Teknologi Televisi | Semakin Ngetren

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Teknologi Televisi

Teknologi Televisi

Menyaksikan pertandingan olahraga melalui televisi LCD layar lebar memang lebih asyik ketimbang melalui televisi model tabung. Selain didukung sistem audio yang lebih baik, layar TV LCD membuat gambar lebih hidup.

Gambar pertandingan olahraga atau film laga yang banyak diwarnai adegan gerak cepat kadang menimbulkan efek blur pada layar televisi LCD, terutama pada ukuran 32 inci ke atas. Efek blur ini tentu mengganggu kenikmatan saat menonton.

Vizio Inc, produsen televisi yang bermarkas di Amerika Serikat, sepertinya memahami hal ini. Perusahaan yang berkembang pesat di bidang teknologi panel layar itu pada pekan lalu meluncurkan dua model TV LCD  dan satu model plasma definisi tinggi 1.080p termutakhir: Vizio SV420XVT (42 inci) dan SV470XVT (47 inci) untuk jenis LCD serta VP505XVT (50 inci) untuk jenis tv plasma.

Ketiga model ini mengusung teknologi baru panel layar, smooth motion. Teknologi ini mengatur gambar dengan sistem frame after frame secara sempurna untuk menghilangkan efek blur yang tampak saat Anda menonton film yang diwarnai adegan gerak cepat.

Untuk mendukung smooth motion itu, Vizio seri XVT model LCD TV mempunyai frekuensi proses 120 Hz, berarti dua kali kecepatan televisi LCD lain, yang cuma 60 Hz.
Sedangkan model plasma didukung Silicon Optix REON HQV Processing dengan rasio kontras hingga 30.000 : 1.

Vizio seri XVT ini juga menawarkan lebih banyak fitur, di samping desain barunya yang tipis, sporty, dan elegan. Warna hitam dan abu-abu lava dengan logo emas Vizio pada ketiga produk ini membuatnya terkesanberani. Dengan teknologi dan desain mutakhir itu, Vizio mencoba menciptakan tren baru televisi.

Ini adalah generasi lanjutan televisi dengan resolusi 1.080p. “Datang dengan kepastian teknologi, tapi dengan harga lebih murah,” kata Laynie Newsome, Wakil Presiden Bidang Pemasaran Vizio, dalam peluncuran di Irvine, California. “Seri ini hanya satu contoh produk Vizio yang menawarkan penampilan dan fitur terbaik,” ujarnya.

SV420XVT dan SV470XVT memiliki resolusi lebih dari 2 juta piksel dengan rasio kontras 6.500 : 1. Dengan resolusi sebesar itu, televisi ini menjanjikan kejernihan gambar yang superior dengan tampilan warna-warna brilian. Fasilitas Vizio Select-nya menyediakan pengaturan video yang sesuai dengan content spesifik, seperti tayangan film dan olahraga.

Kedua seri XVT model LCD, seperti pada model plasma, juga mengusung sistem audio SRS TruSurround XT, yang tergolong kelas premium. Sistem ini, tentu saja, menghasilkan suara surround yang jernih seperti suara sebenarnya saat Anda menonton. Tak cuma film, tapi juga semua tayangan televisi.

Audio surround ini akan saling menyokong dengan pengeras suara belakang dan subwoofer nirkabel untuk menyajikan hiburan yang mengasyikkan. Didukung pula oleh remot universal VUR8 dengan tombol picture-in-picture yang didesain untuk mengontrol seluruh sistem.

Tiap-tiap model televisi seri XVT ini menyediakan akses HD game port dengan input HDMI v1.3 pada panel belakangnya untuk koneksi cepat perangkat game, camcorder, serta berbagai perangkat audio-video portabel lainnya.

Kalau Anda sudah risau dengan efek blur atau sistem audio yang kurang memadai pada televisi miliknya, harap bersabar karena televisi ini belum masuk Indonesia dalam waktu dekat. Produk ini baru diluncurkan bulan ini melalui sejumlah retail di Amerika Serikat.

Harganya? Seperti yang dijanjikan Newsome, ketiga seri terbaru ini lebih murah dibanding televisi setara model mutakhir. LCD ukuran 42 dan 47 inci, harganya sekitar US$ 1.500 dan US$ 1.800. Adapun jenis plasma 50 inci seharga US$ 1.700.

Sumber : Tempo Interaktif

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

teknologi televisi (111),model televisi (21)

Artikel Terkait: