Menangkap Sinyal Wifi untuk Internet Gratis

Menangkap Sinyal Wifi

Menangkap Sinyal Wifi

Kemajuan teknologi dewasa ini mempercepat transfer informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pertukaran informasi seperti dokumen, video, dan gambar dilakukan masyarakat saat ini menggunakan jaringan internet. Tidak mengherankan jika jaringan internet menjadi pilihan banyak orang karena mudah ditemui di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, kafe, bahkan warung kopi sekalipun. Ini terjadi seiring dengan perkembangan jaringan internet nirkabel yang populer disebut wifi.

Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Teknologi ini didukung oleh kemajuan pesat dari teknologi perangkat keras yang memiliki instrumen penangkap sinyal wifi. Misalnya, telepon genggam, komputer tablet, atau gadget sejenisnya. Pengguna internet pun semakin menggemari internet karena tidak direpotkan dengan menyambungkan kabel dari perangkat keras ke line telepon.

Kemudahan mengakses intenet menggunakan sinyal wifi semakin menumbuhkan minat semua kalangan. Penggunanya tidak hanya dimonopoli kalangan tertentu saja, anak-anak hingga dewasa pun menggunakannya untuk keperluan pekerjaan dan sarana belajar menambah pengetahuan. Tidak berhenti disitu saja, ajang pertemanan dan perkumpulan komunitas terbuka yang sangat menjamur dimana-mana tidak terlepas dari andil keberadaan sinyal wifi.

Memperkuat Sinyal Wifi

Keberadaan wireless network area atau yang dikenal dengan HotSpot area yang begitu pesat merambah hingga ke berbagai fasilitas lembaga pendidikan seperti ruang kelas, perpustakaan hingga kantin. Internet sudah sangat akrab dan dianggap sebagai rekan belajar yang cerdas dalam membantu memperkaya sumber belajar dan tentunya menyelesaikan tugas sekolah.

Dibalik kemudahannya, sinyal wi-fi memancarkan daya yang kecil dan bekerja dalam band frekuensi 2,4 GHz. Sistem ini memungkinkan sinyal wi-fi kehilangan sinyal nirkabel lebih besar dan sifat daya tembus yang lemah. Penyebaran sinyal menjadi sulit dan tidak merata menjangkau seluruh area ruangan tertutup yang terpisah antar bangunan.

Faktor lain yang menyebabkan sinyal wifi menjadi lemah terletak pada kualitas router yang kurang baik. Hal ini memunculkan keterbatasan akses internet dalam memenuhi kebutuhan pengguna internet secara menyeluruh.

Untuk mengatasi sistem ini, maka upaya yang dilakukan penyedia jaringan internet nirkabel ini ialah menambahkan alat penguat sinyal wifi. Intrumen penguat sinyal wifi dipasang pada router agar fungsi antena dapat bekerja lebih optimal menyebarkan sinyal. Alat ini dapat dibuat sendiri ataupun membeli produk jadi yang sudah banyak disediakan di toko-toko perangkat komputer.

Penguat sinyal wi-fi atau istilah populernya booster yang dibeli di pasaran dapat dipakai di dalam ruangan (indoor). Sedangkan penggunaannya di luar ruangan (outdoor) harus dilengkapi dengan kotak penutup anti air untuk mengantisipasi terkena air hujan. Selain itu, booster berada tidak jauh dari sumber tenaga listrik AC mapun DC.

Membuat sendiri alat penguat sinyal wi-fi sangat mudah dan ekonomis karena terbuat dari bahan-bahan bekas yang sering ditemui disekitar kita. Bahan yang disiapkan adalah kaleng minuman bekas yang akan diajadikan sebagai antena. Sedangkan alat yang akan digunakan untuk membentuk kaleng bekas tadi ialah gunting, pisau (cutter), dan kertas perekat dua sisi (double tape).

Langkah awal dimulai dengan pengerjaan kaleng minuman yang telah kosong, dicuci hingga bersih dan dikeringkan. Bagian pengait buka pada kaleng dilepaskan menggunakan cutter. Bagian bawah kaleng dipotong semua dan bagian atas kaleng disisakan sekitar 2 cm didekat lubang.

Selanjutnya kaleng dipotong secara memanjang menggunakan gunting. Kaleng yang sudah terbelah, diputar sehingga bagian atasnya berada dibawah dan sebaliknya. Bagian bawah kaleng diberi double tape untuk merekatkan ke router. Langkah terakhir ialah memasang penguat sinyalwifi tadi dengan cara menyelipkan ke antena router melalui lubang kaleng bekas.

Aplikasi Pemotong Sinyal Wi-fi

Sinyal wi-fi yang terpasang di area publik ibarat gula bagi semut yang menjadi primadona bagi siapapun penggila internet. Tidak hanya sebatas kemudahan yang ditawarkan tetapi lebih kepada kemurahan alias gratis dalam akses internet. Hal ini pun membawa konsekuensi tersendiri, dimana sinyal wi-fi menjadi rebutan bagi penikmat internet yang berada didalam jaringan wi-fi.

Demi meraih jatah bandwith sebanyak-banyaknya, pengunjung hotspot tidak ragu untuk menggunakan berbagai cara. Salah satu aplikasi yang sangat umum dikenal dan dipasang didalam komputer untuk memotong koneksi internet ialah NetCut. Netcut adalah aplikasi gratis yang sebetulnya berfungsi untuk melihat MAC Address dan IP address dari semua perangkat komputer yang masuk kedalam sebuah jaringan.

Pada kenyataannya, NetCut banyak disalahgunakan untuk meraih keuntungan sendiri. Mematikan koneksi internet pengguna lainnya memperbesar jatah bandwith terkumpul pada satu pengguna. Semakin sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali pengguna fasilitas wi-fi berpengaruh pada kecepatan koneksi internet.

Kinerja NetCut tidak hanya sebatas memotong koneksi internet dalam suatu jaringan. Bagi siapapun yang kesulitan meraih sinyal wi-fi di area hotspot dapat diatasi dengan metode cloning MAC Address memanfaatkan jasa NetCut.

Kebanyakan wireless network area menggunakan metode autentifikasi berbasis MAC Address. Sebuah sistem yang menandai semua perangkat komputer dengan kode unik yang berbeda satu sama lain. Bagi komputer yang memakai MAC Address yang terdaftar dapat menggunakan fasilitaswireless network.

Langkah pertama, pengguna internet harus mengunduh NetCut dan memasangnya di perangkat komputer. Selanjutnya, menjalankan aplikasi NetCut sehingga diketahui MAC Address yng terhubung dengan komputer Anda. Kemudian, sambungkan ke jaringan tanpa kabel. Pada tampilan antarmuka NetCut terdapat menu Choice NetCard dan pilih LAN Card/NIC.

Sekarang kita tinggal memilih salah satu dari beberapa jaringan yang terhubung dengan komputer kita asalkan bukan jaringan kita sendiri atau jaringan server. Segeralah mencatat IP Address dan MAC address yang dipilih menggunakan Notepad ++ dan diedit. Proses editing MAC Adress dilakkan dengan menghilangkan titik dua atau (semicolon) pada MAC Adress.

Hasil editan MAC Address tadi digunakan untuk mengubah MAC Address kita sendiri. Selanjutnya, matikan koneksi internet dan masuk kedalam kotak dialog wireless, pilih properties kemudian ubah nilai pada Local Administration MAC Network yang masih kosong. Isikan MAC Address pada Local Administratio MAC Netowrk.

Selanjutnya adalah memeriksa DNS Server sebelum mengubah MAC Address dan IP Address yang baru menggunakan command prompt. Lakukan penyetelan IP Address Anda dengan IP yang terkoneksi dengan MAC yang sudah tercatat sebelumnya. Jangan lupa juga mengisi DNS server address. Terkahir, aktifkan kembali wireless LAN.

Melindungi Sinyal Wi-fi dengan Anti NetCut

Para pengguna internet yang berada di area Hotspot tidak perlu khawatir dan merasa terancam dengan pengguna internet yang menggunakan NetCut. Saat ini, sudah ada aplikasi yang berfungsi menangkal serangan NetCut yaitu Anti NetCut. Aplikasi ini mudah diperoleh dari banyak sekali sumber yang  ada di internet dan dapat diunduh secara cuma-cuma.

Anti NetCut bekerja dalam sistem layar (system tray icon) dan akan memunculkan tanda berwarna merah saat mengalami serangan NetCut dan berwarna hijau jika jaringan aman. Aplikasi ini memiliki tampilan muka yang mudah dipahami (user friendly). Contohnya fitur Who Try to Cut Me yang berfungsi untuk mengetahui pelaku serangan atau mencoba melakukan pemutusan jaringan yang dideteksi berdasarkan IP Address-nya.

Anti NetCut bekerja memantau kondisi jaringan dimana dapat diketahui siapa saja komputer yang berada didalamnya. Anti NetCut mampu menstabilkan jaringan tanpa kabel yang sering terputus karena koneksi jelek. Fungsi lainnya adalah melindungi koneksi internet pada jaringan dari serangan ARP Spoofing dan ARP Poisoning.

Karya Seni dari Sinyal Wi-fi

Jaringan sinyal wi-fi tidak hanya bermanfaat bagi para pengguna gadget untuk mengakses informasi lewat internet. Sebuah karya seni unik dan berbeda dapat diciptakan dari keberadaan sinyal wi-fi yang sudah beredar di sekitar kita. Seorang desainer dan visual artist menggunakan konsep seni fotografi cahaya (light photography) menjadi inovator pemanfaatan sinyal wi-fi yang tidak kasat mata menjadi sebuah tampilan menakjubkan bagi panca indra mata yang ingin menikmatinya.

Sebuah percobaan dilakukan di Kota Oslo, Norwegia, dengan menggunakan peralatan yang disebut I-Beam. Beberapa lampu yang disusun menjadi sebuah tongkat yang dapat menyala saat terkena sinyal wi-fi. Cahaya yang terpancar dari tongkat I-Beam ditangkap oleh kamera yang diatur menjadi long exposure time.

Karya seni ciptaan Timo Arnall seakan menyadarkan bahwa kita hidup di lingkungan yang dipenuhi dengan adanya gelombang dan sinyal. Bagi siapapun yang jeli dapat memanfaatkan sinyal wifi untuk mengubah jalan hidup bahkan peruntungannya.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

aplikasi penguat sinyal wifi s60v3 (22),cara menangkap sinyal wifi dengan parabola (1)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait