Reedukasi | Teknologi Handphone | di Ruang Belajar

Handphone unik

Handphone unik

Munculnya portal musik digital yang memberikan keuntungan besar bagi para pencipta lagu dan perusahan musik. Tak ada manfaat yang berarti sehingga harus dilarang untuk dibawa dan dipergunakan siswa di lingkungan sekolah. Tidak adakah jalan lain untuk menjadikan produk teknologi HP sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah kita? Keberadaan alat tersebut dapat dirasakan manfaatnya untuk menjalin komunikasi antar teman bahkan antar siswa dengan guru atau sebaliknya.

Ketika ada larangan untuk membawa Hp ke sekolah di SMA , menjadi sesuatu yang ganjil, karena usia siswa SMA, merupakan masa kritis yang mampu membawa anak kepada sikap kritis terhadap dirinya dan lingkungannya (juga terhadap produk teknologi), dan masyarakat sudah bisa menerima kehadiran teknologi tersebut. Jika demikian sebenarnya Hp merupakan benda di sekitar kita yang bisa dimanipulasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan untuk mensejahterakan umat manusia. Jika dunia persekolahan melarang siswa membawa Hp ke sekolah, sepertinya menjadi suatu yang eksklusif, lebih banyak hal merugikan daripada hal yang menguntungkan. Tujuan yang bisa menyusutkan jarak dan bahkan dengan teknologi visual, komunikan bisa saling bersitatap pandangan wajah meski berada di benua yang berbeda. Tentu tidak! Bahkan di tengah gencarnya berbagai produk teknologi pada saat ini dunia persekolahan harus menyadari untuk kian mengakrabinya dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi pembelajaran di sekolah sehingga memberikan energi kreatif yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Beberapa hal yang kurang atau bahkan tidak diperhatikan dalam etika penggunaan Hp merupakan hal yang paling krusial untuk dijadikan titik fokus penggunaan Hp di sekolah. Pemahaman etika pemanfaatan teknologi HP sehingga mampu memberikan pembelajaran terhadap kegunaan produk teknologi yang diciptakan untuk mensejahterakan manusia. Kecerobohan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk membantu siswa secara tidak benar. Tidak adakah cara yang arif dan kreatifitas guru untuk memanipulasi Hp sebagai media pembelajaran di dalam kelas, untuk membuat pembelajaran yang menarik perhatian dan motivasi belajar siswa?

Lahirnya produk teknologi baru, dapat menjadi sumber inspirasi baru bagi sekolah untuk mengenal dan mensosialisasikannya terhadap siswa di sekolah. Celakanya kehadiran Hp yang memberondong ke tengah-tengah kehidupan masyarakat membuat sekolah kelimpungan, karena pada saat yang sama dampak negatif menggandoli dan menyebarkan pengaruhnya bagi kehidupan siswa. Juga kehadiran teknologi informasi dan komunikasi lewat internet merupakan suatu kebutuhan yang tak terelakkan untuk menggali sumber informasi dalam dunia persekolahan kita. Di dalamnya sekolah bisa membangun jaringan dengan sekolah lain. Siswa bisa mengakses informasi sains yang dibutuhkan untuk menambha wawasan keilmuannya. Di satu sisi berambisi untuk menguasai kemajuan teknologi tapi di sisi lain justru menghambat interaksi siswa dengan produk teknologi. Kehadiran Hp merupakan bagian yang tak terelakkan dalam kehidupan siswa, sehingga perlu disikapi secara arif, supaya tidak menimbulkan kesan bahwa sekolah anti dan tidak mampu mengdaptasi kemajuan teknologi. Pengenalan etika berkomunikasi dengan mempergunakan Hp, merupakan hal yang vital untuk dilakukan. Jika seperti ini, bagaimana kita bisa memperkenalkan kegunaan teknologi yang benar terhadap siswa, tanpa memberikan contoh dari diri sang guru (diri kita sendiri).

Silakan siswa membawa Handphone ke sekolah, dan sekali waktu sekolah melakukan sweeping terhadap isinya dan memberikan bimbingan, arahan, dan kalo perlu bersama-sama dengan, orangtua siswa untuk membimbingnya jika siswa melakukan (pelanggaran) kesalahan.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

kegunaan handycam (60),menginstal peripheral (11)

Artikel Terkait: