Power Supply

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Merawat Power Supply

Cara Merawat Power Supply

Kebutuhan di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini, menuntut masyarakat untuk bergerak cepat. Segala sesuatu harus dilakukan dengan cepat. Kehadiran komputer beserta isi-isinya, seperti power supply menjadi satu hal yang bisa diandalkan.

Ya, komputer menjadi sebuah kebutuhan primer di tengah kesibukan masyarakat perkotaan. Benda itu memegang peranan penting. Pemeliharaan atau perawatan terhadap bagian-bagian komputer, seperti terhadap power supply menjadi satu hal yang tidak bisa dianggap remeh.

Power Supply Unit (PSU) merupakan komponen komputer yang memasok listrik ke dalam komponen lain. Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC). Dengan demikian, arus tegangan listrik yang asalnya kuat berubah menjadi arus kecil.

Contohnya, jika perhitungan listrik sebuah rumah rata-rata AC 220 Volt,power supply akan mengubahnya menjadi arus DC dengan tegangan 12-15 Volt. Dengan kata lain, power supply berfungsi sebagai penghemat daya sekitar 94-95 persen. Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya penghematan konsumsi energi listrik.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dipastikan bahwa power supplymemiliki peran yang cukup penting. Bayangkan saja jika tidak ada power supply atau power supply Anda tengah bermasalah. Anda bisa sama sekali tidak bisa mengoperasikan komputer tersebut. Akibatnya, pekerjaan pun menjadi terbengkalai.

Sayangnya hal ini jarang diimbangi dengan perhatian para penggunan komputer itu sendiri. Para pengguna komputer sering mengabaikan perhatian terhadap pemasok arus ini. Padahal, kurangnya perhatian dan perawatan pada power supply dapat mengakibatkan pendeknya waktu pemakaian komputer. Dengan kata lain, komputer akan cepat rusak.

Kesadaran akan pentingnya merawat power supply sepertinya harus ditingkatkan. Jika tidak, sekeren apapun spesifikasi komputer Anda, tetap tidak akan bertahan lama jika perawatan yang dilakukan tidak benar. Terutama berkaitan dengan power supply.

Power Supply – Kesalahan Umum Pengguna Komputer

Komputer yang di dalamnya terkandung beberapa elemen, salah satunya adalah power supply, nyatanya sering kali diperlakukan salah. Alasan utama adalah ketidaktahuan masyarakat terhadap komponen-komponen tersebut. Ketidaktahuan tersebut menjadi alasan “induk” yang pada akhirnya “melahirkan” alasan-alasan lain.

1. Power Supply – Kesalahan Umum Pengguna Komputer, Tidak Menggunakan Stabilizer

Faktor pertama yang memicu cepatnya kerusakan komputer adalah tidak menggunakan stabilizer. Padahal, stabilizer berfungsi untuk menyeimbangkan arus saat tegangan listrik mati atau menguat secara tiba-tiba. Saat komputer sedang digunakan, perubahan arus tiba-tiba ini akan langsung menghantam power supply.

Efek yang ditimbulkannya pun terbilang fatal. Selain menyebabkan kebakaran, rusaknya power supply, keselamatan pengguna pun bisa terancam. Oleh sebab itu, penggunaan stabilizer sangat diperlukan untuk mereduksi kemungkinan buruk yang akan terjadi. Seperti namanya, fungsi utama stabilizer adalah sebagai penahan shock electricity.

Pemasok tenaga listrik di Indonesia kadang menimbulkan permasalahan tersendiri. Naik turunnya tegangan listrik bisa berakibat fatal bagi perangkat alat elektronik Anda, salah satunya adalah komputer. Elemen pertama yang terkena dampak ini tentu saja adalah power supply,mengingat elemen inilah yang berfungsi mengalirkan listrik ke elemen-elemen komputer lainnya.

Jadi, bisa dibayangkan, jika power supplynya rusak, maka elemen-elemen tersebut sudah dapat dipastikan tidak akan bisa beroperasi. Tentu saja, karena yang bisa membuat elemen tersebut beroperasi adalah pasokan listrik.

Keberadaan stabilizer sebagai “penytabil” tegangan listrik tersebut menjadi sangat dibutuhkan. Karena tegangan yang naik turun dan tidak stabil juga mampu membuat komputer Anda dan berbagai elemen di dalamnya, seperti power supply berumur pendek.

2. Power Supply – Kesalahan Umum Pengguna Komputer, Perangkat Tambahan yang Menguras Pasokan Listrik

Kesalahan kedua yang sering dilakukan pengguna komputer yang dapat membuat power supply cepat rusak adalah menggunakan tambahan komponen pada komputer yang dapat menguras pasokan listrik. Hal ini tentu saja akan memberikan beban baru terhadap tegangan listrik yang harus dihadirkan pada mesin komputansi. Misalnya, pemasangan DVD-Writer, selain CD-ROM, pada komputer rakitan. Kemudian, ditambah dengan pemasangan mobile rack.

Penumpukan perangkat pada satu sumber pasokan listrik secara otomatis dapat mengakibatkan beban dan daya power supply berkurang secara drastis. Perubahan yang terjadi memang tidak terlalu tampak. Namun, pemakaian yang terus-menerus akan menyebabkan usia komputer kurang dari 12 bulan.

Anda mungkin ingin melengkapi komputer Anda dengan berbagai perangkat tambahan lain, alasannya mungkin agar Anda bisa menikmati komputer untuk sesuatu yang lain, seperti hiburan. Namun, hal ini juga harus Anda perhatikan, karena penggunaan perangkat tambahan secara berlebih juga tidak baik bagi “kesehatan” power supply Anda.

3. Power Supply – Kesalahan Umum Pengguna Komputer, Penumpukan Debu

Masuknya debu hingga bertumpuk di dalam power supply akan merusak kestabilan pasokan listrik pada komputer. Bayangkan saja apa yang akan terjadi jika dalam ruang casing power supply tertimbun debu yang mampu menghambat sirkulasi tegangan listrik dan udara. Tumpukan debu terjadi akibat keengganan pengguna membersihkan bagian ini.

Alasannya tentu saja karena malas membuka atau membongkar tempat komputer. Peringatan yang terpampang pada power supply pun, “Caution: Do not open. It’s dangerous!” semakin membuat pengguna enggan membukanya. Dari pada repot-repot membuka dengan kemungkinan risiko buruk, lebih baik diabaikan supaya aman.

Cara membersihkan kipas pada power supply tidak harus membongkarnya. Anda cukup membersihkannya dengan kuas melalui celah di belakang CPU, atau gunakan vacuum cleaner mini yang sudah banyak dijual di pasaran.

Jika kipas pada power supply tidak jalan atau berputar, ada beberapa indikasi. Salah satunya adalah sudah terlalu tebalnya debu yang menempel pada kipas. Cara satu-satunya untuk menangabi itu semua adalah lepaskan power supply dari semua kabel penghubung, lalu bersihkan. Ingat, hanya membersihkan tidak mengotak-atik.

Cara Merawat Power Supply

Jika power supply rusak, maka otomatis, komputer Anda tidak bisa nyala. Pekerjaan yang sudah dikerjakan, tugas kuliah yang harus segera dikumpulkan menjadi hal-hal yang terancam. Untuk menghindari itu semua, berikut ini adalah beberapa cara merawat power supply.

1. Cara Merawat Power Supply – Pilih Power Supply dengan Daya Besar

Power supply yang dapat memberikan daya besar secara otomatis akan memberikan pasokan listrik cukup besar. Selain dilihat dari input/output(AC/DC) yang dihasilkan, Anda perlu memperhatikan daya. Umumnya, standar power supply di Indonesia memiliki daya 200-250 Watt. Namun, sebaiknya Anda memilih power supply yang dayanya di atas kisaran angka tersebut agar lebih aman, misalnya 300-400 Watt.

Semakin besar daya yang dimiliki power supply, maka pasokan listrik yang diterima pun akan semakin besar. Hasilnya, komputer tidak akan kekurangan pasokan listrik yang dapat membuat komputer beroperasi.

2. Cara Merawat Power Supply – Gunakan Power Supply Double Fan

Penggunaan power supply double fan atau dua kipas dapat menetralisasi suhu panas dalam power supply serta dapat melancarkan sistem sirkulasi udara pada casing komputer. Dengan demikian, suhu panas pada komputer dan power supply akan terjaga dengan baik. Semakin dingin suhu komputer, semakin ideal pula pemakaian. Kondisi ini akan membuat komputer Anda terhindar dari kerusakan.

3. Cara Merawat Power Supply – Bersihkan Debu

Sebaiknya, luangkanlah sebagian waktu Anda untuk membersihkan timbunan debu yang menempel pada komputer juga power supply. Bagaimana pun, semua komponen dalam mainboard komputer memiliki sensitivitas tinggi. Komputer bisa mati meski pun hanya tergores secara tidak sengaja. Oleh sebab itu, hati-hatilah saat membersihkan. Gunakanlah alat pembersih yang baik.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

power supply polytron big band (70),tv toshiba nyala sendiri (25),power supply bigband polytron (4),tv led polytron mati standby (1),TV LED nyala sendiri (1),skema psu polytron plm32b70 (1),skema power suply PAS68 (1),rangkaian power suply bigband polytron bb 3201 (1),psu speaker aktif polytron (1),penyebab tv toshiba nyala sendiri (1),harga power suppy big band (1),harga power supply big band polytron (1),harga power suplay big band (1)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait