Mengirim Artikel | Lewat Handphone | Blogger Moblog

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Posting atau mengirim artikel lewat handphone (HP) ke dalam blog kita merupakan kegiatan yang sudah sering kita lakukan. Atau mungkin malah tidak pernah sama sekali, mengingat perangkat laptop lengkap dengan koneksi mobile internet yang sudah tersedia di dekat kita. Mengirim artikel dengan menggunakan HP akan sangat penting sekali ketika kita jauh dari perangkat komputer ataupun laptop tersebut.

Enjoy Aja

Enjoy Aja

Bayangkan apabila ada sebuah peristiwa atau kejadian penting di sekitar kita, dan kita ingin membagi berita atau cerita tersebut lewat blog dengan segera kepada teman-teman blogger kita, sementara kita tidak membawa perangkat komputer, hanya HP yang kita bawa pada saat itu. Gak perlu bingung. Solusinya adalah mengirimkan postingan kita itu lewat HP kita.

Blogger telah menyediakan cara untuk menggunakan handphone dalam mengirim naskah blog.
Inilah yang disebut sebagai Mobile Blog atau disingkat Moblog. Kita tidak memerlukan perangkat komputer untuk mengirimkan naskah blog kita.
Bagi pelanggan sambungan telepon seluler Sprint, Verizon, T-Mobile atau AT&T/Cingular, bisa mengirimkan MMS (Multimedia Messaging System) yang langsung akan meng-update blognya. Namun sayangnya operator seluler tersebut tidak tersedia di Indonesia alias N/A (Not Available). Dan sampai saat ini Blogger belum bisa menerima MMS dari operator seluler di Indonesia untuk meng-update blognya.

Kemudian bagaimana caranya agar kita tetap bisa mengirimkan artikel lewat handphone? Caranya lewat e-mail. Jelas, hanphone kita haruslah memiliki fasilitas mengirim e-mail dan tentunya operator seluler tersebut harus memiliki fasilitas sambungan internet.

Dengan asumsi bahwa HP kita sudah tidak memiliki masalah lagi dengan sambungan internet sehingga dapat digunakan untuk mengirimkan email, maka yang perlu diperhatikan adalah settingan pada kontrol panel blog kita terlebih dahulu. Dan untuk lebih mudahnya, hal ini kita lakukan dengan menggunakan komputer kita yang sudah tersambung dengan internet pada saat kita masih berada di “habitat” internet kita (misal kantor atau rumah).

Caranya:
1. Masuk ke bagian Pengaturan, dengan mengklik tab Pengaturan.
2. Klik link bertuliskan e-mail.
3. Pada bagian bawah terdapat lajur Alamat Mail-Ke-Blogger. Di bagian ini sudah terlihat sebuah alamat e-mail yang terdiri dari user id kita, sebuah bidang kosong dan domain blogspot.com. Bidang kosong itu harus kita isi dengan sebuah teks rahasia. Misal user id saya adalah riasmaja77, dan teks rahasia saya adalah blogwalking, maka Mail-to-Blogger saya adalah riasmaja77.blogwalking@blogspot.com. Teks rahasia ini jangan sampai jatuh ke tangan orang lain, karena orang lain dapat mengupdate blog kita tanpa bisa kita cegah.
4. Plilih Publikasikan segera e-mail bila kita mau agar setiap naskah yang kita kirim lewat HP dapat dengan segera diplublikasikan. Pilih Simpan e-mail sebagai posting konsep bila kita menginginkan email tersebut disimpat sebagai draft, yang baru akan muncul di blog bila kita sudah merubah statusnya.
5. Klik Simpan Pengaturan. Selesai…

Dengan settingan di atas bila kita akan mengirimkan artikel lewat HP, maka kirimkan saja email kita tersebut ke alamat E-mail-Ke-Blogger kita tadi. Subyek e-mail akan menjadi judul naskah, sedangkan isinya akan menjadi isi naskah blog kita.

Praktis kan? Siapa yang mau nyoba..?
Let’s make a better life with simple things…

Artikel Terkait: