Blog Media Elektronik Terbaik untuk Kampanye 2009

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Blog-Media Elektronik-Kampanye 2009

Blog-Media Elektronik-Kampanye 2009

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh detik.com per 19 Januari 2009, diketahui bahwa media situs atau blog merupakan media yang paling cocok untuk kampanye pemilu 2009, situs dan blog memperoleh 35,16 %, disusul oleh media SMS 18,76 %, e-mail atau milis 3,55 %, sedangkan yang menyatakan tidak ada yang cocok sebesar 40,53 %, dari hasil sementara poling yang dilakukan oleh detik.com ini diketahui bahwa media situs atau blog menduduki urutan tertinggi sebagai media yang cocok dalam kompanye tahun 2009.

Mengapa media situs atau blog menduduki urutan teratas sebagai media elektronik yang dipilih pada tahun 2009, hal ini karena di dalam situs dan blog kita akan jelas melihat visi dan misi para caleg, melalui sarana blog inilah kita bisa mengenal pemikiran para caleg secara mendalam.

Penggunaan situs atau blog sebagai media elektronik dalam kampanye pemilu 2009 berkaitan pula dengan pesatnya pertumbuhan para blogger di Indonesia, menurut Bapak Blogger Indonesia Enda Nasution, diperkirakan pertumbuhan pengguna Blog di Indonesia pada tahun 2009 akan menembus anggka 1 juta orang. Oleh karena itu, maka sudah saatnya para politisi memiliki blog agar mereka bisa menuliskan pemikiran, visi, dan misi mereka.

Penggunaan media blog akan membuka pintu diskusi, memperluas wawasan, dan menguji visi dan misi para politisi. Namun sayang, masih sedikit sekali para politisi di negeri ini yang memanfaatkan media blog untuk menyampaikan visi dan misi mereka. Bahkan yang ada, sebagian para politisi hanya mendekati para blogger dengan mengadakan kegiatan lomba-lomba ngeblog. Para politisi ngeblog merupakan sarana pembelajaran politik langsung kepada para pemilihnya.

Dengan sarana blog inilah para politisi seharusnya mengajarkan pemikiran-pemikiran mereka dalam politik, bagaimana visi dan misi mereka untuk mensejahterakan rakyatnya, bagaimana langkah mereka dalam menjalankan kebijakan politik yang pro rakyat. Bahkan dengan media blog ini kita tidak sekedar mengetahui visi dan misi para politisi, lebih jauh kita bisa melihat rekam jejak mereka.

Hal ini persis seperti apa yang dikatakan oleh Prof. Dr. Mahfud MD ketua Mahkamah Konstitusi, seorang politisi itu tidak hanya cukup dilihat dari bagaimana visi dan misi yang akan dijalankan, namun kita harus pula melihat rekam jejak mereka. Tentu saja informasi rekam jejak para politisi dapat kita temukan secara utuh dalam profil mereka, persis seperti profil para blogger yang ada selama ini yang sangat terbuka sehingga dapat diketahui oleh banyak orang.

Hasil survei ini harus bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para politisi yang akan berkampanye pada pemilu 2009, sudah saatnya para politisi tidak hanya mengandalkan media konvensional seperti spanduk dan poster-poster, namun sudah saatnya mereka terjun langsung menjadi seorang blogger. Seorang blogger bisa saja menjadi seorang politisi, hal ini bisa kita lihat dari sosok Jeff Oii seorang blogger kawakan Malaysia yang kini menjadi anggota senat Malaysia, berkat kekritisan dan tulisan-tulisannya, berkat visi dan misinya maka sekarang dia menjadi seorang anggota senat Malaysia. Media Blog secara tidak langsung mengajarkan sikap keterbukaan dalam selalu mendengarkan kritik dan masukan, hal ini merupakan modal yang utama dalam kegiatan berpolitik.

Sumber : BB Online

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

visi dan misi perusahaan philips (49),macam-macam media elektronik (20)

Artikel Terkait: