Mencegah Kolesterol Tinggi

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mencegah Kolesterol Tinggi

Kehidupan modern itu menyebabkan orang bekerja seperti prajurit Trojan yang tak mengenal lelah. Sayangnya, ketika tubuh terasa masih kuat, makanan yang masuk ke dalam tubuh tak pernah diseleksi. Alasan tidak mempunyai waktu dan alasan hanya makanan berlemak dan berkalori tinggi yang tersedia, telah membuat banyak orang terlena hingga akhirnya mereka merasa sakit dan harus menjalani pemerikasaan kesehatan secara menyeluruh. Biasanya hal yang paling umum adalah hasil laboratorium yang menunjukkan tingkat kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi ini merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia.

Ancaman Kolesterol Tinggi

Salah satu yang paling sering muncul akibat adanya masalah pada kadar kolesterol ini adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini muncul bukan diakibatkan oleh keturunan atau penyakit bawaan, melainkan disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Olahraga yang tak pernah dilakukan dan pekerjaan yang lebih banyak dilakukan dengan cara duduk yang lama di depan komputer.

Penyakit berdatangan, salah satunya disebabkan oleh makanan yang kurang sehat, sehingga menimbulkan kolesterol tinggi, yang lambat laun akan menyumbat pembuluh darah dalam tubuh yang menuju ke jantung. Akibatnya, penyumbatan ini menjadikan peredaran darah kurang lancar dan menjadi penyebab penyakit jantung koroner. Kalau jantung koroner telah ‘menyapa’ tubuh, tidak ada jalan lain selain memperbaiki kualitas gaya hidup dan meninggalkan pola hidup yang tidak sehat termasuk sering lembur dan memaksa mata bekerja lebih keras padahal telah mengantuk.

Rasa kantuk itu merupakan wujud peringatan dari tubuh bahwa ia perlu diistirahatkan. Kalau rasa kantuk malah coba dihilangkan dengan cara minum minuman berkafein seperti kopi, maka suatu saat tubuh pasti akan memberikan peringatan yang lebih keras atau bahkan protes tanpa ampun dengan memberikan satu sinyal penyakit yang tak akan terobati. Sebaiknya memang berhati-hati dan tidak gegabah memberikan kesempatan kepada tubuh untuk melakukan protes tanpa ampun itu.

Persepsi Tentang Kolesterol Tinggi

Pada zaman dulu, penyakit jantung identik dengan penyakit yang diderita manusia berusia lanjut. Penyakit jantung juga dipersepsikan sebagai penyakit orang kaya. Sekarang, semua persepsi itu harus diperbarui. Banyak sekali orang-orang dari kalangan ekonomi tak mampu mengalami penyakit jantung akibat kolesterol tinggi karena mereka tak ada pilihan dalam makan. Mereka tetap menggunakan minyak goreng yang telah dipakai berkali-kali karena merasa sayang dan tidak ada cukup uang untuk membeli minyak goreng baru.

Orang-orang ini juga makan gorengan setiap hari karena mereka menganggap gorengan adalah makanan yang paling murah yang dianggap bisa mengganjal perut. Padahal gorengan itu mengandung kolesterol tinggi. Jadi, kalau banyak orang yang tak mampu menderita penyakit jantung, itu sudah biasa. Selain itu, orang yang mengidap kolesterol tinggi ini tak harus mempunyai badan yang bongsor atau gemuk. Orang kurus juga bisa menderita kolesterol tinggi. Sudah banyak contoh bahwa orang-orang yang terkena penyakit stroke dan jantung ini tidak mempunyai badan yang besar. Tubuh mereka malah terkesan kurus dan tidak berlemak.

Ada lagi pergeseran dalam kehidupan yang harus dicermati, kini ancaman penyakit jantung ini bisa menyerang manusia pada berbagai lapisan usia. Oleh karenanya, sejak dini kita harus mewaspadai hal ini. Sebab, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama pada manusia.

Kematian Ajie Massaid yang terkenal dengan pola hidup yang lumayan baik dengan konsumsi makanan yang baik juga, cukup membelalakan mata. Waktu ia wafat, Ajie Massaid baru berusia 43 tahun. Satu usia produktif. Kematiannya yang mendadak itu membaut orang semakin yakin bahwa penyakit jantung ini bisa menimpa siapa pun. Menjaga asupan makanan memang sangat penting. Jangan sampai kenikmatan yang hanya ada di mulut akhirnya membawa penderitaan organ tubuh lainnya.

Pengendalian Kolesterol Tinggi

Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengendalian pola makan. Pola makan yang baik salah satunya diawali dari pemilihan menu makanan yang tidak berpotensi menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Seperti kebiasaan makan daging kambing secara berlebihan, atau juga makanan lain yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, semakin banyaknya bisnis kuliner yang menjamur, menjadi salah satu penyumbang meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini terutama akan menyerang mereka yang gemar menikmati makanan dari rumah makan secara sembarangan. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam setiap menu masakan yang disajikan oleh rumah makan pasti akan dibumbuhi penyedap rasa. Hal ini merupakan salah satu sumber peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang lebih menyukai untuk membeli masakan di luar rumah, ada baiknya mulai mengubah kebiasaan ini. Sebab, belum tentu menu yang disajikan tersebut sesuai bagi kesehatan tubuh manusia. Jangan mudah tertipu oleh lezatnya sajian yang dihidangkan, karena bisa jadi rasa lezat tersebut disebabkan oleh pemberian zat penyedap rasa secara berlebihan. Jika hal ini terjadi terus menerus, secara jangka panjang akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang merupakan indikasi tingginya kadar kolesterol.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Salah satu cara paling efektif dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh manusia adalah melalui pola makan. Diantaranya, dengan cara mengatur dan memperbaiki menu makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa dihindarkan serta tubuh akan menjadi lebih sehat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengkonsumsi makanan sehat untuk mencegah melojaknya kadar kolesterol dalam tubuh manusia diantaranya adalah dengan cara konsumsilah susu yang lebih memiliki kadar kandungan lemak rendah untuk menggantikan susu cair. Mengurangi asupan daging dan telur. Dalam seminggu, sebaiknya jumlah daging yang dikonsumsi adalah 3-5 ons atau maksimal tiga kuning telur. Pilihlah menu daging yang bebas dari kandungan lemak. Kurangi mengkonsumsi kulit pada masakan yang berasal dari unggas. Walaupun kulit ini terkadang menjadi bagian yang paling nikmat karena dianggap paling garing dan paling gurih, bagian kulit ternyata menjadi penyimpan lemak paling banyak. Itulah sebabnya sangat berbahaya mengkonsumsi kulit ayam atau kulit bebek yang digoreng atau yang dibakar atau yang dipanggang secara berlebihan.

Kurangi makan makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Apabila hendak menikmati makanan yang digoreng, pastikan minyak yang digunakan adalah minyak nabati atau rendah kolesterol. Bila perlu, pakailah minyak zaitun yang lebih sehat. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan minyak goreng yang terbuat dari kelapa, bisa samapi 3 kali lipat, tetapi pemakaiannya tidak sebanyak minyak kelapa. Sehingga kalau dihitung-hitung, penggunaan minyak zaitun untuk menggoreng malah lebih hemat. Rasa ayam atau ikan yang digoreng dengan minyak zaitun jug alebih gurih dan bagi yang ingin berdiet, perasaan kenyang karena mengkonsumsi minyak zaitun akan lebih lama sehingga akan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Hal inilah yang akan membuat program diet menjadi berhasil. Bagi wanita usia di atas 35 tahun, penggunaan minyak zaitun ini juga akan mengurangi efek terjadinya menopause dini. Kalau bagi wanita yang telah terkena menopause, konsumsi minyak zaitun juga akan meningkatkan asupan vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan flek-flek tanda penuaan di wajah juga bisa diperlambat kemunculannya.

Selain minyak zaitun, wanita juga perlu mengkonsumsi banyak kacang-kacangan agar kulitnya tetap terawat dan lemak tak jenuh dari kacang bisa menjaga kebugaran tubuh lebih lama. Laki-laki jug aboleh mengkonsumsi kacang-kacangan ini. Tetapi asupannay harus dibatasi karena efek dari kacang-kacangan berbeda kalau sudah masuk ke dalam tubuh laki-laki. Miasalnya, kacang kedelai bisa meningkatkan libido wanita. Sebaliknya, kacang kedelai bisa menurunkan libido laki-laki.

Bagi wanita yang tak ingin pertumbuhan buluh-buluh di tubuhnya semakin lebat, mengkonsumsi kacang kedelai bisa sedikit menjawab permasalahn itu. Paling tidak, bulih-buluh mengalami perlambatan dalam pertumbuhannya dan rasanya pun lebih halus dan lembut. Untuk laki-laki, diet tinggi protein dengan mengurangi asupan karbohidrat sepertinya lebih tepat untuk mengurangi laju kolesterol tinggi.

Sangat diutamakan menikmati makanan yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang. Rasa makanan pasti akan berbeda. Tetapi demi kesehatan, sebaiknya hal ini mulai dibiasakan agar kolesterol tinggi tidak menjadi penghuni tetap dalam tubuh.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait