MP4 Player yang Mengagumkan

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

MP4 Player

MP4 Player yang Mengagumkan

MP4 Player atau pemutar MP4 adalah sebuah media yang bisa memutar musik maupun video yang populer. Pada awal kelahirannya, banyak orang yang tergila-gila pada perangkat ini agar dapat memutar musik maupun video di mana saja dan kapan saja. Perangkat ini adalah penerus dari generasi MP3 Player yang hanya mampu memutar musik dalam format mp3.

Namun, pada awal kebangkitan perangkat musik ini, nama itu sebenarnya kurang tepat diberikan kepada perangkat portable tersebut karena tidak dapat memutar data dengan format mp4.  Justru fungsinya tidak jauh berbeda dengan MP3 Player; hanya dapat memutar musik dalam format mp3(en.wikipedia.com). Sungguh ironis bukan? Namun, seiring berjalannya waktu, MP4 Player berubah menjadi perangkat portable yang dapat memutar data dengan berbagai format.

  • Mengenal Format MP4

MP4 adalah sebuah singkatan dari format MPEG-4 Part 14. Format ini merupakan sebuah standar yang menggunakan spesifikasi MPEG-4. MPEG sendiri adalah sebuah format yang bertugas untuk mengkompres algoritma gambar bergerak. Kemudian, MPEG dibagi dalam beberapa tingkatan sesuai dengan kualitas dan spesifikasinya masing-masing.

MP4 adalah format yang telah menyesuaikan diri pada video maupun audio. Oleh karenanya, MP4 dapat memutar suara saja, video saja, atau bahkan keduanya. Bukan hanya itu, MP4 sendiri juga memiliki fitur untuk dapat melakukan streaming di internet.

MP4 merupakan format bawaan aplikasi pemutar media Quicktime pada sistem operasi Mac. Pada tahun 2001, Quicktime memperkenalkan format MP4 kepada khalayak umum sebagai format yang multifungsi. Sejak saat itu, MP4 menjadi format yang cukup umum di kalangan masyarakat di samping format-format lainnya, seperti MP3, AVI, MPG, MOV, dan WMV.

  • MP4 Player yang Mengagumkan

MP4 Player merupakan sebuah perangkat yang lua rbiasa, sebab, selain bentuknya yang imut pada umumnya, MP4 Player ini juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya selain digunakan untuk mendengarkan musik. MP4 Player pertama yang dipublikasikan kepada masyarakat adalah Archos Jukebox Multimedia.

Jika Dibandingkan dengan MP3 Player, MP4 Player Memiliki Beberapa kelebihan, Diantaranya Adalah:

  • MP4 Player dianggap lebih menakjubkan dibandingkan pemutar MP3, sebab memiliki beberapa fitur seperti radio streaming, browser internet, perekam suara, hingga aplikasi e-mail.
  • Dari segi kapasitas, perangkat MP4 dapat menampung hingga 60 GB. Hal ini berbeda dengan perangkat MP3 pada umumnya yang hanya sanggup menampung hingga 16 GB. Sebab, jika kita melihat spesifikasi MP4 itu sendiri, kualitas yang ditawarkan jauh lebih baik dibandingkan MP3. Selain dapat memutar data audio, MP4 juga mampu menangani data video.
  • Sebagai perangkat musik, MP4 player juga menyediakan equalizer dengan spesifikasi genre musik itu sendiri; mulai dari musik pop, rock, jazz, klasik, bahkan reggae. Hal tersebut tidak didapatkan pada MP3 Player pada umumnya yang hanya mampu memutar data audio tanpa bisa mengatur frekuensi suara yang kita kehendaki.
  • MP4 Player juga mendukung format lainnya, seperti MP3, ASF, WMV, WMA, bahkan AVI dan MPG. Sementara MP3 Player tidak sanggup menangani format sebanyak itu, apalagi yang menangani data visual(disadur dari funkycoverz.com.au).
  • MP4 Player juga memiliki kelebihan khusus pada video, yakni ukuran video yang besar dapat dikompres menjadi sangat kecil. Video dapat disimpan dalam perangkat yang tidak memiliki kapasitas besar. Untuk beberapa orang yang hanya menghendaki hiburan tanpa memperhatikan kualitas, hal ini sangat berharga mengingat kualitas video yang bagus biasanya memakan memori yang begitu besar. Belum lagi berbicara masalah kompatibilitas terhadap perangkat yang memutar data tersebut. Apabila kualitas data tidak cocok dengan perangkat(karena terlalu bagus),perangkat tidak akan mampu memutar data tersebut.

MP4 Player adalah alat yang praktis. Banyak orang lebih menyukai bentuknya yang tetap imut, ringan, namun tidak mengesampingkan kualitas antarmuka yang dapat mempermudah penggunanya untuk mengakses data audio maupun data video. Hal tersebut merupakan ciri khas perangkat ini. Yaitu dapat dibawa ke manapun dan dalam keadaan apapun.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang. Tentu kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh perangkat MP4 juga harus berkembang.  Buktinya saja perangkat ini sudah dapat mengunduh data audio maupun video secara praktis tanpa harus mengunjungi warnet dengan kecepatan akses yang signifikan.

Bahkan, beberapa perusahaan perangkat MP4 juga mulai bekerjasama dengan perusahaan modem dan provider internet untuk menjadikannya sebagai perangkat yang multifungsi; bukan hanya untuk memutar audio dan video, namun juga untuk menjelajahi dunia maya. Hal tersebut menjadi satu kemajuan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Semakin hari perangkat MP4 ini akan semakin menambah fiturnya. Hal itu dilakukan agar pemutar ini digemari oleh banyak orang. Besar kemungkinan, perangkat ini di masa yang akan datang bukan hanya sekedar menjadi perangkat tambahan, namun juga menjadi perangkat yang dibutuhkan oleh semua orang.

Pada hari ini, masyarakat telah mampu mengakses berita, ramalan cuaca, dan informasi musik terkini hanya dengan berbekal perangkat MP4 saja. Hal ini tidak menutup kemungkinan perangkat tersebut akan berubah menjadi sebuah perangkat yang menyaingi keberadaan notebook dan laptop. Bukan hanya itu, bentuknya yang kecil dan praktis menyebabkan masyarakat lebih menggemari perangkat ini daripada membawa-bawa laptop atau notebook untuk memutar data audio maupun video.

Namun, perangkat tersebut juga memiliki kekurangan. Bagaimanapun, Perangkat MP4 adalah sebuah perangkat yang dibuat oleh tangan manusia yang tidak sempurna. Ketidaksempurnaan manusia tersebut tentu akan menghasilkan sesuatu yang tidak sempurna pula, meskipun tidak tampak. Diantara kekurangan itu adalah:

  • MP4 adalah format yang mengkompres ukuran suara dan gambar yang begitu besar menjadi sangat ramping, sehingga kualitas yang dihasilkan oleh MP4 juga tidak terlalu bagus. Pada video misalnya, MP4 akan mengkompresnya ‘tanpa ampun’, sehingga gambar menjadi pecah, banyak semut, dan buram. Begitupun yang terjadi pada suara; suara akan terdengar tidak jelas, terlalu sayup, atau bahkan terlalu besar. Bahkan hasil pengkompresan audio dan video dari MP4 seringkali tidak menyatu; gambar telah berjalan dua detik, sementara suara masih berjalan satu detik.
  • Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh perangkat MP4 ini  adalah soal lisensi. Fitur browsing dan unduh yang ditawarkan oleh pemutar MP4 masa kini telah menjadi buah bibir yang kurang menyenangkan bagi beberapa perusahaan label musik maupun perusahaan distributor film. Sebab, para pengguna alat pemutar ini dapat mengunduh data video maupun audio dengan mudah dan tanpa batas. Belum lagi jika harus berbicara soal kecepatan akses yang ditawarkan oleh perangkat MP4 masa kini.
  • Provider internet yang memadai dapat menawarkan kecepatan yang signifikan bagi pengguna perangkat ini untuk mengunduh data-data audio dan video secara bebas, sehingga hal ini akan menimbulkan kerugian bagi pihak label musik maupun distributor film.
  • Perangkat MP4 yang bekerjasama dengan perusahaan modem juga memiliki kekurangan yang tak kalah penting. Modem adalah salah satu perangkat yang memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat menjadi radiasi bagi para penggunanya. Sebelumnya, telah terdapat beberapa penelitian mengenai dampak modem terhadap penggunanya, diantara dampak negatifnya adalah menimbulkan potensi leukemia dan kegagalan fungsi otak.
  • Jika modem yang hanya dipasang pada komputer atau laptop dapat menyebabkan beberapa kerusakan pada fungsi organ manusia, bagaimana pendapat anda jika modem itu menjadi perangkat yang dipasang pada salah satu organ tubuh manusia? Tentu akan menimbulkan bahaya yang lebih besar daripada modem pada umumnya, sebab MP4 Player yang melekat pada organ tubuh kita, yakni telinga. Jika terlalu sering menggunakannya, dikhawatirkan akan terjadi efek-efek negatif yang tidak diinginkan.

Kesimpulannya, MP4 Player adalah sebuah perangkat yang menakjubkan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan tertentu, perangkat ini tetap menjadi sebuah perangkat yang membuat kita terkagum akan kecanggihannya. Video dan audio bisa dikemas dalam sebuah perangkat yang kecil dan praktis. Sungguh memang teknologi yang menakjubkan.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

download aplikasi pengeras suara jar (14),film buram 3gp (12),pemutar video untuk samsung gt c3322 (3),apk video player gt c3322 (2),cara memutar vidio mp4 di hp samsung c3322i (2),format video yang bisa di putar samsung gt-s3850 (1),format video hp samsung champ (1),memutar vidio di hape samsung gt-c3322i (1),putar mp4 di samsung gt c3322i (1),download mp4 player untuk samsung gt c3322i (1),Download app pemutar video mp4 untuk hp nokia asha 306 (1),download aplikasi pemutar video samsung c3322 (1),Download aplikasi Equalizer nokia asha 210 (1),cara hp samsuung c3322 mendowmload mp4 (1),atasi samsung c3322 tidak bisa putar mp3 (1),aplikasi pemutar video Samsung lakota (1),aplikasi pemutar video nokia 305 (1),vidio yang bisa di putar di samsung cemp (1)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait