Touch Screen Handphone

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Touch Screen Handphone

Touch Screen Handphone

Touch Screen Handphone. Sudahkah Anda betul2 mengetahui penggunaan, safety dan masalah yang kadang timbul akibat pemakain hp model ini? Nah di bawah ini akan gue ceritain sesuai pengetahuan dan kemampuan gue, serta serba serbi tentang pemakaian touch screen handphone.

Dulu, apabila sebuah handphone mau masuk kedalam kandidat handphone baru gue, kriteria yang tidak boleh absen adalah keypad, dan gue sangat anti dengan touch screen handphone.

Namun, suatu saat gue memilih handphone touch screen (Samsung Galaxy Mini) untuk menggantikan Nokia N95 gue yang sudah uzur. Alasannya sebenarnya hanya karena ingin coba operating system Android. Uniknya, Android hanya support device yang memiliki touch screen. Apabila Google sudah menetapkan Android hanya untuk device touch screen, pasti ada suatu alasan yang kuat. Maka gue semakin penasaran.

Setelah mencoba touch screen handphone, berikut masalah atau kekurangan yang gue alami.

1. Pembiasaan

Sebenarnya bukan masalah, tapi beralih dari keypad ke touch screen perlu pembiasaan yang tidak sebentar. Terutama apabila layar sentuh yang ada cukup kecil seperti handphone gue. Gue telah melewati tahap ini sekitar 2 hari.

Jangan salah, sebenarnya dengan keypad pun perlu pembiasaan karena setiap merek handphone biasa layout keypadnya berbeda. Entah keypad 3×4 atau QWERTY, pasti ada sedikit beda antara merek. Tapi pembiasaan yang diperlukan sangat sebentar. Hanya hitungan menit atau jam.

2. Kecepatan mengetik

Dengan touch screen mengetik jadi lebih susah karena kemungkinan salah pencetnya jauh lebih besar. Dan setiap salah mengetik gue harus menghabiskan waktu lagi untuk menghapus tulisan yang salah.

Bahkan dengan mode 3×4 touch screen pun kecepatan mengetik gue juga masih cukup buruk sebab gue harus menunggu jeda yang ada apabila gw ingin mengetik huruf yang keypadnya bersamaan. Contoh huruf “A” dan “B” sama-sama ada di keypad angka 2. Pada handphone keypad 3×4, jeda ini bisa diakali dengan menekan tombol navigasi ke kanan, sementara pada handphone keypad QWERTY tidak ada jeda sama sekali.

3. Kondisi pengoperasian

Saat gue mengendarai motor dengan sarung tangan, menggunakan touch screen hampir tidak mungkin. Jadi tiap kali gue menepi, gue harus membuka sarung tangan gue terlebih dahulu untuk membaca SMS atau menelepon kembali orang yang miss called.

Terlebih gue tidak bisa lagi mengetik tanpa melihat Cool. Ini adalah sebuah skill yang gw miliki dengan handphone keypad 3×4. Dan skill ini tidak bisa lagi dipakai dengan touch screen handphone atau keypad QWERTY Sad

Jari gue pun harus dalam keadaan kering atau gue akan mengotori screen gue. Pada handphone keypad gue bisa mengakali ini dengan memencet tombolnya dengan kuku gue.

4. Selection, copy, paste

Mau ke bagian tertentu pada message? Gampang, tinggal pencet daerah yang di inginkan. Namun terkadang gak segampang itu. Memilih celah diantara huruf-huruf terkadang malah jadi lebih lama karena salah pencet.

Mau melakukan selection? Sama juga jadi sedikit lebih susah. Kita harus memilih bagian awal atau akhir text yang mau di block, tekan optionnya, lalu geser sampai bagian yang diinginkan. Kadang memilih bagian akhirnya juga bisa meleset. Ini sedikit mengesalkan.

Pada beberapa handphone keypad disediakan tombol khusus untuk block text/item dan ada key shortcut untuk langsung copy dan paste.

Di sisi lain, gue suka touch screen handphone karena dia sangat interaktif. Tapi tetap kelemahan ini masih membuat gw minder menggunakan handphone touch screen. Handphone berikut gw akan tetap handphone keypad. Atau touch screen + keypad yang dilengkapi dengan navigation trackball/button.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

alkitab elektronik untuk hp touch screen (63),download alkitab untuk hp touch screen (62),alkitab untuk hp touch screen (37),screensaver layar pecah (15)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait