Tips dan Trik Mempercepat Firefox

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Tips dan Trik Mempercepat Firefox

Tips dan Trik Mempercepat Firefox

Mempercepat firefox – Setiap harinya, internet membuat keajaiban dan perubahan dalam hidup. Ketikkan satu huruf atau satu kata melalui mesin pencari (search engine) apa pun yang ada di komputer, hanya dalam hitungan detik internet akan menampilkan berbagai situs yang mengacu pada kata yang diketikkan pada mesin pencari. Entah itu berhubungan atau tidak.

Bagaimana tidak ajaib, hanya dengan satu kali Enter, Anda dapat menemukan berbagai pengetahuan yang mungkin apabila dimasukkan dalam cakram keras akan memerlukan ratusan bahkan mungkin ribuan cakram keras.

Anda kenal dengan Google, Yahoo, MSN, Internet Explorer, Safari, Chrome, atau Mozilla Firefox? Semuanya adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh para interneter (pemakai internet) untuk mencari berbagai hal di dunia maya. Sebagian besar mesin pencari diciptakan dan dikelola oleh pihak swasta. Satu mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah Mozilla Firefox.

Sekelumit Proyek Mozilla

Proyek Mozilla diciptakan pada 1998 dengan peluncuran Netscape browser suite source code yang dimaksudkan untuk memanfaatkan kekuatan kreatif ribuan programer di Internet dan menyulut tingkat inovasi pada pasar browser yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun pertamanya, anggota komunitas baru dari seluruh dunia telah memberikan kontribusinya akan fungsi baru, meningkatkan fitur-fitur yang ada dan terlibat dalam pengelolaan dan perencanaan proyek itu sendiri.

Dengan menciptakan komunitas terbuka, proyek Mozilla menjadi lebih besar dibandingkan dengan satu perusahaan. Keterlibatan semua anggota komunitas telah melebarkan ruang lingkup proyek dari misi awalnya, bukan hanya bekerja pada browser Netscape selanjutnya, para anggotanya mulai menciptakan berbagai browser, membangun perangkat-perangkat dan berbagai proyek lainnya.

Orang-orang berkontribusi melalui Mozilla dalam berbagai cara, tetapi setiap orang sangat berhasrat untuk menciptakan sebuah perangkat lunak gratis yang memungkinkan orang-orang memiliki pilihan dalam cara mereka merasakan pengalaman berinternet.

Setelah beberapa tahun pengembangan, Mozilla 1.0, versi besar pertama diluncurkan pada 2002. Versi ini menampilkan banyak perubahan pada browser, email client dan aplikasi lain, tetapi tidak banyak orang yang menggunakannya. Pada 2002, lebih dari 90% pengguna internet menggunakan Internet Explorer.

Tidak banyak orang yang memperhatikan kehadiran Mozilla versi pertama ini, tetapi versi pertama Phoenix (kemudian berganti nama menjadi Mozilla) juga diluncurkan oleh anggota komunitas Mozilla tahun tersebut dengan tujuan untuk menyediakan pengalaman browsing terbaik bagi orang-orang.

Pada 2003, proyek Mozilla menciptakan Yayasan Mozilla, sebuah organisasi nirlaba independen yang didukung oleh donatur individu dan berbagai perusahaan. Yayasan Mozilla yang baru ini melanjutkan peran mengelola berbagai operasi harian proyek dan juga secara resmi mengambil peran untuk mempromosikan keterbukaan, penemuan, dan keuntungan di internet.

Mereka melakukan ini dengan melanjutkan merilis perangkat lunak, seperti Firefox dan Thunderbird, dan memperluas ke wilayah baru, seperti menyediakan hibah untuk mendukung peningkatan aksesibiltas pada web.

Firefox 1.0 dirilis pada 2004 dan sukses besar. Dalam waktu kurang dari setahun, Firefox telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Versi baru dari Firefox ke luar secara teratur dan tetap membuat rekor baru. Popularitas Firefox telah membawa pilihan lain ke pengguna. Pada 2008, Firefox mencapai 20% pangsa pasar di seluruh dunia. Mozilla merayakan ulang tahun ke 10 pada 2008.

8 Hack untuk Mempercepat Firefox

Hack ini ditujukan untuk mempercepat Firefox Anda hanya dalam lima menit. Firefox telah mengalahkan Internet Explorer di berbagai penjuru dunia selama bertahun-tahun, dan Firefox versi 3 lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya. Tetapi dengan pengaturan tweak yang tepat, Anda masih bisa mempercepat Firefox lebih cepat, lebih dari dua kali kecepatan Firefox Anda dalam beberapa situasi.

Mempercepat Firefox bisa dilakukan hanya dengan kerja lima menit dan Anda tidak perlu mengeluakan biaya sepeser pun untuk melakukannya. Berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan untuk mempercepat Firefox Anda

1. Aktifkan Pipelining

Browser biasanya sangat sopan, mengirimkan permintaan ke server kemudian menunggu respon sebelum melanjutkan. Pipelining adalah sebuah teknik paling agresif yang memungkinkan pipelining mengirimkan beberapa permintaan sebelum respon diterima, terkadang mengurangi waktu unduh halaman.

Untuk mengaktifkannya, ketikkan about:config pada pada address bar. Klik dua kali network.http.pipelining dan network.http.proxy.pipelining atur nilainya menjadi true, kemudian klik dua kali network.http.pipelining.maxrequests dan set nilainya menjadi 8.

Perlu diingat bahwa beberapa server tidak mendukung pipelining. Jika Anda secara teratur banyak melakukan tweak ini, tweak akan mengurangi kinerja. Set kembali network.http.pipelining dan network.http.proxy.pipelining atur nilainya menjadi false lagi jika Anda menemukan masalah.

2. Render Cepat

Halaman web yang besar dan kompleks akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi secara default akan ditampilkan yang diterima setiap 0,12 detik. Ketik about:config dan tekan [Enter], kemudian klik kanan (bagi pengguna Apple menggunakan ctrl-klik) di sembarang tempat di layar dan pilih New > Integer.

Ketik content.notify.interval sebagai nama referensi anda, klik OK, masukkan 500000 (itu lima ratus ribu bukan lima puluh ribu) dan klik OK lagi. Klik kanan lagi di layar dan pilih New > Boolean. Kali ini dibuat sebuah nilai yang disebut content.notify.ontimer dan set ke true untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Loading Lebih Cepat

Jika Anda belum menggerakkan tetikus Anda atau menyentuh keyboard dalam 0,75 detika (ambang batas peralihan konten) kemudian Firefox akan memasuki mode penyelas berfrekuensi rendah, yang berarti bahwa kemampuan interface menjadi kurang responsif tetapi halaman Anda akan akan muncul lebih cepat.

Pengurangan ambang batas peralihan konten bisa meningkatkan kinerja, dan hanya membutuhkan waktu sesaat. Ketik about:config dan tekan [Enter], klik-kanan pada layar dan pilih New > Integer. Ketik content.switch.threshold. klik OK, masukkan 250000 (seperempat detik) dan klik OK untuk berakhir.

4. Tidak Ada Interupsi

Anda bisa mengambil langkah terakhir lebih jauh dengan memberitahukan Firefox untuk mengabaikan user interface events sampai halaman tertentu telah diunduh. Ini sedikit drastis karena Firefox bisa tetap responsif selama beberapa waktu, tetapi cobalah ini dan lihat apakah cara ini bekerja untuk Anda.Ketik about:config, teken [Enter], klik kanan di layar dan pilih New > Boolean. Ketik content.interrupt.parsing, klik OK, set nilai menjadi false dan klik OK.

5. Blokir Flash

Animasi Flash mengganggu di mana-mana, muncul pada saat Anda ingin membaca konten dan memperlambat browsing Anda. Untungnya ada solusi yang sangat mudah. Instal ekstensi Flashblock (flashblock.mozdev.prg) dan ektensi akan memblokir semua applet Flash dari loading sehingga halaman web akan ditampilkan lebih cepat. Dan jika Anda menemukan beberapa konten Flash yang tidak berguna, Anda hanya tinggal klik placeholder untuk mengunduh dan melihat aplet seperti biasa.

6. Tingkatkan Ukuran Cache

Saat Anda menelusuri web, Firefox akan menyimpan gambar dan script alam cache memori lokal, di mana kita bisa dengan cepat mengambil jika Anda mengunjungi halaman yang sama. Jika Anda memiliki banyak RAM (2GB atau lebih), biarkan Firefok berjalan sepanjang waktu dan secara teratur kembali ke halaman kemudian Anda bisa meningkatkan kinerjanya melalui penambahan ukuran cache ini.

Ketik about:config, dan tekan [Enter], kemudian klik kanan di sembarang layar dan pilih New > Integer. Ketik browser.cache.memory.capacity. klik OK, masukkan 65536 dan klik OK, kemudian restart browser Anda untuk mendapatkan cache baru yang lebih besar.

7. Aktifkan Trace Monkey

TraceMonkey adalah fitur baru Firefox yang mengubah javascript lambat menjadi super-speedy kode x86 sehingga memungkinkan untuk menjalankan beberapa fungsi lebih cepat 20 kali dibandingkan versi saat ini. Ini masih bersifat bug sehingga tidak tersedia dalam unduhan Firefox biasa, tetapi jika Anda berani menanggung risiko crash ada cara untuk mencobanya.Instal versi terakhir (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/), luncurkan, ketik about:config pada address bas dan tekan Enter.

Ketik JIT pada kotak filter, kemudian klik ganda javascript.options.jit.chrome dan javascript.options.jit.content untuk mengubah nilainya menjadi true, dan jadilah. Anda akan merasakan mesin javascript Firefox tercepat.

8. Kompres Data

Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, Anda mungkin merasakan Anda tidak akan pernah mendapatkan Firefox dengan benar, tetapi sesungguhnya anggapan ini tidak benar. Instal toonel.net (toonel.net) dan aplet Java pinta ini akan mengatur ulang lalu lintas web Anda melalui servernya sendiri, mengompresna pada saat bersamaan, jadi ada waktu sedikit untuk mengunduh.

Dan toonel.net bahkan bisa juga mengompres JPEG dengan memungkinkan Anda untuk mengurangi kualitasnya. Ini semua bisa membantu memotong tranfer data Anda, sangat berguna jika Anda memiliki akun terbatas 1 GB per bulan, dan bisa meningkatkan kinerja penelurusan Anda dua kali lipat.

Trik tersebut bisa Anda lakukan untuk mempercepat Firefox walaupun pada dasarnya Firefox diakui sebagai peramban yang paling cepat saat ini. Tetapi, bagi Anda yang kurang puas dengan kecepatan Firefox, kedelapan langkah mempercepat Firefox tadi bisa digunakan. Berhati-hatilah dalam melakukan langkah-langkah mempercepat Firefox, kalau tidak ingin Firefox Anda crash.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait