Bisnis Studio Foto, Tetap Potensial dan Menjanjikan

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Bisnis Studio Foto

Bisnis Studio Foto

Membuka studio foto masih sangat menjanjikan di beberapa daerah tertentu. Bahkan tak menutup kemungkinan juga berlaku di kota besar. Hal yang penting dalam mendirikannya adalah Anda berani mendobrak pasar dan melakukan berbagai inovasi yang membuat studio Anda layak dikunjungi dan dijadikan rujukan utama. Banyak yang tidak menyangka bahwa berbisnis dengan membuka studio foto masih sangat menjanjikan di era serba-digital ini.

Kemajuan pesat di dunia teknologi telah membuat gaya hidup semakin instan dan mudah. Kalau dulu untuk berfoto kita harus menyediakan kamera terlebih dahulu, maka saat ini, hanya dengan sebuah ponsel berfitur kamera, seseorang sudah bisa berfoto di mana pun mereka suka. Selain itu, murahnya ponsel berkamera rupanya juga telah membuat tren pemakaian ponsel berkamera meningkat pesat. Baik remaja, dewasa, atau anak-anak sudah sangat lihai menggunakannya.

Namun, siapa sangka ternyata membuka studio foto di era kamera digital ternyata masih sangat menjanjikan dan memberi keuntungan yang tidak sedikit. Apalagi, jika studio tersebut dilengkapi dengan berbagai pilihan background yang membuat tampilan klien sedikit berbeda.

Konsumen Studio Foto

Konsumen bisnis studio foto juga sangatlah luas, bahkan mencakup semua orang, mulai dari sekolah, instansi, individu, remaja, ataupun keluarga besar. Tidak menutup kemungkinan, event-event penting yang diselenggarakan juga turut mengundang Anda untuk mengabadikannya secara profesional, seperti acara ulang tahun, pernikahan, atau acara keluarga lainnya.

Seiring perkembangan zaman, minat terhadap foto prewedding demikian tinggi. Oleh karena itu, peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Misalnya, dengan melengkapi studio Anda dengan aneka background yang unik dan indah serta cocok untuk foto prewedding. Begitu juga berbagai acara penting di instansi -instansi seperti acara wisuda, acara kenaikan kelas, dan karnaval. Semakin Anda jeli mencari celah untuk mendapatkan konsumen, Anda akan semakin mudah menggaetnya.

Info Bisnis Studio Foto

Untuk langkah awal, Anda dapat memulainya dengan mencari lokasi yang strategis agar konsumen mudah menemukan studio foto Anda. Selain itu, luasnya tempat juga perlu Anda pikirkan untuk pengembangan usaha ke depan. Dengan tempat yang cukup luas, maka beberapa setting untuk lokasi berbeda, guna keperluan pemotretan yang berbeda, juga bisa dilakukan.

Ada konsumen yang datang dan ingin berfoto untuk keperluan ijazah sehingga akan berfoto setengah badan. Ada juga yang ingin berfoto seluruh badan untuk melengkapi dokumentasi tertentu. Ada juga yang berfoto untuk keperluan prewedding, foto keluarga, foto anak-anak, dan lain sebagainya. Jadi, memiliki tempat yang luas akan membantu Anda memenuhi permintaan konsumen.

Beberapa hal lainnya yang juga perlu Anda persiapkan adalah camera digital beresolusi tinggi, komputer, lighting, interior pendukung studio dan background, laptop atau komputer, juga furniture untuk kebutuhan studio foto Anda. Berikut akan dijabarkan secara rinci persiapan yang perlu Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan studio foto.

1. Pilihlah kamera dengan resolusi tinggi dan memang dikhususkan untuk dunia fotografi. Pemilihan kamera harus Anda lakukan secara selektif dan sedetail mungkin, karena akan mempengaruhi hasil bidikan. Jangan ragu untuk menginvestasikan dana Anda cukup besar dalam pemilihan kamera ini. Gambar yang bagus akan membuat konsumen Anda merasa puas, dan mereka tidak segan kembali mendatangi studio Anda di lain waktu.

2. Mengembangkan skill Anda di dunia fotografi adalah hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Kemampuan Anda ini akan sangat mendukung seluruh kegiatan bisnis studio foto Anda tersebut. Anda akan menghasilkan jepretan yang bagus jika mempunyai kemampuan artistik yang mumpuni. Selain itu, kenalilah dengan baik bagian-bagian kamera, seperti lensa, kamera, lampu, dan software lainnya sebagai pendukung. Jangan lupa untuk mempelajari sisi artistik dari seni fotografi.

3. Untuk meyakinkan konsumen, buatlah portofolio dari karya Anda. Misalnya, Anda bisa memajang karya-karya terbaik Anda di studio. Jadikanlah karya tersebut sebagai ajang promosi yang terbaik bagi Anda. Anda bisa juga mengkategorikan karya Anda, misalnya pemotretan fashion, sosial budaya, dan lain-lain. Sesuaikan dengan segmentasi pasar yang akan Anda bidik.

4. Ikutilah berbagai workshop dan pelatihan fotografi. Dengan skill yang semakin meningkat, tentu saja Anda akan mendapatkan jam terbang tinggi dan kemampuan yang kian mumpuni dalam membidikkan lensa kamera Anda.

5. Untuk menyiasati kurangnya modal, Anda dapat menjalin kerja sama secara profesional dengan studio foto yang lebih besar. Anda juga dapat menyewa berbagai perlengkapan sehingga memudahkan Anda dalam memulai usaha ini.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Studio Foto

Sebenarnya, bisnis ini tidak akan lekang oleh zaman asalkan Anda selalu mengikuti tren yang ada. Apalagi, saat ini sedang gencar tren foto prewedding. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis studio ini. Selain itu, tren anak muda yang senang bergaya dan mengoleksi banyak foto, bisa juga dijadikan sebagai sasaran bisnis.

Untuk membidik pangsa pasar dewasa, Anda dapat menyajikan foto keluarga dengan segala keunikannya. Perlakukan klien Anda secara selektif dan personal, layaknya seorang sahabat, sehingga mereka akan menikmati setiap detiknya saat berada di studio Anda.

Salah satu kekurangan bisnis ini adalah kompetitor yang cukup besar sehingga persaingan di dalamnya cukup tinggi. Namun, jika Anda memiliki daya saing yang tinggi juga, bukan tidak mungkin Andalah pemenang dalam persaingan bisnis ini. Selain itu, diperlukan kesiapan mental yang prima sehingga Anda akan mendapatkan banyak energi pada saat mengembangkan usaha ini.

Strategi Pemasaran Bisnis Studio Foto

Agar Anda dapat menikmati hasil bisnis ini secara optimal, maka diperlukan strategi pemasaran yang cukup tepat untuk mengembangkannya. Salah satunya adalah dengan memasang neon box yang cukup terang di depan studio sehingga orang yang kebetulan lewat akan tahu keberadaan dari studio Anda.

Selain itu, Anda dapat juga memasang bermacam-macam baligo untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada masyarakat. Agar lebih tepat sasaran lagi, gunakan saja pamflet dengan bermacam spesifikasi  paket-paket pemotretan yang Anda tawarkan. Gunakanlah pula berbagai event untuk memperkenalkan usaha Anda ini kepada masyarakat.

Kunci Sukses Bisnis Studio Foto

Untuk sukses di bidang ini, dibutuhkan kejelian dan ketelitian yang tinggi. Juga tak kalah pentingnya adalah pelayanan yang ramah dan menyenangkan kepada setiap konsumen yang datang. Selain itu inovasi Anda terhadap beragam gaya pemotretan dan penguasaan artistik juga turut menyumbang faktor keberhasilan di dalam mengembangkan bisnis ini.

Tawarkan pula beragam paket komersial yang sekiranya disukai pasar dan bandrollah dengan harga yang bersaing dengan kompetitor Anda. Semakin berani menawarkan harga yang tepat, Anda akan mendapatkan konsumen yang loyal terhadap usaha jasa Anda ini. Untuk paket-paket komersial yang akan Anda tawarkan, bisa berupa paket wisuda, paket prewedding, paket wedding, paket ulang tahun, atau paket suka-suka, yang sekiranya dapat menarik perhatian konsumen.

Bangunlah personal branding studio foto Anda dengan mengikuti berbagai ajang festival. Dengan cara ini, tentunya Anda akan mendapat banyak relasi bisnis dan bisa bertukar pengalaman dalam membesarkan bisnis ini. Selain itu, mengikutsertakan karya Anda di berbagai festival dan pameran merupakan cara jitu untuk mempromosikan usaha Anda ini. Bangunlah brand yang mengesankan untuk studio foto Anda, sehingga konsumen tidak akan kapok untuk datang dan menggunakan jasa Anda.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait