Mudahnya Membuat Email Yahoo

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Membuat Email Yahoo

Cara Membuat Email Yahoo

Pada zaman modern sekarang ini, internet menjadi sebuah kebutuhan yang telah menjadi gaya hidup. Dengan internet, segala bentuk hubungan komunikasi dapat dilakukan. Salah satu contoh pemanfaatan internet yang sudah sangat familiar dengan para pengguna internet adalah surat elektronik atau email.

Salah satu perusahaan yang melayanani penyedian email adalah Yahoo. Cara membuat email Yahoo pun sangat mudah. Sebelum mengetahui lebih jelas cara membuat email Yahoo, ada baiknya kita mengetahui dulu seluk beluk email sebagai fasilitas internet yang sangat akrab bagi para pengguna internet.

Pengertian Email

Email (electronic mail) atau  dalam bahasa Indonesianya disebut surat elektronik dapat didefinisikan sebagai surat yang metode pengirimannya melalui sarana elektroni, tepatnya memanfaatkan jaringan internet. Dengan email atau surat elektronik, kita sebagai pengguna dapat mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar, file, bahkan aplikasi kepada orang lain yang memiliki email juga dalam jangka waktu yang singkat.

Email atau surat elektronik memanfaatkan penggunaan jaringan internet. Oleh karena itu, alamat email pun menyesuaikan dengan perusahaa penyedia layanan internet. Perusahaan penyedia  layanan internet antara lain, Yahoo, Google, Hotmail, dan masih banyak lagi layanan penyedian email. Para penyedia layanan email biasanya meyediakan dua jenis layanan, yaitu layanan email berbayar dan layanan email gratis.

Dari dua layanan email yang disediakan oleh penyedia layanan internet, tentunya yang paling banyak digemari dan banyak dipakai oleh para pengguna email adalah layanan email gratis. Layanan email gratis berbeda dengan layanan email berbayar. Hal yang membedakan antara email gratis dan email berbayar adalah kapasitas penyimpanan email dan alamat email yang digunakan. Jika menggunakan layanan email gratis, misalnya layanan email gratis dari Yahoo.com, alamat yang dipakai harus mencantumkan Yahoo.com. Contoh email gratis dari Yahoo misalnya Deborah@yahoo.com.

Sementara itu, untuk layanan email berbayar, kapasitas penampungan email pun lebih banyak jika dibandingkan dengan layanan email gratis. Selain itu, penamaan alamat email pun dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna tanpa menggunakan alamat yahoo.com. Contohnya, Samijan@penyanyi.com, asal nama yang diinginkan si pengguna tersedia.

Tata Cara Membuat Email Yahoo

Yahoo sebagai penyedia layanan email, baik gratis maupun berbayar, menjadi layanan penyedia yang paling digemari dan paling banyak dipakai oleh para penggjna jasa internet, khususnya email. Cara membuat email Yahoo pun sangat mudah tinggal ikuti saja langkah-langkah yang diberikan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini tata cara pembuatan email Yahoo, khususnya layanan email gratis.

Langkah pertama untuk membuat email Yahoo tentunya membuka browser. Contoh browser yang biasa digunakan antara lain Mozila Firefox, Google Chrome, Opera, atau internet Explorer. Setelah browser terbuka, masukan alamat situs email Yahoo, yaitu www.mail.yahoo.com pada kolom address bar atau kolom alamat.

Setelah memasukan alamat email Yahoo yang dituju, klik Enter. Setelah klik Enter, akan mucul tampilan layar Sign In. Namun, karena ini merupakan tata cara membuat email Yahoo baru, maka langkah selanjutnya untuk membuat email Yahoo adalah klik tombol Sign Up. Tombol Sign Up ini berada di bagian bawah tombol  Sign In. Jika tidak menemukan, teruslah mencari tombol Sign Up atau tombol Daftar.

Jika tombol Daftar atau Sign Up tidak ada, dapat juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Create New Account dalam tata cara membuat email Yahoo ini fungsinya sama, yaitu untuk membuat email Yahoo. Setelah mengeklik tombol Create New Account atau Sign Up, akan muncul halaman yang berisi formulir pendaftaran email Yahoo.

Pada kolom formulir ini diharuskan mengisi indentitas pengguna sesuai kolom yang disediakan. Isilah indentitas sesuai petunjuk yang diperintahkan. Setelah mengisi dengan identitas pribadi, langkah selanjutnya dapat melakukan tata cara membuat email Yahoo, kita diharuskan mengisi password dan menulis ulang password sebagai bentuk konfirmasi password. Di samping kolom password, ada indikator bahwa password yang ditulis itu lemah atau sudah kuat.

Langkah selanjutnya dalam membuat email Yahoo, Anda mengisi kolom pertanyaan seputar diri Anda. Pertanyaan ini ditujukan agar jika Anda lupa passwordnya, Anda dapat menjawab pertanyaan yang jawabannya hanya Anda yang tahu. Pada kolom itu, ada 2 pertanyaan yang harus Anda isi. Selanjutnya, pada kolom selanjutnya mengisi kode capta pada  kolom yang telah disediakan.  Tulislah kembali kode yang ada di dalam kolom yang besar tersebut

Penulisan kembali kode capta ini dimaksudkan Yahoo sebagai layanan penyedial email ingin menjaga keamanan server Yahoo dari mesin spam. Hal ini dikarenakan mesin spam tidak dapat membaca kode capta. Setelah semua bagian dari formulir diisi, langkah selanjutnya adalah klik tombol Create New Account.

Jika tombol Create New Account sudah diklik, sesaat kemudian akan muncul pernyataan konfirmasi. Langkah selanjutny dalam membuat email Yahoo adalah mengeklik tombol Continue untuk menuju proses selanjutnya. Setelah menekan tombol Continue, akan muncul tampilan email Yahoo.com. pada tampilan email Yahoo ini, akan menampilkan beberapa menu penting dalam email Yahoo.

Tampilan email Yahoo antara lain menampilkan kolom Inbox, kolom Contact, kolom Draft, kolom Sent, kolom Spam, dan kolom Trash. Inbox sebagai bagian  dari tampilan email Yahoo berfungsi sebagai kotak masuk email. Contact berfungsi sebagai penyimpan daftar alamat  email. Draft berfungsi sebagai tempat menyimpan email yang belum terkirim.

Spam berfungsi sebagai tempat email yang mencurigakan masuk. Sementara itu, Trash berfungsi sebagai tempat sampah setelah email-email yang sudah dibaca dan tidak diperlukan lagi dihapus. Penghapusan email akan masuk ke dalam Trash.

Saat cara membuat email Yahoo telah selesai, di kotak masuk akan ada email konfirmasi dan email sambutan dari Yahoo. Email tersebut hanya sebagai penanda bahwa Anda sudah terdaftar sebagai pengguna layanan email gratis dari Yahoo.

Jika semua cara membuat email tersebut sudah dilakukan dan tidak ada hambatan yang berarti, akhirnya Anda pun bisa menikmati fasilitas layanan yang ditawarkan Yahoo, misalnya mengirim pesan teks, gambar, atau apa pun yang bisa dikirim menggunakan email dengan kapasitas fil yang tidak terlalu besar.

Setelah cara membuat email Yahoo selesai, Anda pun dapat mengirim email. Caranya gampang sekali. Klik tombol Compose Massage. Tombol Compose Massage berada di side bar sebelah kanan tampilan email.

Cara mengirim email pun sangat gampang. Caranya, masukan alamat email yang akan dituju di kolom To, bisa email Yahoo atau alamat email lainnya. Untuk kolom CC bisa dikosongkan saja. Isi kolom subjek. Pengisian kolom subjek ini bisa diacuhkan atau tidak diisi. Jika ingin menulis teks manual, Anda dapat menulis teks dalam kolom yang paling bawah. Atau, jika Anda sudah menyimpan data yang dakan dikirim sudah berbentuk file, Anda hanya perlu melakukan attachment file yang dimaksud. Jika sudah beres, tinggal menekan tombol Send.

Jika email sudah terkirim, Yahoo akan menampilkan keterangan bahwa email yang Anda kirim barusan telah terkirim. Hal ini merupakan salah sau bentu konfirmasi Yahoo terhadap pelanggannya.

Langkah selanjutnya yang merupakan bagian dari cara membuat email Yahoo adalah melakukan Sign Out. Proses Sign Out ddilakukan sebagai tingkat pengamanan dari email tesebut. Setelah Sign Out, proses pembuatan email Yahoo sudah selesai. Jika ingin masuk kembali ke email Yahoo, pastikan Anda menulis Nama Pengguna atau User yang sudah didapat ketika langkah awal membuat email Yahoo.

Setelah seluruh serangkaian proses membuat email Yahoo sudah diaplikasikan, pastikan Anda mengingat username dan password sebagai kunci dalam membuka Sign In. Pengingatan password dan username di bertujuan untuk meningkatkan tingkat keamanan sebuah email.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait