disebabkan oleh perdarahan berlebihan, melainkan akibat penghancuran sel darah merah yang berlebihan. Normalnya, sel darah merah akan dihancurkan setelah berusia 120 hari. Namun pada lupus terdapat antibodi yang menempel pada sel darah merah sehingga sistem pertahanan tubuh menganggapnya benda asing dan menghancurkannya walaupun ia berusia kurang dari 120 hari. Oleh karena itu, anemia pada lupus kerap disertai kuning pada tubuh akibat peningkatan bilirubin yang timbul akibat penghancuran sel berlebihan.

Anemia pada lupus penyakit kerap disertai dengan berkurangnya sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit). Berkurangnya keping darah inilah yang membuat penderita lupus rentan terhadap perdarahan. Manifestasi yang seringkali timbul bukanlah perdarahan masif, melainkan perdarahan di bawah kulit yang tampak seperti bintik-bintik merah seperti yang timbul pada demam berdarah, atau lebam di kulit yang timbul tanpa riwayat trauma sebelumnya.

Mengingat lupus penyakit kerap timbul dalam seribu wajah menyerupai penyakit lain, maka jangan anggap remeh kelainan yang Anda rasakan. Jika hasil pemeriksaan medis tahunan Anda menunjukkan anemia, penurunan leukosit atau trombosit, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan mencari tahu penyebab penurunan sejumlah sel tersebut. Memang begitu banyak penyebab yang lain dan lupus penyakit hanyalah sebagian kecil di antaranya, namun tak ada salahnya untuk waspada bukan?

Referensi:
1. Benseler SM. Systemic lupus erythematosus. Rheum Dis Clin North Am 2007; 33(3); 471-98.
2. Hahn BV. Systemic lupus erythematosus. In: Harrison’s Principles of Internal Medicine. 16th ed. McGraw-Hill 2005; 1960-7.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait