Majalah Elektronik | Pertama | Penuh Sensasi

https://cdn2.iconfinder.com/data/icons/social-icons-33/128/WhatsApp-128.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

AW Corner

Bagi Anda penggemar serial Harry Potter, pasti pernah tahu bagaimana wujud bacaan di dunia sihir rekaan JK Rowling itu. Bacaan di sana jika memuat gambar atau foto, seperti tampak bergerak layaknya televisi.

Saat ini, bacaan sejenis itu akan segera menjadi kenyataan. Sebab, sebuah majalah ternama, Esquire, kini sedang bersiap menjadi media pertama yang mengimplementasikan gambar bergerak di sampul majalah.

Majalah lifestyle pria tersebut telah diterbitkan pada bulan November 2008 yang lalu. Khusus sampul depannya, akan dimuati sejumlah komponen elektronik mini yang memungkinkan gambar di depannya bergerak layaknya televisi.

Pemimpin redaksi Esquire, David Granger, menyebut bahwa kreasi itu didasari rasa frustasinya terhadap industri majalah yang seolah stagnan. “Majalah pada dasarnya tidak berubah selama 150 tahun. Saya sangat frustasi dengan industri majalah yang tidak bergerak sama sekali,” ujarnya saat memamerkan prototipe sampul elektronik tersebut. David berharap dalam dua tahun, sampul elektronik akan menjadi tren seperti halnya ponsel sejak diperkenalkan tahun 1982.

Sampul elektronik-yang diistilahkan dengan e-ink-itu dibuat dari jutaan kapsul berukuran mikro yang dicetak di atas permukaan kertas. Masing-masing diameternya tak lebih tebal dari rambut manusia. Setiap kapsul mengandung partikel berwarna putih yang bermuatan positif dan partikel berwarna hitam yang bermuatan negatif. Ketika arus listrik dialirkan, partikel berwarna hitam akan bergerak ke permukaan sehingga menghasilkan titik hitam. Pengaturan arus akan menampilkan gambar hitam putih di atas lembaran tersebut. Inilah yang akan memunculkan efek bergerak pada sampul tersebut.

Dalam sampul Esquire edisi elektronik perdana itu, kombinasi titik-titik tadi akan menampilkan flash tulisan “the 21st century Begins Now.” Untuk membuatnya bertahan, komponen itu dipaketkan dengan baterai tipis khusus yang melekat di sampul. Sayangnya, baterai ini konon hanya mampu bertahan selama 90 hari.

Sebuah inovasi yang luar biasa. Meski mungkin baru bertahan 90 hari dan gambar bergeraknya pun masih terbatas, tidak menutup kemungkinan, berbagai perkembangan teknologi ke depan akan semakin menyempurnakannya.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

majalah elektronik (385),kredit elektronik bandung (90),majalah dewasa elektronik (70),nokia 1 jutaan 2011 (25),games barbie cantik sekali didunia (22),majalah elektronika (20)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait