Dunia Elektronik, Komputer & Alkes

Membangun Peradaban Dengan Menguasai Teknologi
Subscribe

Kiat Buka Konter Selular + Jasa Service

By: Yosef Setyawan Category: Handphone & Aksesori

kiat buka k.s.

kiat buka k.s.

Jumlah pengguna handphone (hp) atau telepon genggam terus saja bertambah. Kebanyakan dari pengguna ini memakai kartu prabayar, dan memerlukan pengisian pulsa. Nah, seiring pertumbuhan pengguna hp ini, konter selular alias tempat pengisian pulsa juga terus bermunculan. Mengapa Anda tidak menjadi salah satunya? Ternyata gak susah kok membuka konter selular plus servis hp.

Jumlah pelanggan selular di Indonesia sepanjang 2010 ini saja sudah 175 juta orang, kalau pengguna di dunia ada 3,2 miliar orang! Sedangkan di tahun 2011 diperkirakan ada 200 juta orang lebih sedangkan pengguna didunia ada 5 miliar orang.

Demikian pemaparan Sudanang Dananjaya, pendiri Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) dalam workshop praktis yang diselenggarakan Tabloid Bisnis Uang dengan tema ‘Kiat buka counter selular plus service handphone’ di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, (18/12).

Voucher isi ulang
Menangkap peluang bisnis dari perkembangan jumlah pelanggan selular adalah hal mudah, itu bagi orang yang memang jeli. Menurut Sudanang, bisnis pulsa/voucher hp di Yogyakarta saja setahunnya mencapai satu triliun rupiah!

Penjual voucher hp pun sudah merambah hingga ke perumahan-perumahan, bukan lagi hanya di mall, pertokoan, pusat perbelanjaan saja. Apa penyebab mewabahnya penjual voucher? Menurut Masbukhin Pradhana, pemilik 5 konter selular dan pengajar di Enterpreneur University, keterbukaan akses penjualan voucher dan merebaknya outlet grosir sampai ke daerahlah penyebab makin merebaknya bisnis ini. Tidak bisa dipungkiri, bertambahnya jumlah pemakai handphone pun ikut menyuburkan bisnis ini.

Jenis voucher
Ada beberapa jenis voucher isi ulang, ada yang berbentuk kartu, ada yang berbentuk print out di selembar kertas dan ada yang berupa elektrik. Menurut Masbukhin, voucher fisik (yang menggunakan kartu) biasanya bernilai nominal lebih besar. Dengan memperhitungkan ongkos cetak, tentu kurang ekonomis kalau membuat kartu dengan bernilai kecil.

Perbedaan harga meski kecil sekalipun, misalnya Rp1.000 saja mempengaruhi niat pembeli. Untuk mensiasati agar harga voucher semurah-murahnya dengan nominal kecil, misalnya pulsa Rp25.000 disiasati dengan dimunculkannya e-pay dan elektrik.

Masbukhin menambahkan, harga voucher elektrik dan e-pay bila dibandingkan dengan voucher fisik biasanya relatif lebih murah. Penjual pun senang menjualnya karena dengan modal kecil, untung penjualan voucher bisa sama dengan yang nominalnya besar.

Adapun jenis-jenis voucher sebagai berikut:

1. Voucher fisik. Voucher ini dicetak khusus dengan nomer seri dan nomer
sandi/kode/password sesuai besaran pulsa. Voucher ini biasanya bernilai nominal mulai Rp25 ribu.

2. Voucher e-pay (electronic payment). Voucher ini berbentuk kertas dan dikeluarkan oleh operator tertentu seperti Mentari, IM3, Fren, Flexy, dan lainnya. Nilai nominal voucher e-pay ini biasanya bilangan kecil antara 5 ribu s/d 25 ribu. Voucher ini hanya berupa kertas yang dicetak/print, dilengkapi nomer seri dan nomer kodenya terbuka.
Untuk membeli voucher ini memang harus berhati-hati karena kodenya yang tidak ditutup, sehingga memungkinkan orang-orang yang tidak dikehendaki mengintipnya.

3. Voucher Elektrik. Voucher ini tidak berbentuk kartu atau kertas. Voucher ini hanya berupa pengaktifan kode elektonik yang hanya bisa dilakukan oleh perangkat elektronik telekomunikasi dengan bantuan server. Voucher elektrik ini pada akhirnya bisa dipakai dalam berbagai bentuk bisnis seperti kerjasama dengan perbankan dan pembeliannya lewat ATM. Bisa juga bentuk pulsa ini dipakai bisnis MLM voucher.
Anda Dapat membaca artikel lanjutan-nya di baca selanjutnya.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

selular tabloid (22),tabloid selular (22)

4 Trackbacks/Pingbacks

  1. Mobil dikendalikan dari HP | Teknologi Satelit atau GPS | Dunia Elektronik & Komputer 12 02 09
  2. Lanjutan : 10 | Handphone Kamera | Megapiksel | Terbaik | 1 juta-an | Dunia Elektronik & Komputer 18 01 09
  3. Virus Handphone | mirip Virus Komputer | Dunia Elektronik & Komputer 13 01 09
  4. Artikel Lanjutan Kiat Buka Konter Selular + Jasa Service | Dunia Elektronik & Komputer 09 01 09

Leave a Reply

  • Yosef Setyawan