Belajar Internet Sangat Bermanfaat untuk Masa Kini

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Belajar Internet

Belajar Internet

Belajar internet. Siapa yang tidak mengenal internet? Hampir semua orang berusaha untuk belajar internet. Dari mulai anak TK hingga mereka yang sudah berusia lanjut, pasti mengenal internet. Terutama mereka yang memang mengikuti perkembangan internet.

Dunia maya yang satu ini memang memberikan peluang atau kesempatan tersendiri untuk beberapa bidang. Inilah mengapa orang tertarik untuk belajar internet. Bahkan, di pedesaan pun sedang digalakkan program pengenalan internet.

Belajar Internet – Apa Itu Internet?

Ada banyak orang yang mengatakan jika Internet itu sebuah kewajiban untuk dipelajari. Wah, pernyataan yang demikian ini patut dipertanyakan. Apakah orang-orang tersebut sudah paham dengan yang namanya internet?

Internet merupakan suatu jaringan atau network dimana dapat menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Wilayah yang dijangkau sangat luas, dimulai dari dua komputer dalam satu ruangan hingga sampai pada komputer antar wilayah di seluruh dunia.

Kemudian, jaringan seperti apa yang dimaksud dan apa gunanya? Jaringan ini merupakan suatu sistem yang saling berhubungan dengan menggunakan Standart Internet Protocol atau lebih dikenal dengan TCP/ IP. Nah, dengan adanya ini, seluruh jaringan di dunia bisa saling terhubung. Dari lingkup pribadi ke lingkup yang global. Jaringan dari berbagai bidang misalnya, ada jaringan akademik, jaringan bisnis, jaringan pemerintah, atau hiburan.

Fungsi internet sendiri sudah sangat luas. Secara umum, fungsi internet adalah untuk memfasilitasi pengguna internet dalam pertukaran informasi atau berhubungan jarak jauh. Seperti yang pernah diiklankan, kita  bisa melihat peristiwa, keadaan, serta hal-hal yang tidak kita ketahui di luar kota (untuk lingkup yang kecil) tempat kita tinggal. Untuk lingkup yang besar, kita bisa mendapatkan informasi dari seluruh Indonesia.

Fungsi di atas masih sebagian kecil saja dari keseluruhan fungsi internet. Sekarang orang bisa mengirim pesan melalui internet. Pesan yang disampaikan tidak hanya tertulis, kita bisa mengirim segala bentuk pesan untuk seseorang yang tidak dapat dijangkau untuk ditemui. Yang jelas nampak adalah banyaknya informasi yang tersedia jika kita menggunakan internet. Saat ini pun, informasi bukan hanya dari tulisan. Kita dapat juga membuka video atau gambar yang juga disediakan oleh internet ini. Sehingga informasi apapun yang belum jelas atau belum dimengerti, bisa dicari di internet.

Bagaimana dengan istilah online? Istilah online digunakan untuk mereka yang sedang sibuk dengan internet. Bahasa penggunaannya adalah browsing atau surfing, yang kebanyakan diungkapkan dengan online. Online juga dimaksudkan saat kita sedang menggunakan world wide web (www) sebagai media untuk melihat, mengambil, dan menyebarkan suatu informasi dalam internet.

Penjelasan secara singkat inilah yang digunakan sebagai dasar seseorang belajar internet. Daripada dibilang gaptek (gagap teknologi) di zaman yang sudah sangat mengaplikasikan internet, tentu saja pengertian internet tetap sebagai modal dasar ke tahap yang berikutnya.

Belajar Internet – Pentingnya untuk Belajar

Jika kita boleh memandang lagi ke belakang, alias flashback soal internet, maka internet masih belum dilirik oleh banyak kalangan. Beberapa tahun yang lalu, Indonesia masih menggunakan internet sebagai media di lingkungan perkantoran dan bisnis saja. Menginjak tahun-tahun sekarang, internet sudah banyak digunakan. Apa pentingnya bisa menggunakan internet?

Internet termasuk dalam media yang memberikan banyak sekali informasi. Sekarang saja banyak informasi yang tidak terdapt di dalam buku, melainkan dari internet. Informasi ini bukan hanya sekedar informasi pengetahuan. Kita bisa mengetahui usaha seseorang, kita bisa mencari barang yang kita inginkan, kita bisa saling memberikan informasi, dan saling berbagi.

Di tahun-tahun ini, banyak sekali orang yang mencoba bisnis online. Mereka memperkenalkan usahanya melalui internet agar semua orang dapat mengetahui. Di samping itu, ternyata bisnis-bisnis yang seperti ini juga tidak mengalami kerugian. Ketika seseorang ingin membeli barang, mereka tinggal memesan barang terebut. Cara ini juga dilakukan melalui internet.

Dalam bidang pendidikan juga tidak kalah. Saat ini banyak sekolah dan perguruan tinggi yang sudah menerapkan sistem online untuk menerima siswa baru. Tidak hanya penerimaan siswa baru, terkadang informasi apapun juga disampaikan melalui internet. Semua sudah serba internet, atau dilakukan secara online.

Tinggal bagaimana kita menyimpulkan, pentingkah belajar internet? Ada berbagai macam jawaban, dan apabila kita mengesampingkan dampak negatif dari internet itu sendiri, tentu banyak di antara kita yang menjawab penting. Belajar internet juga harus disesuaikan dengan yang akan menggunakannya. Mungkin ada beberpa orang yang belajar menggunakan metode meniru atau mempelajari sendiri dari buku.

Belajar Internet – Belajar Sejak Kecil, Perlukah?

Melihat latar belakang peristiwa di zaman yang serba teknologi, sudah banyak anak kecil menggunakan internet. Banyak faktor mengapa anak sudah diperkenalkan dengan internet. Alasan yang paling utama adalah kebiasaan orang tua yang ditiru oleh anak. Ketika orang tua sering menggunakan internet, apalagi di rumah jaringan internet sudah terfasilitasi, biasanya anak akan cenderung bisa mengoperasikan internet.

Belajar internet yang demikian bisa dikategorikan sebagai otodidak sekaligus meniru. Dan apa yang biasa dibuka oleh orang tua, itulah yang dibuka oleh anak. Tetapi ini bukan satu-satunya jawaban darimana dan bagaimana mereka belajar internet. Tidak menutup kemungkinan anak memang diperkenalkan oleh orang tuanya cara mengoperasikan internet. Tidak jarang yang memiliki alasan bahwa anak tidak boleh gagap teknologi.

Untuk pengenalan awal, anak dibolehkan mengenal internet. Lebih tepatnya cara mengoperasikan, tetapi perlu ditinjau ulang untuk menanyakan alasan anak menggunakan internet. Karena ada begitu banyak dampak negatif dari internet itu sendiri.

Dampak negatif untuk anak-anak dari internet itu sendiri, diantaranya mereka akan kecanduan dengan semua yang menarik di internet. Misalnya saja situs game online atau jejaring sosial yang tidak begitu bermanfaat untuk anak-anak. Jika alasan mereka adalah untuk menambah teman atau pergaulan, sebagai orang tua diwajibkan waspada. Justru hal sepele seperti ini yang nantinya akan menjerumuskan mereka pada kecanduan itu sendiri. Di samping itu, terkadang situs yang dibuka juga menampilkan gambar-gambar iklan untuk orang dewasa yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh anak-anak.

Setelah mengetahui dampak negatifnya, perlu juga mengetahui dampak positif belajar internet untuk anak. Diharapkan anak mengenal apa dan bagaimana internet itu sendiri, dengan syarat tetap pada pengawasan orang tua. Dampak positif dari internet diantaranya sebagai sumber informasi. Ketika anak membutuhkan materi lain yang mungkin belum dipahami, internet bisa dijadikan sebagai alternatif.

Setelah anak dirasa sudah bisa membedakan antara baik dan buruk, bisa mengerti dampak negatif serta positif, atau ketika anak sudah bisa mengatur jadwal, maka anak bisa diberi kepercayaan untuk menggunakan internet sesuai kebutuhannya. internet memang sudah berkembang, apalagi ketika anak memang berminat untuk belajar internet lebih luas lagi.

Mungkin dengan mengembangkan sistem internet itu sendiri, sehingga bisa ikut mengurangi jumlah sisi negatif dari internet. Tentu hal itu akan lebih menggembirakan bagi orang tua. Karena banyak orang di luar sana, terutama anak-anak yang berperan pada pengembangan teknologi, terutama penggunaan internet.

Internet tidak membutuhkan biaya yang banyak. jika di rumah tidak menggunakan langganan atau prabayar, orang terbiasa pergi ke warung internet. Tarif empat ribu sudah bisa mengakses dunia internet selama satu jam. Dari tahun ke tahun, media untuk mengakses dunia maya juga semakin canggih saja. Melalui handphone atau Wi-Fi, orang sudah bisa belajar internet dengan mudah. Ditambah lagi dengan pengoperasiannya yang sangat mudah. Tergantung kita mau melakukan apa di internet. Tujuan ternyata juga penting, supaya kegiatan browsing tidak menyimpang dari tujuannya.

Manfaat Belajar Internet

Belajar internet merupakan salah satu kebutuhan pokok di era digital seperti saat ini. Hal ini mengingat ketergantungan manusia pada internet sudah sangat besar. Hampir semua sektor kegiatan, berhubungan dengan internet sebagai menyedia informasi yang dibutuhkan oleh manusia.

Walau begitu, tidak semua orang yang belajar internet akan memahami internet secara keseluruhan. Khususnya pada mereka yang sekedar menggunakan internet untuk selingan saja. Kelompok ini kurang begitu optimal menggunakan internet sebagai media yang mampu memberikan banyak keuntungan.

Berbeda dengan kelomopok yang memanfaatkan internet lebih dari sekedar kegiatan selingan. Kelompok ini menggunakan internet lebih sebagai media mendapatkan informasi. Sebab, interntet bisa pula digunakan sebagai sarana untuk menunjang pekerjaan serta sebagai media untuk mendapatkan uang.

Manfaat Mengenal Istilah Internet

Saat belajar internet kita akan mendapatkan banyak istilah di dalamnya. Meski begitu kita tidak perlu memahami dan mengetahui semua makna istilah tersebut. Hanya pada istilah yang sekiranya kita butuhkan sajalah, kita perlu tahu maknanya. Sedangkan pada istilah yang sekiranya kita kurang sering menggunakannya, cukup sebagai informasi saja. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengenal istilah yang sering muncul saat kita belajar internet diantaranya yaitu :

  • Memaksimalakan beragam fungsi pada internet untuk menunjang aktivitas kita. Seperti dalam email, terdapat kata attach sebagai fungsi tambahan pada surat elektronik. Manfaat dari attach ini merupakan fasilitas tambahan untuk melampirkan data yang berupa file asli kepada penerima surat elektronik tersebut.
  • Mencegah terkena dampak negatif internet. Internet bisa pula membahayakan. Dengan mengenal istilah yang membahayakan tersebut kita bisa terhindar dari dampak negatif internet, seperti dari serangan hacker, virus atau juga kloningisasi data.
  • Meningkatkan komunikasi. Dalam internet, terdapat fasilitas yang dapat digunakan untuk berkomunikasi yaitu chatting. Dengan fasilitas ini seseorang bisa berkomunikasi dengan pihak lain, baik secara tertulis, telepon maupun dengan cara bertatap muka langsung atau yang disebut televconference. Hal ini selain meningkatkan efisiensi waktu, juga lebih murah dari sisi biaya.

Sejarah Internet

Belajar internet akan lebih lengkap jika kita bisa mengetahui mengenai sejarah internet itu sendiri. Terlebih dahulu, yang perlu diketahui adalah mengenai definisi internet. Internet sendiri sering diartikan sebagai sebuah sistem yang menghubungkan setiap komputer di seluruh dunia dalam sebuah jaringan.

Di dalam jaringan tersebut, tersedia beraneka macam informasi yang bisa diakses oleh setiap pengguna komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Selain itu, setiap komputer yang terhubungan dalam sistem tersebut bisa saling bertukar informasi yang dibutuhkan.

Internet sendiri pertama berkembang pada tahun 1969. Dimana pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat bercita-cita agar semua komputer yang mereka miliki bisa saling terhubung. Dari sinilah kemudian muncul penemuan sistem yang pertama kali menghubungkan semua komputer di departemen tersebut yang dikenal dengan nama ARPANET.

ARPANET digunakan untuk menyambungkan10 jaringan komputer yang kemudian saling terhubung. Kemudian pada tahun 1972, Roy Tomlinson, sebagai pencipta ARPANET membuat penyempurnaan program surat elektronik yang pada awalnya diciiptakan untuk ARPANET. Sejak itulah lambang @ digunakan sebagai lambang penting dalam penulisan alamat email.

Mulai tahun 1973, ARPANET mulai dikenalkan di luar Amerika. Komputer milik College University, London merupakan perangkat komputer pertama yang menggunakan ARPANET di luar Amerika. Keberhasilan uji coba ARPANET di luar Amerika ini mendorong Vinton Cerf dan Bob Kahn mengemukakan pendapat mengenai pentingnya pengembangan ARPANET secara lebih luas. Dari sinilah kemudian lahir teknologi internet yang dipercaya sebagai penemuan terbesar abad 20.

Internet Protocol

Pada tahun 80an, semakin banyak jaringan komputer yang tercipta. Hal ini seiring dengan adanya perkembangan di bidang teknologi komputer dan juga penyempurnaan dari jaringan yang sebelumnya ada.  Dari kondisi inilah, akhirnya dibuatlah sebuah jaringan yang mampu menghubungkan semua jaringan komputer tersebut sehingga seluruh komputer di berbagai tempat bisa saling terhubung.

Pada tahun 1982, ditemukanlah sebuah teknologi yang disebut dengan Transmission Control Protocol atau TCP serta Internet Protocol atau IP sebagai identitas resmi pengguna jaringan internet. Selanjutnya, sejak tahu 1984, diciptakanlah penyeragaman alamat di seluruh sistem komputer yang saling berhubungan dalam internet tersebut. Lahirlah teknologi baru yang kemudian disebut dengan Domain Name System atau disingkat DNS.

Berbisnis Di Internet

Beberapa orang belajar internet dengan tujuan mendapatkan penghasilan melalui fasilitas ini. Hal ini merupakan salah satu perluasan fungsi internet dimana pada awalnya dibuat untuk media informasi semata. Namun seiring perkembangan jaman, internet kini bisa digunakan pula sebagai media berbisnis yang mampu mendatangkan keuntungan cukup besar. Bahkan banyak orang yang kemudian memilih berhenti bekerja di sebuah kantor untuk kemudian menekuni pekerjaan baru dengan memanfaatkan bisnis online di internet ini.

Dalam sebuah bisnis online, transaksi yang berlangsung bisa dilakukan tanpa adanya pertemuan secara fisik dari masing-masing pihak. Media komunikasi yang digunakan, cukup menggunakan bahasa tulisan melalui email atau pesan singkat. Bisa pula menggunakan komunikasi lisan melalui telepon. Namun intinya, tidak perlu terjadi proses kontak fisik diantara masing-masing pihak yang terlibat.

Pada awalnya, orang memulai bisnis online dengan membuka situs melalui fasilitas layanan halaman gratis seperti multiply atau blogspot. Melalui kedua alamat itulah, para pedagang online memajang barang dagangan dan memberikan penawaran menarik kepada calon konsumen. Bahkan, kedua halaman tersebut bisa disebut sebagai sebuah toko yang bersifat maya atau tidak nyata, meski secara fisik keberadaan penjual di toko tersebut nyata adanya.

Bersamaan dengan menjamurnya situs jejaring sosial, strategi pemasaran para pemilik toko online ini mulai bergeser. Mereka mulai mengarahkan pencarian konsumen melalui situs pertemanan yang dianggap lebih efektif serta mampu menarik perhatian lebih besar daripada menggunakan multiply atau blogspot tersebut.

Kelebihan Bisnis Online

Menjalankan bisnis online merupakan salah satu tujuan orang belajar internet. Sebab, di dalam bisnis online ini, terdapat peluang yang sangat besar bagi seseorang untuk mendapatkan penghasilan melimpah. Hal ini ditandai dengan adanya fenomena perkembangan toko online yang muncul di internet setiap harinya.

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapat dengan menjalankan bisnis online, diantaranya adalah:

  • Tidak membutuhkan modal besar. Hal ini berbeda jika kita harus membuat sebuah toko konvensional yang membutuhkan banyak biaya, seperti untuk membangun tokok, membayar gaji penjaga atau juga untuk kebutuhan operasional harian seperti listrik dan lain sebagainya.
  • Persedian bisa dilakukan secukupnya. Adanya sistem pre order, memungkinkan pemilik toko online melakukan bisnis tanpa perlu memiliki barang persediaan.Yang terpenting, kita memiliki akses pada penyedia barang tersebut. sehingga ketika ada pemesanan, kita bisa langsung mengirimkan barang yang dipesan tersebut.
  • Fleksibel. Hal ini karena bisanis online bisa dijalankan kapan saja serta dari mana saja. Bisnis ini bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan kegiatan utama kita, seperti pekerjaan kantor. Sebab bisnis ini tidak membutuhkan keberadaan fisik, namun cukup sarana internet.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

Antena tv nyetrum (38),permainan ultraman yang bisa dimainkan (27),download game java ngentot (12),penyebab jek antena tv nyetrum (7),cara mengatasi antena tv nyetrum (3),download games java ngentot (1),download permainan java ngentot (1),downlod game java ngetot (1),Downlod game java ngewe (1),game java jar ngentot (1),game java ngentot 320x240 (1),game java ngentot/ (1),Download game ngentot java 320x240 (1),download game mengajak ngentot java (1),antene tv nyetrum com (1),aplikasi untuk nokia 6120c versi java jar (1),bocah ngentot video (1),bokeb 320 (1),cara mempercepat internet di samsung gt c3322 (1),Cara mempercepat koneksi 3 di hp curby (1),cara mempercepat koneksi nokia e71 (1),download game java ngentot 320x240 (1),download game java ngetot (1),tips menghilangkan sensor di pemutar video (1)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait