Pilih Notebook | Netbook | Nettop ? atau…

https://cdn2.iconfinder.com/data/icons/social-icons-33/128/WhatsApp-128.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

noteboo netbook nettop

notebook netbook nettop

Teknologi yang makin canggih, membuat segalanya jadi terasa ringan, kecil, cepat dan praktis..    Evolusi komputer dalam 1 dekade ini memang dahsyat.. liat saja dari jamannya komputer yang segede ruang tamu sampai ke perangkat mini yang seperti banyak beredar sekarang.
Sekarang muncul lagi yang namanya netbook.
Apalagi nich? masih saudaranya notebook ya ?

Secara Sederhana , tanpa banyak istilah teknis, Netbook bisa disebut sebagai versi Laptop yang lebih kecil, Ada juga istilah Nettop.Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini. Di sini juga ada penekanan pada akses internet yang wajib ada. Netbook dan nettop dihadirkan untuk memberi akses komputer di negara berkembang.

Secara teknis , Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication. Karena bobotnya yang ringan dan praktis, netbook ini sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Didalamnya pun sudah ada aplikasi umum seperti Office Suite, Multimedia dan sebagainya. Hanya saja, untuk kebutuhan komputasi yang butuh tenaga besar, kita tidak bisa berharap banyak dari perangkat yang satu ini… lebih baik anda beli laptop aja…kata orang Intel : Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar.
Dilihat dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci.

Berikut beberapa produk yang bisa dikategorikan sebagai netbook (harga bisa berubah tanpa pemberitahuan dari penulis .. heheh) :

* Intel Classmate PC dan Intel Anoa

Menggunakan prosesor Intel Mobile Processor ULV 900Mhz, memori DDR2 256 dan 512MB. Hardisk yang tidak konvensional lagi, tetapi menggunakan 2 GB NAND Flash (Windows XP) dan 1 GB NAND Flash (Linux). Harga Rp 3 jutaan. Tahan banting karena Netbook ini memiliki balutan casing khusus.Hardisk dapat ditambah dengan USB flash disk. Fitur software yang menarik adalah dukungan pada software e-learning. Sebuah pembelajaran di ruang kelas yang mengandalkan fungsi multimedia. Dilengkapi dengan dua kontrol berbeda, yaitu Student Control dan Teacher Control, fitur ini siap diluncurkan ke sekolah yang membutuhkan pembelajaran multimedia. Ada lagi fitur andalan bagi orangtua, yaitu software filter untuk membatasi akses komputer dan internet anaknya. Karena itu, terkait isu pornografi internet yang sulit dibendung, software Parents Carefree bisa menjadi solusi.

* Intel Asus Eee PC

menggunakan ”hardisk” SSD (”state solid disk”) yang tahan goncangan . Prosesor Intel Celeron 900MHz, RAM 512MB DDR, layar 7 inci. Onboard modem 56 Kbps, Wifi, LAN, USB ”port” tiga buah, dan berat sekitar 0,92 kg. Asus Eee PC 2G Surf dengan SSD 2 GB Rp 3,8 juta. Eee PC 4G dengan ”hardisk” SSD 4 GB Rp 4,7 juta.

* Intel Zyrex Ubud

Sudah diberi label UMPC. Layar 7 inci, yang berarti layak untuk mobilitas tinggi. Di dunia, model Ubud ini dikenal sebagai ”CloudBook UMPC”. Indonesia beruntung karena sudah diperkenalkan jenis ”CloudBook UMPC” ini. Dibandingkan Anoa, Classmate PC, dan Eee PC, Ubud memiliki spesifikasi lumayan. Prosesor VIA C7-M,ULV 1,2Ghz, memori 1 GB RAM, 30GB HDD, Wifi ”support”, berat 0,9 kg, dan sudah ada ”webcam”. Harga saat diluncurkan cukup diplomatis, Rp 4,9 juta.

* AMD Quantel Seri Quantel T8 Series

Dengan layar 8 inci, prosesor AMD LX800 – 500MHz, RAM 256M, HDD 60 GB, Wireless LAN 802.11b/g, berat 1,1 kilogram. Harga Rp 3,975 juta. Seri E10 Series dengan layar lebih lebar, 10,2 inci, prosesor AMD LX800 – 500MHz, RAM 512 MB, HDD 60 GB, Wireless LAN 802.11b/g, berat 1,2 kg, dan sistem operasi Linux. Harga di pasaran Rp 4,975 juta.

* Dell Inspiron Mini 9

Sejak ASUS eeePC meraih sukses dengan menawarkan mini notebook (netbook), produsen lain berlomba-lomba mengikuti jejaknya dengan menawarkan produk serupa. Setelah MSI, HP, dan Acer, kini Dell juga turut meramaikan persaingan di pasar netbook dengan merilis Dell Inspiron Mini 9. Seperti karakteristik netbook pada umumnya, Inspiron Mini 9 memiliki bobot yang ringan, kompak, dan nyaman dibawa ke mana pun. Target netbook ini adalah para pengguna yang senang beraktivitas secara online di mana pun ia berada. Uniknya, netbook ini ditawarkan dalam 2 versi, yaitu versi Windows XP dan versi Ubuntu 8.04.
Tertarik untuk membelinya? Harga yang ditawarkan oleh Dell adalah mulai dari USD 399 untuk versi Windows XP dan USD 349 untuk versi Ubuntu 8.04.

* Acer Aspire One

Dengan sistem operasi Linpus™ Linux® pada Acer Aspire One dikembangkanlah aplikasi perangkat lunak sederhana One Mail yang dapat mengendalikan enam account email berbeda dalam satu window. Sementara program Messenger bisa menangani secara serempak the most popular instant messaging accounts, dan lengkaplah gaya ber chatting anda karena dilengkapi dengan Acer Crystal Eye webcam untuk live video streaming, video chats dan conferences.
NetTop Studia

* NetTop Studia dari Zyrex yang didesain terutama untuk memfasilitasi para murid yang ingin memiliki ”desktop” terjangkau di rumah. Prosesor menggunakan Intel Pentium Dual Core, 512MB RAM, 80GB HDD, DVD-Combo, multimedia dengan ”speakers” dan ”optical mouse”. Harga Rp 2 jutaan.

Dikutip dari : Republik BM

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

harga nettop (19)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait