Perkembangan Teknologi Masa Depan dalam Kehidupan

Teknologi Masa Depan
Perkembangan Teknologi Masa Depan

Teknologi masa depan identik dengan deretan robot dengan kemampuan luar biasa yang melebihi kekuatan dan kemampuan manusia. Teknologi memang diidentikkan dengan perkembangan mesin dan komputerisasi yang semakin memudahkan manusia dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan manusia, karena perkembangan teknologi menentukan perkembangan peradaban kelompok masyarakat tersebut. Tidak jarang jika orang-orang akan menilai suatu negara berdasarkan dengan perkembangan teknologinya, karena hanya negara-negara maju dengan pendapatan yang stabil yang mampu melakukan penelitian dan penemuan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi masa depan juga dapat kita lihat dari perkembangan gadjet yang kita miliki dan alat-alat pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Dahulu pos merupakan sarana komunikasi utama meskipun memakan waktu cukup banyak karena proses pengirimannya yang lama, namun kemudian komunikasi menjadi lebih lancar ketika kita mulai menggunakan telpon.

Sekarang ini komunikasi bisa dilakukan dengan perangkat internet yang memungkinkan seseorang tidak hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga mengirimkan data dan dokumen perusahaan. Karena perkembangan teknologi yang semakin pesat maka memungkinkan kita untuk mengganti tenaga manusia dengan alat-alat mesin, salah satunya berupa robot.

Penggunaan Teknologi Masa Depan pada Robot Humanoid

Humanoid berasal dari bahasa Yunani yang berarti seperti manusia. Robot humanoid jika dilihat lebih dekat memang mempunyai kesamaan fisik dengan manusia terutama pada bagian wajah dan bentuk tubuhnya.

Humanoid adalah salah satu tipe robot yang menggunakan teknologi masa depan yang belum dipasarkan secara luas. Humanoid memang sengaja dirancang khusus untuk menyerupai bentuk tubuh manusia dan bahkan beberapa di antara mereka dilengkapi dengan wajah seperti yang terdapat pada robot HRP-4C buatan CEATEC Jepang.

Humanoid termasuk kategori robot dengan applikasi teknologi masa depan, karena robot ini tidak hanya dilengkapi dengan sensor tetapi juga program-program lainnya. Di antaranya program voice sanitizer atau yang sering juga disebut dengan vocaloid.

Sensor-sensor yang diapplikasikan dalam robot humanoid ini antara lain propioceptive sensor dan exteroceptive sensor. Kedua sensor tersebut merupakan sensor standar yang biasa diapplikasikan dalam robot humanoid, propioceptive sensor berfungsi untuk merasakan posisi benda-benda yang ada disekitarnya

Sedangkan exteroceptive sensor biasanya dilengkapi dengan tactels, vision, dan microphone yang berfungsi untuk mengumpulkan data-data tentang benda-benda apa saja yang telah disentuh, untuk mengenali objek dan mendengar percakapan dan suara-suara di sekitarnya.

Perkembangan robot humanoid bisa dibilang cepat, teknologi yang dipergunakan juga semakin hari semakin canggih. Robot humanoid pertama yang menggunakan teknologi masa depan adalah robot ASHIMO, yang perkembangannya terus diperbarui setiap tahunnya. ASHIMO merupakan robot humanoid pertama yang memiliki kemampuan berjalan yang diperkenalkan oleh honda pada 2000.

ASHIMO dibuat dengan ukuran setinggi 130 cm dengan berat 54 kg. ASHIMO memiliki kemampuan untuk mengenali benda bergerak, postur, gertur, wajah, suara dan keadaan disekitarnya. Meski merupakan robot pertama yang memiliki kemampuan berjalan, bukan berarti tipe robot ASHIMO ini telah ketinggalan jaman karena pihak Honda sendiri secara terus menerus menambahkan sensor dan kemampuan dasar pada robot yang satu ini.

Pada 2011 Honda mencatat bahwa robot ASHIMO dengan tipe terbaru dapat berlari dengan kecepatan 9 km per jam, berbeda sekali dengan tipe pertamanya yang tidak mempunyai kemampuan berlari sama sekali.
Tipe robot humanoid berikutnya adalah tipe HRP-4C. HRP-4C merupakan salah satu tipe robot humanoid yang menggunakan teknologi masa depan

Robot ini mulai didemonstrasikan di depan publik pada 16 maret 2009 di Jepang. HRP-4c dibuat menyerupai robot wanita yang dilengkapi dengan wajah dan juga suara. Tidak hanya itu perkembangan terbaru dari HRP-4C memungkinkan robot untuk menirukan ekspressi manusia ketika sedang berbicara ataupun bernyanyi.

HRP-4C memiliki tinggi sekitar 158 Cm dengan berat 43 kg, robot ini tidak hanya berpostur mirip dengan manusia, namun dia juga dapat merespon pembicaraan dan perintah seperti layaknya manusia. Program vocal sanitizer atau vocaloid yang diapplikasikan ke dalam robot juga memungkinkan robot untuk benyanyi seperti manusia pada umumnya.

Selain HRP-4C terdapat tipe-tipe robot humandroid lainnya yang juga sama-sama menggunakan teknologi masa depan, seperti Actroid. Actroid merupakan robot tipe android yang juga menyerupai bentuk fisik manusia dengan tingkat visualisasi yang hampir sama dengan manusia.

Actroid ini pertama kali dibuat tahun 2003 di Universitas Osaka Jepang dan kemudian mulai dikembangkan menjadi beberapa tipe. Bentuk original dari robot tipe android ini adalah repliee Q1 yang kemudian dikembangkan lagi menjadi repliee R1.

Pada 2006 mulai dibentuk robot android tipe Actroid-DER2. Dan pada tahun 2011 Danish Lector memperkenalkan tipe actroid terbaru yang diberi nama Germinorid-DK.

Penggunaan Teknologi Masa Depan dalam Bidang Agrikultur

Perkembangan teknologi masa depan juga mau tidak mau akan merambah dunia pertanian atau agrikultur. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia tentu saja kita membutuhkan persediaan makanan yang lebih banyak.

Teknologi diperlukan untuk meningkatkan hasil pangan dengan penggunakan lahan yang lebih sedikit, atau memproduksi pangan lebih dari satu kali tiap tahunnya. Penggunaan teknologi dalam dunia agrikultur tidak semerta-merta berkaitan dengan penggunaan mesin atau robot dalam proses produksi pangan, teknologi lebih berfungsi sebagai suatu cara untuk meningkatkan baik kualitas dan kuantitas hasil pangan.

Masih ingatkah kita ketika Indonesia mampu melakukan swasembada pangan? Pada masa itu para petani berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil pertanian dengan kuantitas yang jauh lebih banyak dengan penggunaan pestisida secara besar-besaran.

Hal tersebut merupakan salah satu hasil negatif dari perkembangan teknologi dibidang pertanian. Memang benar jika produksi padi meningkat drastis sehingga Indonesia tidak lagi perlu mengekspor beras ke negara tetangga namun kualitas beras yang dihasilkan tidak cukup bagus untuk dikonsumsi oleh masyarakat karena penggunaan pestisida yang berlebihan dapat merugikan kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi beras dari hasil penggunaan pestisida berlebihan tersebut.

Perkembangan teknologi masa depan dibidang pertanian sekarang ini lebih mengarahkan kepada meminimalisasikan penggunaan pupuk dan mengusahakan pengolahan lahan secara organik. Pertanian organik mulai dilirik oleh para petani Indonesia karena harga jualnya yang lebih tinggi karna kualitasnya yang lebih baik. Meski pertanian organik tidak menghasilkan padi yang lebih banyak dibandingkan dengan pertanian yang menggunakan pesitisida.

Sekarang ini banyak penetili pertanian Indonesia yang berusaha mencarikan jalan untuk para petani organik agar memperoleh hasil yang lebih banyak dari sistem pertanian organik ini. Baik dengan jalan pengembangan pupuk organik, penyuluhan pertanian, dan program pembibitan yang maksimal.

Pihak-pihak universitas di Indonesia juga turut serta dalam meningkatkan perkembangan produksi pertanian para petani, seperti yang dilakukan oleh Universitas Andalas dalam program PTS (Padi Tanam Sebatang) yang mulai diperkenalkan di masyarakat sumbar.

Perkembangan teknologi masa depan tidak selamanya akan memudahkan kehidupan manusia. Ada kalanya manusia menderita akibat perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi nuklir adalah satu dari perkembangan teknologi lainnya yang dapat menimbulkan bencana jika saja tidak ditangani dengan seksama.

Masih ingat di benak kita bagaimana masyarakat Jepang sekarang ini harus berhati-hati dalam memilih makanan, tempat tinggal bahkan hasil laut untuk berjaga-jaga agar tidak mengkonsumsi makanan yang telah terkena radiasi nuklir.

Hal ini terjadi karena meledaknya reaktor pembangkit listrik nuklir mereka di Fukushima pada sebelas Maret 2011 lalu. Perkembangan teknologi nuklir juga bisa digunakan sebagai senjata tempur yang tentu saja membahayakan umat manusia. Teknologi masa depan akan bermanfaat apabila digunakan untuk kesejahteraan manusia, namun jika ternyata teknologi itu ternyata malah merugikan bukannya tidak mungkin teknologi tersebut akan menimbulkan bencana.

Energi Alternatif untuk Teknologi Masa Depan

Energi alternatif merupakan sumber energi yang didapat selain dari yang biasa didapat oleh orang-orang, seperti dari bahan bakar minyak. Sumber energi memerlukan teknologi masa depan yang berguna dalam jangka panjang. Bahan bakar minyak merupakan sebuah harta karun yang selalu diburu oleh negara-negara adidaya.

Lihat saja, banyak negara-negara Timur Tengah yang disambangi oleh negara-negara lain dengan alasan membantu keamanan di negara tersebut. Selama ini, banyak yang berpendapat bahwa pengembangan energi alternatif kurang mendapat tempat dikarenakan pengaruh negara-negara besar yang masih menginginkan minyak sebagai bahan bakar utama di dunia ini.

Energi Matahari untuk Teknologi Masa Depan

Teknologi masa depan membutuhkan energi yang ramah lingkungan. Salah satu energi yang dapat digunakan adalah energi matahari. Sebagai negara tropis dan dilalui garis khatulistiwa, Indonesia merupakan salah satu negara yang selalu mendapatkan paparan sinar matahari sepanjang tahunnya. Energi matahari tersebut sebenarnnya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan. Beberapa orang dan perusahaan mulai mengembangkan teknologi matahari ini di berbagai belahan dunia.

Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik. Para ilmuwan sebenarnya sudah menemukan alat untuk merubahnya, yaitu sel surya. Beberapa negara dan daerah di pedalaman Indonesia sudah menggunakan energi ini untuk kebutuhan listrik rumah tangganya. Sayangnya, harga sel surya masih lumayan mahal walaupun bisa digunakan dalam jangka panjang tanpa perlu membayar iuran perbulan seperti yang dilakukan sekarang melalui PLN.

Pemanfaatan energi matahari mula-mula dilakukan oleh A.C. Becquerel tahun 1839. Ia menggunakan kristal silicon untuk merubah radiasi matahari. Namun setelah itu, penemuan initidak banyak dikembangkan. Baru tahun 1958, pemanfaatan energi surya tersebut mulai dilirik, dan tenaga matahari dapat dimanfaatkan untuk teknologi masa depan sebagai sumber daya bagi satelit luar angkasa.

Selain memanfaatkan tenaga surya menjadi tenaga listrik, ada juga yang membuat kompor tenaga surya. Bahan bakar yang biasa digunakan untuk memasak sekarang ini adalah gas, dan sebelumnya adalah minyak tanah. Kompor tenaga surya merupakan alternatif cara memasak yang lebih ramah lingkungan dan aman karena meminimalkan resiko kebakaran.

Kekurangan dari kompor tenaga matahari ini memang karena membutuhkan sinar matahari langsung. Hal tersebut tentu menyulitkan pengguna yang ingin memanfaatkan pada waktu tidak ada sinar matahari.

Tenaga matahari sebenarnya telah dimanfaatkan sejak lama untuk kegiatan sehari-hari, baik oleh hewan, tumbuhan, ataupun manusia. Tumbuhan contohnya, mereka memanfaatkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis. Hewan juga membutuhkan sinar matahari untuk melihat dan menghangatkan tubuh. Manusia memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur pakaian, penerangan, dan sekarang untuk menghasilkan energi.

Energi matahari dapat kita nikmati sebebas-bebasnya dengan gratis, berbeda dengan sumber daya fosil yang berupa minyak tanah dan batu bara. Lama-kelamaan bahan bakar tersebut akan habis karena berasal dari fosil yang tertimbun jutaan tahun yang lalu. Bahan bakar minyak juga menimbulkan polusi udara. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan manusia juga. Selain itu, polusi udara juga lama kelamaan akan mengganggu  keadaan bumi secara keseluruhan, misalnya rusaknya ozon dan perubahan iklim.

Teknologi masa depan membutuhkan bahan bakar yang tidak hanya ramah lingkungan, namun juga efektif dan efisien. Saat ini, terus dilakukan penelitian tentang pengembangan tenaga sel surya yang efektif dan efisien. Matahari diciptakan untuk menerangi bumi, sudah saatnya kita mengambil manfaat lain yang lebih bermanfaat untuk bumi yang kita diami ini.

Menggunakan energi matahari untuk tekonogi masa depan adalah hal yang tepat. Matahari adalah bahan bakar gratis yang bisa dinikmati oleh semua orang jika mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Energi Angin untuk Teknologi Masa Depan

Selain tenaga surya, ada juga tenaga angin yang dapat dijadikan tenaga alternatif untuk teknologi masa depan. Saat ini, kincir-kincir angin banyak kita temui di Belanda. Negara tersebut merupakan salah satu negara yang berhasil memanfaatkan tenaga angin sebagai pembangkit listrik. Jika dilihat dari kapasitas tenaga angin yang terpasang, maka sepuluh negara dengan kapasitas tenaga angin terbesar adalah Jerman, Spanyol, AS, India, Denmark, Italia, Britania Raya, China, Belanda, dan Jepang.

Denmark merupakan negara yang paling banyak memproduksi turbin angin. Negara ini juga merupakan eksportir terbesar turbin angin, yaitu alat yang digunakan untuk memanfaatkan energi angin menjadi energi listrik.

Untuk menghasilkan listrik dari tenaga angin sebenarnya tidaklah sulit. Kita juga bisa melihat banyak referensi untuk membuat turbin angin. Cara kerja dari turbin angin tersebut adalah energi angin yang mengenai turbin akan memutar turbin angin.

Selanjutnya, perputaran turbin akan memutar rotor pada generator yang berada di bagian belakang turbin. Generator tersebut akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang diciptakan tersebut akan disimpan kedalam baterai, setelah itu baru bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Biaya yang harus dikeluarkan dengan menggunakan tenaga angin ini ternyata lebih rendah dibandingkan dengan tenaga lainnya. Penggunaan tenaga angin sangat cocok untuk teknologi masa depan yang bebas polusi dan murah.

Alam sudah memberikan kemudahan dengan segala sumber daya yang dimiliki salah satunya angin. Sebagai manusia yang merupakan makhluk berakal, tentu kita diwajibkan untuk menggunakan energi yang juga ramah kepada alam yang kita tempati salah satunya energi angin.

Angin, ya angin sering kita temui tiap hari. Tenaga yang ia hembuskan memang kadang lemah dan kadang juga kuat. Di beberapa daerah tertentu, angin menjadi sangat sering ditemui dengan tenaga yang lumayan kuat.

Saat ini, penggunaan tenaga angin memang masih sangat minim dibandingkan penggunaan tenaga lainnya. Hanya sekitar 1 persen saja listrik dunia yang dihasilkan melalui tenaga angin ini. Di Indonesia sendiri, tenaga angin masih tidak populer. Padahal jika dilihat dari keadaan alam Indonesia yang luas dan kepulauan, maka energi angin ini sebenarnya cocok diterapkan di Indonesia. Indonesia saat ini hanya memiliki beberapa unit turbin angin.

Pemerintah memang harus berani merubah kebiasaan penggunaan bahan bakar batu bara yang selama ini sering digunakan untuk pembangkit listrik. Keberanian mau berubah ke arah yang lebih baik memang diperlukan apalagi melihat batu bara memiliki dampak yang tidak baik bagi lingkungan. Pemanasan global yang saat ini terjadi salah satunya dsebabkan oleh bahan bakar batu bara.

Energi Air untuk Teknologi Masa Depan

Air merupakan kebutuhan manusia untuk hidup. Untuk makan dan minum, manusia membutuhkan air. Begitu juga dengan kegiatan sehari-hari, seperti mencuci, dan mandi. Ternyata, air juga dapat digunakan untuk menciptakan listrik. Beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air dapat kita temui di Indonesia.

Pemanfaat tenaga alam seperti air memang cukup ramah terhadap lingkungan dan tidak menimbulkan polusi seperti bahan bakar fosil. Tenaga yang kita dapatkan dari air biasanya didapat dari bendungan atau sungai yang dibendung. Saat ini, tenaga air sudah menyumbang 19% kebutuhan listrik di seluruh dunia. Di negara Amerika Utara yaitu Kanada, tenaga air merupakan penyumbang terbesar kebutuhan listrik mereka.

Selain bendungan, tenaga air ternyata juga bisa didapat di lautan. Gelombang pasang dan arus laut sedang diteliti untuk bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Teknologi masa depan yang ramah lingkungan dan murah memang sangat cocok dengan air yang selalu ada dengan adanya siklus air.

Pemanfaatan tenaga air sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan dengan peralatan besar dan canggih. Di Indonesia contohnya, warga desa bisa memanfaatkan air sungai sebagai listrik. Dengan turbin air yang sederhana, ternyata dapat juga dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa warga desa.

Pemerintah memanglah yang seharusnya memikirkan hal-hal seperti itu. Namun tak ada salahnya, warga juga punya inisiatif sendiri untuk membangun lingkungannya dengan teknologi masa depan yang tidak hanya canggih namun juga ramah lingkungan.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

cara mengaktifkan batas siaran tv parabola (102),not angka lagu seperti yang kau ingini (74),cara menghilangkan mengaktifkan batas pada parabola (70),Cara mengaktifkan batas (66),cara mengatasi mengaktifkan batas pada parabola (45),parabola mengaktifkan batas (44),cara mengaktifkan batas pada parabola (38),not angka lagu bukan dengan barang fana (38),mengatur tv yg mengaktifkan batas (32),Mnctv mengaktifkan batas (28),mengaktifkan batas di parabola (25),cara mengaktifkan batas mnctv (21),not pianika lagu seperti yang kau ingini (19),mengaktifkan batas parabola (18),cara mengaktifkan batas siaran tv (17),cara mengatasi tv mengaktifkan batas (15),cara membuka mengaktifkan batas parabola (14),cara mengaktifkan batas tv one (13),mengaktifkan batas matrix (13),cara membuka mengaktifkan batas (13),cara mengaktifkan batas sinyal tivi (12),makdud dari mengaktipkan batas (12),Tv one mengaktifkan batas (12),cara mengatasi parabola mengaktifkan batas (11),kalo rtv mengaktipkan batas caranya? (10),kode mengaktifkan batas channel RTV (10),arti mengaktifkan batas pada parabola (9),mengapa di channel tv muncul tulisan mengaktifkan batas (9),cara menembus mengaktifkan batas mnctv (7),cara membuka siaran tv yang mengaktifkan batas (7),mengaktifkan batas rtv (6),cara menpervauki mengaktifkan batas di tv one (5),cara mengaktifkan batas pada (5),siaran tv menga (5),pemeran vidio clip ungu sayang cwe (5),cara mematikan batas tv (5),CARA mengaktifkan batas PPTV (4),tv global mengaktifkan batas malam ini (4),maksut tivi mengaktifkan batas itu bagaimana? (4),mengaktifkan batas rtv 2017 (4),mengaktifkan batas tv one (4),cara menghilangkan mengaktifkan batas (4),kenapa mnc tv ada tulisan mengaktifkan baras (4),menghilangkan mengaktifkan batas di parabola (4),cara ngembalikan chanel yang mengaktipkan batas (4),cara nonaktifkan batas (4),matrix mengaktifkan batas (4),kenapa ada kata mengaktifkan batas pada station tv (4),kenapa di chanel parabola saya ada tulisan mengaktipkan batas (3),mengaktifkan batas di starcom digital (3)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *