Domain Gratis bagi Para Pebisnis Online

Domain Gratis

Domain Gratis

Domain gratis merupakan sebuah alamat IP yang bisa diperoleh secara gratis. Domain sendiri adalah sebuah nama yang unik dengan fungsi untuk mengidentifikasi alamat IP.

Dengan menggunakan domain, seorang pengguna tidak akan direpotkan untuk menghapal alamat IP. Sehingga akan sangat membantu pengguna maupun pengunjung untuk mengingat dan mengucapkan nama unik sebagai pengganti alamat IP tersebut.

Nama unik dari domain tersebut sering dikenal juga sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, yang kadang-kadang juga diistilahkan sebagai URL atau alamat website. Dengan kata lain sebuah domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah yang idealnya sebuah rumah tidak akan memiliki dua buah alamat yang berbeda.

Domain ini sangat menguntungkan bagi Anda sebagai pemula dalam dunia website.

Sebuah domain, biasanya bisa dimiliki dengan membayarkan sejumlah uang sebagai biaya sewa kepada penyedia layanan. Pembayaran tersebut dilakukan pada saat pertama seorang pengguna ingin memiliki sebuah domain, dan akan dilakukan setiap tahunnya apabila pengguna ingin memperpanjang sewa penggunaan domain tersebut.

Namun, dengan semakin banyaknya penyedia domain dan meningkatnya persaingan, sampai-sampai ada beberapa perusahaan domain yang memberikan layanannya secara gratis. Atau setidaknya perusahaan tersebut memberikan promo dengan bebas biaya selama setahun awal domain tersebut digunakan oleh pengguna. Hal ini menyebabkan cukup banyak domain gratis yang bisa diperoleh sekarang ini.

Jenis-jenis Domain Gratis

Top Level Domain tersebut biasanya menggratiskan turunannya. Itulah mengapa domain yang gratis biasanya lebih banyak merupakan second level domain atau sub dub domain dari Top Level Domain. Diantara contohsecond level domain atau seub dub domain yang memberikan layanan secara gratis tersebut adalah .cu.cc, .co.cc, uni.me, co.nr dan lain lain.

Namun meski merupakan sub domain, para pengguna tidak perlu khawatir karena domain tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna seperti layaknya Top Level Domain. Penyedia domain ini telah juga menyediakan domain gratis tersebut dengan fasilitas management DNS antara lain seperti, setting name server, url forwarding, dan juga full DNS management yang berisikan fasilitas seperti a record, MX record, NS record, CNAME dan TXT record.

Bagi pengguna yang ingin memiliki sebuah domain, bisa menggunakan jasa layanan dari perusahaan penyedia domain dengan menyewa. Biaya biasanya dihitung selama per tahun. Akan tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sekarang ini banyak perusahaan yang menyediakan domain yang gratis.

Biasanya domain yang gratis ini disediakan oleh perusahaan penyedia layanan domain berbayar atau Top Level Domain. Umumnya nama domain yang merupakan Top level domain tersebut disesuaikan dengan fungsinya masing-masing sesuai dengan keperluannya.

Diantara Top Level Domain ini adalah seperti .com yang digunakan untuk organisasi profit atau komersial, .org yang digunakan untuk organisasi nirlaba atau kegiatan non profit, .net yang digunakan untuk network (jaringan), .gov yang digunakan untuk pemerintah, .info yang digunakan untuk kepentingan informasi, .tv yang digunakan untuk kepentingan pertelevisian. Dan ada juga domain yang disesuaikan dengan kode negara yang bersangkutan seperti .id yang merupakan domain bagi negara Indonesia.

Seluruh jenis domain yang gratis pada umumnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan website, blog, site email atau url forwarding. Para pengguna juga bisa memafaatkan domain tersebut untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan layanan dari webhosting berbayar maupun webhosting yang juga telah menyediakan layanan secara gratis.

Mendaftar Gratis di www.co.cc

Untuk mendapatkan domain secara gratis, sebenarnya ada cukup banyak perusahaan penyedianya. Namun yang paling populer di antara sekian banyak penyedia domain yang gratis adalah co.cc. Para pengguna menyukai layanan domain gratis dari .co.cc dikarekan domain .co.cc bisa digunakan sebagai domain parking untuk Google Adsense Domain. Selain itu domain .co.cc juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna sebagai pengganti untuk blogspot pada blog pribadi pengguna atau bisa juga dimanfaatkan oleh pengguna sebagai nama email pribadi.

Untuk mendapatkan domain co.cc, calon pengguna cukup mendaftar di http://www.co.cc. Pertama kali yang harus calon pengguna lakukan adalah mengecek apakah domain yang diinginkan oleh calon pengguna tersebut sudah didaftarkan oleh pengguna yang lain atau belum.

Caranya adalah calon pengguna tersebut memasukkan nama domain yang diinginkan pada input yang disediakan. Sebagai contoh calon pengguna akan mendaftarkan domain www.domain.co.cc. Setelah calon pengguna masukkan nama domain yang diinginkan, klik tombol check availabilityuntuk memprosesnya.

Jika nama domain yang calon pengguna inginkan masih tersedia dan dapat digunakan, calon pengguna akan dibawa ke halaman “find domain” ketika untuk nama domain www.domain.co.cc masih tersedia dan dapat dipergunakan. Jika calon pengguna ingin mendaftarkan domain tersebut, calon pengguna tersebut tinggal mengklik tombol “continue to registration” yang ada di halaman tersebut.

Dengan cara ini calon pengguan telah memiliki sebuah domain gratisan. Namun calon pengguna tersebut masih belum bisa untuk menggunakan layanan dari domain .co.cc karena untuk mendapatkan layanan dari co.cc calon pengguna harus terlebih dahulu terdaftar. Jika calon pengguna belum memiliki akun di co.cc, calon pengguna terlebih dahulu harus mendaftarkan diri dengan mengklik “create account now”.

Yang harus calon pengguna lakukan adalah hanya mengisi formulir yang telah disediakan di sana. Setelah calon pengguna memasukkan data diri calon pengguna yang bersangkutan pada kolom yang harus diisi, selanjutnya si calon pengguna dipersilahkan membaca “the terms of service” dari co.cc.

Kemudian calon pengguna memberikan tanda check pada box “I accept the Terms of Service”. Lalu Klik tombol “Create an Account Now”. Setelah calon pengguna melakukan register account pada co.cc, secara otomatis calon pengguna tersebut mendapatkan juga domain www.domain.co.cc yang telah didaftarkan oleh calon pengguna sebelumnya.

Langkah selanjutnya adalah calon pengguna harus mengatur domain miliknya tadi agar bisa diakses. Kelebihan dari domain co.cc adalah memiliki control panel yang memungkinkan calon pengguna untuk melakukan setup pada domain miliknya. Jika setelah mendaftar calon pengguna tidak melakukan setup dalam waktu 48 jam, domain co.cc akan membatalkan pendaftaran domain calon pengguna tadi dan menghapus seluruh data yang telah dimasukkan.

Url forwarding merupakan cara yang paling favorit untuk dilakukan dalam men setup bagi para calon pengguna layanan domain co.cc., karena cara ini relatif lebih mudah dibanding cara-cara yang lain. Untuk melakukansetup url forwarding yang calon pengguna domain co.cc perlu lakukan adalah mengisikan url yang akan calon pengguna redirect ke domain milik calon pengguna tersebut, Page titleframeMeta Description, serta meta Keyword dari domain gratis calon pengguna tersebut.

Pada dasarnya domain co.cc menyediakan 3 pilihan setup domain bagi calon pengguna layanannya, yaitu:

Pilihan Setup Domain
1. Menambahkan name server.
2. Menambah record (cname, mx, nsn, a)
3. url forwarding

setelah semua inputan dimasukkan oleh calon pengguna, selanjutnya calon pengguan domain tersebut harus mengklik Set Up untuk melanjutkan proses set up. Dengan selesainya proses tersebut calon pengguna tadi telah secara resmi memiliki domain dengan nama www.domain.co.cc dan menjadi pengguna sah dari domain .co.cc.

Selanjutnya pengguna tersebut bisa menggunakan domain tersebut sesuai dengan keperluannya. Apakah untuk didaftarkan pada webhosting untuk membuat website atau situs web ataupun digunakan sebagai nama blog maupun alamat email pribadi. Semua hal tersebut bisa pengguna dapatkan dan lakukan tanpa harus membayar uang sewa domain apabila pengguna mendaftar melalui perusahaan penyedia layanan domain gratis.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait