Ulasan Singkat tentang Webhost

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Layanan Web Hosting

Layanan Web Hosting

Webhost  (singkatan dari web hosting), merupakan sebuah “harddisk” yang disewakan oleh sebuah server yang berfungsi untuk menyimpan file di sebuah web baik itu berupa teks, gambar, suara, hingga beberapa efek visual. Dengan kata lain, pengertian dari webhost adalah perusahaan (server) yang menyediakan layanan penyimpanan data web baik perorangan maupun sebuah institusi atau perusahaan.

Hal ini tentunya berkaitan erat serta bermanfaat bagi anda yang ingin membuat sebuah website, agar website anda dapat “berjalan” secara maksimal.

 Jenis-jenis Layanan Webhost

Terdapat dua jenis utama dalam layanan webhost ini, yaitu Shared Hosting dan Dedicated Hosting.

  1. Shared HostingShared hosting adalah sebuah layanan webhost yang berfungsi untuk meletakkan file-file beberapa pelanggan dalam satu server. Layanan jenis ini cocok untuk anda yang tergolong baru dalam dunia website, karena kelebihan dari layanan ini adalah hemat dalam investasi awalnya, tapi kekurangannya adalah apabila website pelanggan menjadi semakin besar dan semakin banyak pengaksesnya.Jadi, Shared hosting ini memang hemat biaya tapi terbatas penggunaannya.Selain itu, Shared Hosting juga memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti Mail Server yang berguna bagi anda yang ingin membuat mail account atas nama domain milik anda sendiri. Ada pula Database Server yang berguna bagi anda yang ingin menyimpan database, dan lain sebagainya.
  2. Dedicated HostingLayanan ini memungkinkan anda untuk menyewakan server khusus bagi pelanggan yang dibuat oleh pihak penyelenggara jasa layanan hosting yang bekerjasama dengan website anda.Dengan layanan tersebut, maka pelanggan dapat mengembangkan muatan ataupun apliksi di servernya secara leluasa. Layanan ini cocok untuk anda yang mempunyai perusahaan kecil atau menengah yang tidak mempunyai staf khusus untuk mengurus situs maupun server dari perusahaan anda, hal ini termasuk email, vpn, dll.

Macam-macam dan Kekurangan Webhost

Webhost ada dua macam, yaitu web hosting gratis dan berbayar.

  1. Web hosting GratisWebhost Gratis adalah layanan Webhost yang tidak membutuhkan biaya bagi para penggunannya. Beberapa situs yang menyediakan webhost gratis ini antara lain: www.geocities.com, www.tripod.com, www.angelfire.com, dll.Kelebihan dari webhost ini adalah gratisnya, namun kelemahannya adalah nama domain menjadi panjang, akses lambat, serta munculnya iklan.
  2. Webhost BerbayarWebhost Berbayar adalah kebalikan dari web hosting gratis. Adapun situs-situs yang menyediakan Webhost berbayar ini antara lain: www.masterwebnet.com,  www.jagoanhosting.com, dll.Biaya dari web hosting jenis ini yang paling murah adalah Rp5.000 /bulan. Sedangkan untuk nama domain, harga yang paling murah adalah Rp50.000 /tahun. Kekurangan dari Web hosting ini adalah adanya penghapusan nama domain yang telah disewakan pada website anda apabila masa waktunya telah habis dan tidak diperpanjang.

    Selain itu, terdapat beberapa server web hosting yang harganya terlihat begitu murah, tapi sebenarnya melakukan sebuah overselling. Misalnya, jika terdapat server yang menawarkan paket hosting 30 GB seharga 50 ribu per bulan dengan kotrak minimal dua tahun dan seharga 1,2 juta.

    Bila pelanggan telah mencapai 100 akun, berarti web hosting tersebut harus menggunakan harddisk sebesar 3 ribu Gb atau 3 TB!

Beberapa Webhost Terbaik Tahun 2012

Sebuah situs bernama www.webhostingterbaik.com menampilkan 10 perusahaan/server web hosting yang dianggap terbaik di tahun 2012. Berikut ini beberapa perusahaan tersebut yang termasuk dalam kategori server web hosting terbaik tahun 2012 —List tersebut tidak akan dipaparkan secara berurutan dari terbaik 1 sampai 10, tapi secara random—, antara lain :

  1. www.masterkey.masterweb.netServer ini merupakan “cabang” dari server utamanya yang terdapat pada situs www.masterweb.net  dan berada di bawah naungan PT. Master Web Network yang berfokus pada layanan jasa web hosting seperti nama domin, Shared hosting, dedicated Server, dll.Pendirinya adalah seorang pelaku dunia internet berpengalaman dan perusahaannya telah bergerak di bidang tersebut (webhosting) sejak tahun 1998.
  2. www.masterweb.netIni adalah merupakan “pusat” dari situs sebelumnya, sehingga sama persis dengan apa yang terdapat pada situs di atas.
  3. www.ardhosting.comArdhosting merupakan situs yang berada di bawah naungan PT Ardh Global Indonesia yang didirikan tahun 2000 dengan berfokus pada jasa layanan web hosting serta nama domain. Selain itu, Ardhosting menyediakan beberapa pilhan system operasi Linux dan Windows.Ardhosting juga menyediakan pilihan data center, layanan pendaftaran domain serta transfer domain (nasional maupun internasional), url frame, hingga layanan Linux Hosting dan JSP Hosting.Nilai lebih lainnya yang dimiliki oleh server ini adalah adanya Daily Backup, sehingga anda bisa nyaman dalam menyimpan data-data di server yang dilakukan secara mingguan atau bulanan.
  4. www.jagoanhosting.comBila Anda mengunjungi situs ini, Anda akan merasa bahwa segala hal yang anda butuhkan dalam bidang layanan web hosting telah ada dalam situs ini. Hal ini menunjukkan betapa komplit dan maksimalnya situs ini dalam memberikan kepuasan dan memenuhi segala kebutuhan para klien.Jagoan Hosting Indonesia merupakan penyedia layanan web hosting yang berusaha untuk mengedepankan layanan yang patut diandalkan (selayaknya Jagoan) tapi dengan biaya yang relatif terjangkau.

    Penyajian paket dalam situs ini cukup fleksibel. Server ini menyajikan fasilitas unlimited yang meliputi sub domain, akun email, database, serta FTP yang selalu ada di hampir tiap paket webhost murah dari server tersebut.

    Tim sales dan support dari perusahaan ini juga bersedia membantu proses perpindahan akun webhost dan aku klien Anda secara gratis bila anda baru mengenal Jagoan Hosting serta ingin melakukan proses pindah webhost atau pindah reseller. Ini merupakan salah satu nilai lebih yang dimilki oleh Jagoan Hosting.

  5. www.rumahhosting.comRumah Hosting adalah sebuah server yang berada di bawah naungan PT. RumahNET InterNusa yang bergerak di bidang layanan web hosting dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.Rumah Hosting memunyai server kualitas high-end Indonesia dan Amerika Serikat, serta dapat mendukung seluruh aplikasi yng berbasis PHP dan mySQL.
  6. www.pasarhosting.comPasar Hosting adalah server yang mempunyai tujuan untuk memberikan layanan web hosting dengan harga terjangkau, tapi disertai dengan layanan yang maksimal, berkualitas, dan terbaik di bidangnya.Itulah sebabnya server ini berusaha untuk menyempurnakan diri dengan berbagai keunggulan.Adapun keunggulan yang telah dimiliki oleh server Pasar Hosting adalah perlengkapan yang berkualitas dan mudah dioperasikan, server yang mengutamakan kecepatan, termasuk hardware, software, network, dan lain sebagainya.

    Selain itu, pihak server tersebut akan selalu meng-update teknologi baru untuk memastikan agar website kliennya menjadi website yang tercepat dan tercanggih.

  7. www.eazysmart.comBerada di bawah naungan divisi IT Solution PT Smart Intermedia Solusindo, Eaazysmart.com merupakan server yang bergerak di bidang layanan webhost, nama domain, reseller, dedicated server, serta VPS.Server yang telah beroperasi sejak tahun 2007 ini mempunyai misi yaitu memberikan kemudahan dalam layanan serta menerapkan support selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk menjamin klien mendapatkan pendampingan selama 24 jam nonstop.
  8. www.idebagus.comIdebagus.com didirikan dengan prinsip bahwa server tersebut dapat menjadi perusahaan yang lain dari yang lain, berfokus pada kebutuhan klien dan bukannya teknologi. Oleh karena itu, pihak server senantiasa melakukan beberapa prubahan serta peningkatan agar layanannya semakin dapat melebihi harapan pelanggan.Penulis kira, merupakan sebuah ide bagus bila kita mengunjungi situs resmi idebagus.com agar lebih mengenal server tersebut dan ide bagus apa yang dapat kita temukan dari idebagus.com.
  9. www.hostpojok.comHostpojok merupakan penyedia layanan webhost yang mengedepankan layanan terbaik namun dengan harga terjangkau (sebuah misi yang sama saja dengan beberapa server lainnya).
  10. www.neohoster.comNeohoster berdiri tahun 2007. Pada tahun 2009, perusahaan tersebut menjadi merger dari perusahaan Tunas Univindo Mandiri, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan web consultant.Setelah bergabung dengan perusahaan tersebut, Neohoster semakin melebarkan sayapnya di dunia webhost dan mampu bersaing dengan beberapa perusahaan sejenis lainnya hingga kini.

Artikel Terkait: