Segala Hal Tentang Pengertian Jaringan Internet

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Pengertian Jaringan Internet

Pengertian Jaringan Internet

Pengertian jaringan internet penting dipelajari karena pada saat ini jaringan internet dibutuhkan dalam kehidupan manusia di berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi dan informasi membuat setiap orang berupaya untuk mempelajari apa sebenarnya jaringan internet dan pengaruhnya bagi kehidupan. Jaringan ini sudah cukup dikenal oleh sebagian kalangan masyarakat di dunia. Meski karakter tiap negara di dunia berbeda, penerimaan terhadap kecanggihan teknologi internet diterima dengan pandangan positif bagi kemajuan negaranya.

Indonesia mengenal internet pada awal tahun 1990-an. Meski perkembangan internet di Indonesia berbeda dengan di negara lain, tapi secara perlahan perkembangannya cukup signifikan di masyarakat seluruh wilayahnya. Internet sempat membuat khawatir orang tua, baik di desa ataupun kota.

Para orang tua berpikir bahwa internet mengarah pada pengaruh negatif dalam kehidupan putra putrinya. Namun, setelah pengertian jaringan internet disosialisasikan di masyarakat, saat ini masyarakat Indonesia mulai berubah cara pandang dan berpikirnya. Mereka mulai berperan aktif mengoptimalkan kegunaannya dalam kehidupan.

Pengertian jaringan internet bagi masyarakat yang masih awam dengan perkembangannya seperti saat ini memiliki peran strategis. Peran strategis yang dimaksud yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan kehidupannya. Masyarakat mulai berkreasi menggunakan jaringan internet sebagai salah satu sarana mendapatkan informasi peluang usaha.

Selanjutnya informasi tersebut akan dikembangkan menjadi suatu bentuk usaha yang memiliki peluang meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dalam era globalisasi seperti saat ini, masyarakat terus berupaya lebih kreatif dalam kehidupannya. Hal itu agar masyarkat mampu bertahan hidup meraih kesejahteraan.

Pengertian Jaringan Internet:  Internet Di Indonesia

Adapun pengertian jaringan internet yaitu suatu jaringan yang kompleks. Selain itu, jaringan ini termasuk jaringan yang mengagumkan di dunia maya saat ini. Internet merupakan suatu jaringan komputer yang satu dengan lainnya saling terhubung. Hubungan tersebut untuk keperluan komunikasi dan informasi. Bahkan di seluruh dunia maupun Indonesia dapat dijangkau melalui jaringan ini.

Selain itu, pengertian jaringan internet juga dapat diketahui sebagai sebuah jaringan komputer yang ada di seluruh dunia dengan isi berupa informasi. Jaringan ini juga dioptimalkan sebagai sarana komunikasi data berupa suara, video, gambar maupun teks. Perkembangan jaringan internet semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut juga dilatar belakangi oleh sejarah jaringan internet di dunia.

Sejarah internet di Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Awalnya, jaringan internet di Indonesia dikenal sebagai perkumpulan network saja. Hubungan di antara para pelakunya diliputi semangat untuk saling kerjasama, gotong-royong serta kekeluargaan.

Jika perkembangan jaringan internet di dunia lebih mengarah pada perkembangan intelektual dan teknologi sebagai prioritas utamanya, berbeda halnya dengan di Indonesia. Suasana perkembangan jaringan internet Indonesia terkesan lebih komersial dan individual pada sebagian aktivitasnya. Adapun yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet ada mulai tahun 1988 yaitu para pengguna awal internet di Indonesia.

Ada beberapa nama legendaris awal pembangunan internet Indonesia pada tahun 1992 sampai dengan 1994 memiliki keahlian berbeda. Berikut ini nama tokoh tersebut, yaitu Adi Indrayanto, M. Ihsan, Robby Soebiakto, Firman Siregar serta nama tokoh lainnya. Masing-masing individu tokoh tersebut telah mengkontribusikan keahlian dan pengabdiannya dalam membangun cuplikan sejarah jaringan komputer yang melatar belakangi jaringan internet di Indonesia.

Demikianlah sejarah internet di Indonesia. Jika diantara kita membutuhkan tambahan lebih rinci tentang sejarahnya, dapat ditemukan dari sumber lain. Pengertian jaringan internet dapat ditemukan jika sejarah yang melatarbelakanginya diketahui mulai dari sejarahnya di dunia hingga di negara yang dimaksudkan..

Pengertian Jaringan Internet: Jenis Kecepatan Akses Internet

Mempelajari pengertian jaringan internet juga akan membantu kita mengetahui bagaimana seharusnya kecepatan akses internet yang harus dipilih oleh pengaksesnya. Ada berbagai jenis kecepatan dalam mengakses internet sesuai dengan saluran internet yang dipilih para pengaksesnya. Berikut adalah penjelasannya.

  • Dial – Up
  1. Dial-Up yaitu cara menghubungkan komputer ke internet menggunakan kabel telepon.
  2. Koneksi ke Dial-Up biasanya digunakan setiap orang ketika menghubungkan internet dari rumah.
  • ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line)

Keunggulan ADSL yaitu memiliki kecepatan akses internet yang tinggi dan dapat memberikan suara secara simultan.

  • GPRS
  1. Merupakan komunikasi data dan suara dengan menggunakan gelombang radio.
  2. GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar serta penelusuran (browsing) internet.
  •  3G (Third generation technology)

Salah satu solusi nirkabel yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.

Pengertian Jaringan Internet: Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Adapun faktor yang mempengaruhi kecepatan dalam mengakses internet untuk mendapatkan suatu kegunaan darinya, antara lain:

  • Kecepatan ISP yang digunakan para pengguna internet.Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internet. Setiap paket internet tersebut memberikan informasi tentang kecepatan dan ketentuan yang berbeda dalam mengakses internet.
  • Jenis dari koneksi internet yang digunakan para pengguna internet. Adapun jenis koneksi internet yang bisanya dipakai di Indonesia, misalnya dial-Up, GPRS serta jenis lainnya.
  • Komputer dan sistem yang digunakan untuk mengakses internet. Semakin bagus spesifikasi komputer yang digunakan maka semakin baik koneksi internetnya.
  • Jenis aplikasi/program/software yang digunakan untuk browsing di internet.

Pengertian Jaringan internet : Pengaruh Penggunaan Akses Internet

Mempelajari pengertian jaringan internet akan memudahkan kita memahami dan mengetahui pengaruh dari penggunaan akses internet. Adapun kegunaan secara umum dari akses internet yaitu.

  • Dalam dunia bisnis, internet digunakan sebagai media penambah maupun penyampai informasi dan komunikasi. Misalnya dalam kegiatan pemasaran hasil produksi, pengenalan jenis usaha dan sebagainya.
  • Dalam sistem komunikasi akses internet memiliki kegunaan dalam meminimalisir biaya yaitu dapat mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Misalnya adanya koran online, jurnal online dan sebagainya.
  • Pengakses internet dapat melakukan interaktif dengan berbagai pihak dalam bentuk e-mail, internet relay chat, internet phone serta lainnya.
  • Dapat digunakan sebagai pertukaran data dan informasi dengan sistem administrasi pemerintahan.
  • Dalam sistem perdagangan, internet banyak digunakan sebagai bisnis online
  • Dalam sistem perbankan, internet dapat digunakan untuk banking online yang memudahkan nasabah bank melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka.
  • Dapat digunakan sebagai media menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang banyak hal. Para penggunanya di seluruh dunia mudah untuk saling bertukar informasi secara cepat dan murah. Selain mengetahui pengaruh penggunaan dari akses internet, mempelajari pengertian jaringan internet juga dapat membantu kita mengethaui pengaruh negatif dari akses internet, antara lain.
  • Dapat mengetahui adanya cybercrime. Cybercrime merupakan kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet dengan sifat-sifat sebagai berikut dapat melintasi batas suatu negara, perbuatan tersebut dilakukan secara illegal, adanya kerugian yang sangat besar, adanya kesulitan dalam pembuktian secara hukum.
  • Dapat terpengaruh dengan tindakan kekejaman dan kesadisan yang banyak ditampilkan di internet.
  • Dapat memudahkan terjadi tindakan penipuan di segala bidang kehidupan. Hal tersebut karena orang mudah mendapatkan jalan cepat untuk meraih keuntungan melalui internet.
  • Penggunaan akses internet akan memudahkan seseorang menjalin hubungan melalui internet atau dunia maya daripada bertemu atau datang untuk tatap muka. Akibatnya, muncul perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi dengan sekitarnya.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian jaringan internet dan hal-hal yang berkaitan dengan akses internet. Para pengakses internet akan menemukan kelebihan dari perkembangan internet jika difungsikan dengan tepat. Umumnya keberhasilan memanfaatkan peluang bisnis online diperoleh dengan mempelajari pengertian jaringan internet pada tahap awalnya lalu dilanjutkan dengan mengembangkan kreativitas dalam jenis bisnis tersebut.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

dunia hp tegal (23)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait