Bluetooth GPS| Mobil | Motor | Pilihan

bluetooth gps mobil-motor
bluetooth gps mobil-motor

Setelah hampir sebulan memakainya sendiri, ada yang bisa saya share buat teman-teman yang juga tertarik memasang GPS, apalagi dilengkapi dengan Bluetooth GPS pilihan pada mobil atau motor kesayangannya.

GPS untuk di MOBIL:

1. Jika menggunakan kaca film berbahan dasar metal, sebaiknya lengkapi juga dengan Antena luar. Hal ini disebabkan sinyal GPS dari satelit tidak kuat menembus kaca film tadi. Harga antena bervariatif, paling murah sekitar 250ribuan.

2. Hindari meninggalkan GPS di mobil yang terjemur matahari panas… sayang gitu loh… suhu kabin mobil bisa mencapai 65 derajat Celcius!.

3. Tentukan dulu lokasi tujuan sebelum berkendara.. sebaiknya tidak sambil menyetir, karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain disekitar kendaraan kita.

4. Untuk yang suka offroad atau ke daerah-daerah baru, pilih GPS yang ada feature Track Log. Jangan lupa bluetooth GPS dipelajari juga.

GPS untuk di MOTOR:

1. Pilih GPS yang anti air, atau memang di desain untuk dipakai di motorcycle.

2. Lengkapi GPS dengan dudukannya, sehingga GPS dapat mudah di lepas pasang.

3. Lengkapi motor dengan kabel power untuk GPS agar tidak boros baterai.

Untuk keduanya, jika membeli GPS, perhatikan berapa besar memory yang dapat di isi dengan peta baru, apakah ada juga Bluetooth Gps-nya.
Sebagai informasi, umumnya peta yang disediakan gratis di navnet membutuhkan memory kosong sekitar minimal 8MB.

GPS keluaran baru, umumnya menyediakan slot memory card, sehingga memorynya bisa di expand lebih besar.

Bluetooth GPS

Sebelum saya membeli GPS untuk dipasang di mobil, saya menggunakan PDA (iPAQ) yang dibantu Bluetooth GPS. Hasilnya cukup memuaskan dan membantu seperti yang saya ceritakan di atas. Namun karena fungsinya tidak didesain khusus untuk keperluan navigasi di kendaraan, terkadang agak ribet untuk mengakses menu-menu ataupun terkadang si PDA mengalami Hang selama dalam perjalanan.

Dengan menggunakan Bluetooth GPS, kita bisa memanfaatkan berbagai media, entah itu dengan PDA-phone, Handphone, atau notebook.

Tentunya pengalaman utak-atik dengan berbagai media ini sangat menarik, karena berbagai trik-trik khusus kadang perlu agar dapat menampilkan peta yang sebenarnya khusus untuk GPS namun ditampilkan di media alternatif tadi.

Demikian sharing sederhana dari saya, semoga bisa memberikan gambaran tentang manfaat GPS pada kendaraan kita, seberapa besar Bluetooth GPS dapat membantu kita di jalan, dan sebagainya. Mohon maaf apabila ada kekurangan…

Sumber referensi:
Navigasi.net
How GPS Receivers Work

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

gps motor (57),gps untuk motor (40),bluetooth gps (11),pengacau gps (1)

Artikel Terkait:

One Reply to “Bluetooth GPS| Mobil | Motor | Pilihan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *