CPNS Kesehatan

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Usulan Formasi CPNS Kesehatan & Tenaga Pendidik yang Telat akan Dialihkan ke 2013

CPNS Kesehatan

CPNS Kesehatan Masyarakat

Walaupun batas waktu pengajuan formasi CPNS Kesehatan dan umum/reguler untuk kebutuhan mendesak, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan sudah berakhir sejak 30 Juni lalu. Namun, beberapa daerah masih tetap memasukkan permohonan.

Kepala Sub Bagian Publikasi dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN), Petrus Sujendro, mengungkap, hingga Senin kemarin, masih ada daerah yang memasukkan usulan formasi kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. “Ditembuskan ke kepala BKN,” kata Petrus Sujendro di Jakarta, Senin, 2 Juli.

Terhadap usulan tersebut, pemerintah telah memutuskan untuk tidak memrosesnya tahun ini tapi untuk kebutuhan 2013. Meski begitu, usulan kebutuhan 2013 harus tetap mengacu pada Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK), Peta Jabatan dan Proyeksi Kebutuhan PNS dalam lima tahun.

“Selain itu untuk mengetahui berapa jumlah kebutuhan pegawai suatu daerah, tetap menggunakan pedoman Permenpan-RB Nomor 26 tahun 2011,” tambah Petrus.

Dia menegaskan, masa penundaan sementara penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau moratorium bukan berarti tidak ada penerimaan CPNS Kesehatan khususnya. “Moratorium bukan berarti nol rekrutmen. Tapi moratorium ada pengecualian tentunya dengan persyaratan yang ketat. Misalnya formasinya terbatas pada tenaga pendidik, tenaga kesehatan, tenaga khusus yang sangat mendesak bahkan termasuk pengangkatan honorer K1. Di samping itu, anggaran belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50 persen dari APBD. Jikalau lebih, daerah tersebut tidak dapat diberikan formasi untuk menambah pegawai,” jelas Petrus.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, menegaskan, rekrutmen CPNS Kesehatan bukan proyek tahunan. Pasalnya, di daerah sering ditemukan penyimpangan dalam setiap pengadaan CPNS.

“Setiap tahunnya selalu ada laporan kecurangan CPNS. Entah itu kecurangan saat tes CPNS kesehatan berlangsung maupun saat pengumuman. Tujuannya satu, memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi,” ujar Azwar di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, masih adanya pemikiran kalau proses pengadaan CPNS Kesehatan merupakan proyek tahunan, menjadi salah masalah besar dalam manajemen aparatur sipil negara. Di samping rekruitmen CPNS yang masih didasarkan kepada kepentingan politik, pribadi, serta sarat nepotisme dan kolusi.

“Sebenarnya banyak sekali permasalahan yang berkaitan dengan aparatur. Namun yang paling menonjol di antaranya permainan dalam rekruitmen CPNS Kesehatan, sistem promosi dan rotasi yang tertutup berdasarkan afilisiasi politik, gaji rendah serta tidak adanya pertimbangan terhadap kinerja pegawai,” tuturnya.

Untuk mengatasi masalah rekrutmen dan promosi, lanjut mantan pelaksana tugas Gubernur Aceh ini, pemerintah menerapkan sistem terbuka. Di mana rekruitmen CPNS Kesehatan dilakukan melalui kerja sama dengan konsorsium perguruan tinggi negeri, penggunaan tes komputer (Computer Assestead Test).

Sedangkan promosi aparatur sipil negara dilakukan melalui pengembangan pusat penilaian untuk promosi (pelatihan dan pendidikan), pengembangan sistem promosi terbuka bagi eselon satu dan eselon dua secara nasional. (ref : Fajar)

Cara Cepat Dapatkan Pekerjaan

Tidak bisa dipungkiri dengan banyaknya lapangan pekerjaan saat ini, masih banyak saja orang yang kesulitan mendapatkannya. Orang dengan pengalaman kerja yang cukup baik saja terkadang sulit mendapat pekerjaan yang diinginkan, apalagi mereka yang tidak memiliki pengalaman sama sekali.

Kuncinya, jangan pernah putus asa. Mungkin saja Anda belum berjodoh karena mungkin ada kesempatan yang lebih baik menanti Anda. Dikutip dari BusinessInsider, Manajer HRD Alison Green menyatakan, “manajer HRD yang baik mengerti dengan ekonomi yang sulit, maka orang yang direkrut juga harus yang terbaik.”

Oleh karena itu, sambil Anda terus berusaha mencari pekerjaan dan berdoa, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar kemungkinan Anda diterima bekerja oleh perusahaan yang Anda lamar.

1. Tetap Produktif Selama Menganggur
“Anda tidak boleh mengatakan Anda tidak melakukan apa-apa selama menganggur,” ujar Alison selaku penulis Ask A Manager. “Meskipun Anda sibuk nonton film pendidikan atau dokumenter di rumah, itu bukan termasuk kesibukan”. Anda harus menunjukkan selama masa menganggur, Anda tetap produktif bekerja. Hal ini menunjukkan kalau Anda adalah calon pekerja yang mandiri dan aktif. Contohnya Anda mencari lowongan di Jobsvacancy.net  itu sudah termasuk produktif selama menganggur.

2. Mengambil Kursus
Mengikuti seminar dan kursus gratis atau berbayar dapat menjadi nilai plus. Pekerjaan sukarelapun tak masalah. “Saat Anda menceritakan hal ini saat wawancara, Anda meningkatkan nilai diri Anda di mata pewawancara.” penasehat karir, Win Sheffield menambahkan, “Anda bisa saja mencantumkannya di CV namun lebih baik jika Anda menceritakannya langsung saat wawancara kerja.”

3. Komunikasikan Nilai Anda
“Bila Anda bisa meyakinkan seseorang jika Anda bisa menyelesaikan masalah mereka, maka tugas Anda selesai,” ujar Jeff Neil, seorang penasehat karir di New York. Berlatihlah membicarakan nilai positif Anda kepada orang lain. “Ketika seseorang menanyakan kabar Anda, jawablah seperti Anda sedang diwawancara kerja. Semakin Anda terbiasa, maka semakin nyaman pula Anda berbicara dengan pewawancara kerja nantinya,” ujar Penelope Trunk selaku penulis Brazen Careerist.

4. Salah Pekerjaan atau CV Anda Jelek
Neil menambahkan, jika seseorang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan selama berbulan-bulan, bisa jadi ia tidak memiliki CV dan pengalaman kerja yang baik. Bisa jadi pula ia seeorang yang tidak mahir mencari pekerjaan sehingga berakhir melamar pekerjaan yang salah untuk dirinya. CV yang bagus tidak menjamin Anda akan mendapatkan pekerjaan, namun setidaknya Anda telah membuka kesempatan untuk dipanggil wawancara.

5. Yakinkan Mereka Ini Pilihan Anda
Anda tidak punya pengalaman kerja? Cukup yakinkan pewawancara bahwa ini adalah pilihan Anda. Pilihan yang Anda rasa tepat bagi kemajuan karir Anda dan merupakan kesempatan yang bagus untuk mengembangkan diri. Anda berpengalaman? Yakinkan mereka bahwa dengan kehadiran Anda di perusahaan, bisa memberikan perubahan positif maupun keuntungan besar.

6. Minta Bantuan dari Semua Kenalan Anda
Saat menganggur adalah saat yang tepat untuk ‘mengganggu’ teman maupun kenalan Anda. “Skejulkan pertemuan dengan semua kenalan untuk mengobrol dengan Anda’” ujar Megan Fischer, penulis blog “Unemployed in Milwaukee”.

Megan melakukan hal ini dan dalam waktu singkat dan usaha yang konsisten, ia mendapat pekerjaan. Lakukan ini seperti Anda tidak punya pilihan lain. Mau tidak mau Anda terprogram untuk menemui setiap kenalan Anda dan meminta bantuan mereka untuk membukakan pintu kesempatan bekerja.

7. Twitter, Facebook dan Website Penyedia Lowongan
Di zaman modern ini, banyak akun twitter yang menginformasikan lapangan pekerjaan. Segera follow akun-akun tersebut. Anda juga bisa nge-tweet tentang diri Anda yang sedang mencari pekerjaan. Tidak perlu malu, karena Anda memang butuh pekerjaan, bukan? Jika Anda memiliki banyak follower, tidak ada salahnya Anda memulai sebuah usaha dengan basis banyaknya pengikut. Follow twitter kita di @jobs_id

8. Dari Sementara Menjadi Pegawai Tetap
Ada istilah Anda hanya bekerja freelance atau kontributor per proyek. Bisa saja Anda melamar pekerjaan dan hanya diberikan kontrak sementara selama 6 bulan. Tak perlu khawatir. Ellen Winsett, penulis portal karir Slate mengakui dengan adanya kesempatan ini, Anda tidak akan pernah tahu kapan ada staf tetap yang mengundurkan diri dan digantikan oleh Anda.

9. Pergantian Karir
Valerie Davis bercerita kepada harian USA Today, “Saat di-PHK, saya panik. Saya mencari kerja apa saja dan mendapatkannya dua bulan kemudian.” Wanita yang bekerja sebagai Hubungan Internasional di Timur Tengah ini mencari pekerjaan yang tidak ada hubungan sama sekali dengan diplomanya, namun ia tetap mengambil kesempatan yang ada di depan mata dan fokus mengerjakannya walupun itu bukan bidangnya.

10. Belajar Bahasa Baru
Tidak ada salahnya belajar bahasa baru saat menganggur. Menurut sebuah survei yang dilakukan di Inggris tahun 2010, banyak lapangan pekerjaan yang mementingkan kemampuan komunikasi dengan bahasa ketiga, seperti dilansir BBC. Bisa saja Anda menjadi koresponden internasional dan ditugaskan di luar negeri, meskipun Anda tidak memiliki keahlian lain.

11. Liburan
Jika Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan selama setahun, saatnya Anda berlibur. Ahli profesi Forman & Johnson mengatakan, “Walaupun kesannya Anda malah buang uang untuk berlibur, gunakan sebaik mungkin. Gunakan momen ini untuk menyegarkan pikiran sambil membaca buku yang berkaitan dengan bidang Anda. Anda akan segar kembali dengan ide-ide baru dalam mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan usaha.”

Terima Kasih,

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait