Cara Kerja Air Conditioner

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Cara Kerja Air Conditioner

Cara Kerja Air Conditioner

Cara Kerja Air Conditioner. Air Conditioning (AC) atau Air Conditioner dimanfaatkan sebagai pemberi kenyamanan dilingkungan tempat kerja. AC juga dimanfaatkan sebagai salah satu cara dalam upaya peningkatan produktivitas kerja. Karena dalam beberapa hal manusia membutuhkan lingkungan kerja yang nyaman untuk dapat berkerja secara optimal. Tingkat kenyamanan suatu ruang juga ditentukan oleh temperatur, kelembapan, sirkulasi dan tingkat kebersihan udara. cara kerja air conditioner, cara kerja ac, prinsip kerja air conditioner, prinsip kerja air conditioning, sistem kerja air conditioner

Sebenarnya, AC maupun kulkas menggunakan prinsip yang sama yaitu saat cairan menguap diperlukan adanya kalor. Dalam proses ‘menghilangkan’ panas, sistem AC juga menghilangkan uap air, guna meningkatkan tingkat kenyamanan orang selama berada di dalam ruangan tersebut. Filter (penyaring) tambahan digunakan untuk menghilangkan polutan dari udara.

AC yang digunakan dalam sebuah gedung besar biasanya menggunakan AC sentral. Selain itu, jenis AC lainnya yang umum adalah AC ruangan yang terpasang di sebuah jendela. Kunci utama dari AC adalah refrigerant, yang umumnya adalah fluorocarbon, yang mengalir dalam sistem, menjadi cairan dan melepaskan panas saat dipompa (diberi tekanan), dan menjadi gas dan menyerap panas ketika tekanan dikurangi.

Jadi, sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut :

Proses kompresi dimulai ketika refrigeran meninggalakan evaporator. Masuknya refrigeran ke dalam kompresor melalui pipa masukan kompresor (intake). Ditinjau dari wujud, suhu, dan tekanan, ketika akan masuk ke dalam kompresor, refrigeran berwujud gas atau uap, bertemperatur rendah, dan bertekanan rendah. Selanjutnya, melalui kompresor, refrigeran dikondisikan tetap berwujud gas, tetapi memiliki tekanan dan suhu tinggi. Hal tersebut bisa diilakukan karena kompresor dapat menghisap gas dan mengompresikan refrigeran sehingga mencapai tekanan kondensasi. Stelah tekanan dan suhu refrigeran diubah, selanjutnya refrigeran dipompa dan dialirkan menuju ke kondensor. cara kerja air conditioner, cara kerja ac, prinsip kerja air conditioner, prinsip kerja air conditioning, sistem kerja air conditioner

Proses Kondensasi dimulai ketika refrigeran meninggalkan kondensor. Refrigeran berwujud gas yang bertekanan dan bertemperatur tinggi dialirkan menuju kondensor. Di dalam kondensor, wujud gas refrigeran berubah menjadi wujud cair. Panas yang dihasilkan refrigeran dipindahkan ke udara di luar pipa kondensor. Agar proses kondensasi lebih efektif, digunakan kipas (fan) yang dapat mengembuskan udara luar tepat di permukaan pipa kondensor. Dengan begitu, panas pada refrigeran dapat dengan mudah dipindahkan ke udara luar. Setelah melalui proses kondensasi, refrigeran menjadi wujud cair yang bertemperatur lebih rendah, tetapi tekanan refrigeran masih tinggi. Selanjutnya, refrigeran dialirkan menuju ke pipa kapiler.

Proses penurunan tekanan dimulai ketika refrigeran meninggalkan kondensor. Di dalam pipa kapiler, terjadi proses penurunan tekanan yang rendah. Selain itu, pipa kapilerjuga berfungsi mengontrol aliran refrigeran di antara dua sisi tekanan yang berbeda, yaitu tekanan tinggi dan rendah. Selanjutnya, refrigeran cair yang memiliki suhu dan tekanan rendah dialirkan menuju ke evaporator. Pross ini merupakan proses pendinginan refrigeran.

Proses evaporasi dimulai ketika refrigeran akan masuk ke dalam evaporator. Dalam eadaan ini, refrigeran berwujud cair, bertemperatur rendah, dan bertekanan rendah. Kondisi refrigeran semacam ini dimanfaatkan untuk mendinginkan udara luar yang melewati permukaan evaporator. Agar lebih efektif mendinginkan udara ruangan, digunakan blower (indoor) untuk mengatur sirkulasi adara agar melewati evaporator. Proses yang terjadi di balik proses pendinginan udara ruangan adalah proses penangkapan panas (kalor) dengan refrigeran yang mengalir ke dalam evaporator. Karena juga menyerap panas udara di dalam ruangan, refrigeran akan mengalir menuju ke kompresor. Proses ini terjadi berulang dan terus-menerus sampai suhu atau temperatur ruangan sesuai dengan keinginan. cara kerja air conditioner, cara kerja ac, prinsip kerja air conditioner, prinsip kerja air conditioning, sistem kerja air conditioner

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

pengertian trackball (167),cara kerja ac (28),prinsip kerja laparoscopy (25),fungsi pesawat x-ray mobile (25),fungsi dan prinsip kerja pesawat x-ray mobile (20),pengertian trackball komputer (17),cara kerja air conditioner (15),pengertian patient monitor (13),sistem kerja ac (13),cara kerja sterilisator (11)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait