Foto dan Video dengan Casio Exilim EX-V8

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Bingung antara membeli kamera digital atau kamera video? Ingin memiliki kamera digital yang mampu merekam video dengan kualitas handycam? Kamera digital memang telah memiliki kemampuan merekam video klip pendek. Namun pada prakteknya ada keterbatasan dalam pemakaian dan hasil videonya pun belum memuaskan. Sebaliknya, kamera video pun dapat dipakai untuk mengambil foto meski resolusinya rendah dan hasil fotonya tidak maksimal.

Fitur untuk merekam video pada kamera digital umumnya memiliki keterbatasan, antara lain dalam hal resolusi, kompresi, zoom optik dan audio. Oleh karena itu kamera digital masih belum bisa menggantikan kamera video yang memiliki fitur lebih baik. Solusinya adalah konvergensi antara kamera digital dan kamera video dalam satu alat. Di pasaran telah banyak beredar perangkat ‘hybrid’ yang menggabungkan kemampuan foto dan video pada satu alat. Namun perangkat tersebut umumnya cenderung mengadopsi bentuk camcorder mini yang digenggam seperti layaknya sebuah pistol. Katakanlah, Sanyo Xacti, Canon TX1 atau Creative DVcam yang menjadi perekam video tanpa pita dengan kemampuan mengambil foto sama baiknya seperti kamera digital biasa.

Exilim V8Namun bagi mereka yang tetap ingin memiliki sebuah kamera saku digital yang bisa merekam video dengan kualitas baik memang harus mencari perangkat yang tepat. Salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan adalah Casio Exilim EX-V8 yang merupakan kamera digital beresolusi 8 MP terbaru dari Casio. Kamera yang berbalut aluminium ini memiliki desain unik dengan menggunakan sistem lensa yang bergerak di dalam kamera, sehingga proses zoom in dan zoom out tidak ada elemen lensa yang menonjol keluar. Inilah beberapa keunggulan dari kamera ini, baik dalam hal fotografi maupun urusan merekam video :

  • Lensa aspherical dengan 7x internal optical zoom (38-266mm) dalam bodi kamera yang kecil (96.5 x 61.0 x 25.4 mm)
  • CCD-shift image stabilizer yang bekerja pada mode foto dan video
  • Merekam video dengan resolusi widescreen (848 x 480) 30 fps dengan audio stereo
  • Menggunakan kompresi video MPEG-4 H.264 terbaru (mampu merekam 1,5x lebih lama dari MPEG-4 biasa dengan kualitas yanga sama)
  • YouTube capture mode untuk merekam video dengan ukuran dan setting yang pas untuk diupload ke YouTube, suatu komunitas video online terbesar
  • Zoom optik dan lampu LED dapat digunakan saat merekam video
  • Fitur fotografi yang lengkap (auto, shutter/aperture priority, manual) dengan pilihan ISO (auto, 50, 100, 200, 400, 800 dan Hi- Sensitivity/1600), tiga macam metering (evaluative, center-weighted, spot metering) dan berbagai pilihan fokus serta white balance. (baca lanjutannya)

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

dunia casio (13)

Artikel Terkait: