Bagian Bagian Laptop dan Fungsinya

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Bagian Bagian Laptop

Bagian Bagian Laptop

Laptop merupakan komputer jinjing yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan komputer portabel. Hal ini membuat laptop menjadi lebih ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Bagian-bagian laptop umumnya hampir sama seperti komputer, hanya saja dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dan simpel.

Laptop memiliki berat yang berkisar antara 1 hingga 6 kg. Dengan adanya adaptor A/C yang atau disebut baterai, membuat pengguna lebih leluasa membawa laptop ke mana saja, tanpa adanya penyambung listrik. Hal ini dikarenakan baterai tersebut dapat diisi ulang. Dan penggunaannya dapat bertahan dari 1 hingga 6 jam.

Laptop ini tidak memiliki monitor seperti halnya komputer, namun menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 yang menyatu dengna tubuh laptop. Selain itu juga terdapat papan ketik yang terkadang dilengkapi papan sentuh dengan fungsi menggantikan mause.

Dengan bagian-bagian laptop yang sama seperti komputer, membuat fungsi laptop sama dengan komputer pada umumnya. Akan tetapi bagian-bagian laptop ini mempunyai komponen pendukung yang tidak dimiliki komputer biasa. Komponen ini dibuat khusus untuk mengakomodasi sifat pada laptop yang portabel. Selain memiliki ukuran yang kecil, bagian-bagian laptop ini juga hemat dalam pemakaian energi, serta lebih efisien. Hal ini pula yang membuat harga laptop lebih mahal dari komputer desktop, walaupun sekarang harganya turun akibat tingginya permintaan dari konsumen.

Setiap bagian-bagian laptop memiliki fungsi yang saling melengkapi satu dan lainnya. Berikut ini adalah bagian-bagian laptop beserta fungsinya.

Motherboard

Motherboard merupakan komponen yang paling mahal jika dibandingkan bagian-bagian laptop lainnya. Selain itu komponen ini juga memiliki ukuran terbesar dibandingkan bagian internal laptop lainnya. Hal ini dikarenakan motherboard adalah hal terpenting pada laptop. Komponen ini merupakan pusat komponen laptop, yang akan menjadi tempat terhubungnya semua komponen laptop, serta memiliki fungsi sebagai papan sirkuit utama untuk fungsi semua laptop.

Pada Motherboard ini, semua bagian-bagian laptop akan dihubungkan sehingga dapat saling berkomunikasi dan berhubungan satu dengan lainnya, seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Semua komponen tersebut memiliki spesifikasi-nya masing-masing, seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Memory RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen yang fungsinya sebagai tempat menyimpan data untuk sementara dari suatu program yang sedang berjalan. Di mana nantinya data-data tersebut akan dapat diakses secara random atau acak. RAM mempunyai pengaruh yang besar akan kinerja laptop. Semakin banyaknya RAM yang terpasang pada laptop, maka semakin efisien operasi yang dilakukan oleh laptop tersebut.

Hard Drive (HDD)

Hard drive merupakan tempat untuk penyimpanan utama pada laptop. Dalam hard drive inilah semua data-data, file dan program akan tersimpan. Untuk itulah hard drive ini sangat penting bagi pengguna. Apabila hard drive mengalami kerusakan, maka semua data akan hilang. Biasanya setelah hard drive tidak dapat menyimpan data lagi, atau sudah penuhh, pengguna harus memindahkan semua datanya pada CD, dan mengososngkan hard drive tersebut.

Akan tetapi, dewasa ini, unuk lebih mempermudah, banyak pengguna yang lebih suka menggunakan hard drive eksternal sebagai tempat cadangan untuk menyimpan semua data yang ada. Dengan adanya hard drive eksternal ini, kemungkinan kelhilangan data akan lebih minim dibandingkan menggunakan CD. Karena apabila pengguna tidak hati-hati dalam menyimpan kepingan CD, akan membuatnya menjadi rusak, dan memori menjadi hilang.

Berbeda dengan RAM. Apabila RAM merupakan “memori volatile” yang ada secara permanen pada laptop. Di mana data yang tersimpan hanya sementara. Sementara itu, hard drive memiliki fungsi sebagai “memori non-volatile”. Semua data dan informasi yang disimpan masih dapat dipertahankan oleh hard drive, dan hanya apabila dihapus oleh pengguna.

Apabila kapasitas hard disk terdapat pada laptop besar, maka akan semakin banyak data-data yang dapat tersimpan dalam hard drive ini. Untuk itu, sebelum membeli laptop, ada bagusnnya unutk mengetahui hard disk pada motherboard, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

Processor

Dapat dikatakan bila processor merupakan otak dari komputer atau laptop. Pada komputer biasanya processor ini lebih dikenal sebagai CPU (Central Processing Unit). Di mana fungsinya adalah untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan berbagai perhitungan-perhitungan. Komponen utama ini akan melaksanakan semua perintah kepada komputer.

Prosessor pada laptop tentunya berbeda dengan komputer, karena sebagai komputer jinjing, laptop tidak membutuhkan CPU. Selain itu perbedaan lainnya adalah pada pemakaian power atau daya. Prosessor pada laptop dubuat agar dapat mengonsumsi daya dengan minimal dan seefektif mungkin, karena laptop tidak selamanya terhubung dengan sumber listrik. Prosesor pada laptop didesain untuk dapat hemat dalam pemakaian daya, namun tetap memiliki performa yang baik.

Berhati-hatilah pada penggunaan laptop, jangan membiarkan prosessor menjadi terlalu panas pada pemakaiannya. Untuk itu, letakan laptop pada tempat yang tidak menyimpan panas, seperti sofa, bantal kasur dan lainnya. Untuk itu, banyak pemakai yang menggunakan kipas pendingin agar processor tidak cepat panas.

Keyboard

Keyboard merupakan bagian laptop yang berada di luar. Bagian ini fungsinya adalah untuk mengetikkan atu menyampaikan informasi atau perintah kepada komputer. Bisa dikatakan kita berbicara dengan laptop atau komputer dengan menggunakan keyboard. Keyboard pada laptop dan komputer tentu berbeda karena pada laptop, keyboard merupakan bagian dari tubuh laptop.

Layar

Pada bagian-bagian laptop, layar juga merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya. Apabila layar tidak ada, maka kita tidak dapat melihat data, gambar, atau pekerjaan yang dilakukan laptop. Berhati-hatilah dengna bagian ini. Apabila layar rusak, maka sulit untuk menggantinya, dan harus membeli layar yang baru dengna harga yang sangat mahal.

Apabila layar komputer menggunakan monitor berbentuk tabung dan berukuran besar, maka laptop menggunakan layar dengan teknologi LCD (Liquid Crystal Displays). Walaupun bentuk dan ukurannya berbeda, namun fungsi  LCD ini sama dengan monitor pada komputer. Ketebalannya sekitar 7 inchi hingga 20 inchi, dengan begitu, berat laptop menjadi ringan dan mudah untuk dibawa.

Saat ini, teknologi semakin canggih, begitu pula dengan teknologi yang digunakan pada laptop. LCD akhirnya hampir tidak dilirik lagi, dan digantikan oleh teknologi LED backlights. Beratnya lebih ringan serta lebih terang, dan kualitasnya juga leih bagus. Selain itu, berpengaruh terhadap penggunaan daya listrik yang lebih hemat, sehingga baterai menjadi lebih tahan lama. Hal itu membuat laptop dengan LED backlights ini memiliki harga yang lebih mahal, sesuai dengan kualitasnya.

Bagian-bagian laptop satu dengan lainnya saling berpengaruh. Untuk itu, penggunaannya harus kita perhatikan karena kerusakan pada salah satunya akan memepengaruhi penggunaan lainnya. Maka berhati-hatilah dalam merawat laptop.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian laptop dan fungsinya. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda mengenai pengetahuan soal bagian-bagian laptop.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

cara kredit laptop di carrefour (145),syarat kredit laptop di carrefour (128),kredit laptop di carefour (107),kredit laptop carrefour (75),cara kredit laptop di carefour (49),kredit laptop roxy (38),kredit hp surabaya tanpa survey (31),kredit laptop di roxy (23),persyaratan kredit laptop di carrefour (23),kredit laptop pekanbaru (21),kredit laptop di pekanbaru (12)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait