Foto Digital | Media Pembanding | Pemeriksaan Jembatan

https://cdn2.iconfinder.com/data/icons/social-icons-33/128/WhatsApp-128.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

foto digital

foto digital-pembanding

Sistem pemeriksaan jembatan di Indonesia dan digunakan oleh Bina Marga berpedoman pada Bridge Management System (BMS – Sistem Informasi Jembatan). Sistem ini menggunakan form yang diisi oleh inspektor dalam pemeriksaan jembatan, sehingga proses pemeriksaan jembatan menjadi sangat subjektif. Studi ini mencoba mengkaji pengembangan BMS dengan penambahan media validasi data hasil pemeriksaan di lapangan oleh inspektor berupa foto digital kondisi jembatan di lapangan yang nantinya diperiksa oleh seorang ahli jembatan yang tidak perlu turun ke lapangan.

Foto digital yang didapat berfungsi sebagai media pembanding/validasi terhadap pemeriksaan inspektor. Penambahan foto digital sebagai media pembanding/validasi diharapkan hasil pemeriksaan jembatan di lapangan menjadi lebih akurat.

Studi ini mengkaji potensi pemanfaatan foto digital sebagai media pembanding data form pemeriksaan jembatan.  Hal ini dilakukan dengan perancangan aturan pemeriksaan dengan foto digital, yang terdiri dari persiapan, spesifikasi alat, aturan pelaksanaan, sampai dengan penamaan data hasil pemeriksaan. Kemudian diujicobakan di beberapa jembatan di Pantura dengan mencantumkan data dua buah jembatan, yaitu Bebedahan dan Bugel.

Kedua jembatan ini dianalisis secara penuh untuk mencoba pelaksanaan implementasi pemeriksaan dengan foto digital dan beberapa contoh jembatan ekstrim yang menyebabkan pelaksanaan pemeriksaan jembatan menjadi sulit bahkan tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai pembanding nilai lebih dan kurang dari penggunaan foto digital sebagai media validasi pemeriksaan.

Dari semua percobaan dilakukan, kemudian dianalisis terhadap data yang ada untuk menilai potensi penggunaan foto digital sebagai media validasi pemeriksaan jembatan. Kesimpulannya, bahwa foto digital memiliki potensi sebagai media validasi pemeriksaan kondisi pelat dan gelagar beton jembatan sesuai dengan BMS Bina Marga. Saran yang diberikan adalah perbaikan sistem penamaan dan pengembangan sistem yang terintegrasi dengan SIJI.

Oleh : Donny Agustinus Sitanggang

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

pembanding hp (18)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait