Interior Rumah Minimalis Modern: Ruang Belajar untuk Buah Hati

Interior Rumah Minimalis Modern

Interior Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern memberi ruang yang simple namun tetap sedap dipandang. Sekalipun tampil simple dan sederhana, rumah minimalis modern banyak menjadi pilihan terutama bagi masyarakat yang berada di kota-kota besar atau setidaknya selalu bersinggungan dengan kehidupan kota besar. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa masyarakat yang hidup di kota-kota besar interior rumah minimalis modern masih menjadi pilihan. Rumah minimalis merupakan solusi bagaimana sebuah ruang kota bisa tertata rapih, sedap dipandang dan bersih. Untuk Anda yang memiliki rumah dengan gaya minimalis modern, perlu memperhatikan interior seperti apa yang cocok dan pas ditempatkan di tiap ruangan. Salah satunya adalah ruang belajar anak.

Ruang belajar anak sebagai sebuah arena yang serius tapi santai, tentu saja harus tetap terintegrasi dalam sebuah rancangan interior rumah minimalis modern yang anda buat. Artinya apa ? Ruang belajar anak sekalipun mungkin letaknya di bagian belakang dan jarang terjangkau oleh tamu yang datang, semestinya tetap menjadi satu dengan rancang umum rumah anda. Dengan demikian kehadirannya akan semakin memperkuat konsep rumah yang anda rancang. Bila tidak, maka ruang belajar anak akan terasa mengganggu kehadirannya.

Ruang Belajar Anak

Ruang belajar merupakan tempat untuk anak menyelesaikan tugas sekolah dan belajar, untuk itu diperlukan ruang yang dapat membantu anak berkonsentrasi. Jika ruang belajar anak Anda luas, anda bisa mengisinya dengan segala macam perabotan yang diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar.

Namun jika ruangan terbatas dan bersatu dengan ruang tidur, Anda bisa memakai konsep sesuai dengan konsep rumah minimalis yakni pas, dan tidak terlalu berlebihan, menyesuaikan dengan keadaan ruangan. Barang-barang yang tidak ada kaitannya dengan proses belajar bisa dimasukkan ke dalam loker dan hanya dikeluarkan bila benar-benar diperlukan. Seperti misalnya alat-alat permainan kegemarannya. Bila ditempatkan di ruang sama, konsentrasi anak dengan sendirinya akan terganggu. Bahkan tidak menutup kemungkinan justru akan teralihkan kepada alat permainan dan enggan untuk belajar.

Hal Utama Rancangan Ruang Belajar Anak

Pada saat anda merancang ruang belajar anak apakah itu menjadi ruang terpisah atau bersatu dengan kamar tidur, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, antara lain :

  • Jika ruangan tidak terlalu luas. Anda bisa menggunakan ruang dengan konsep minimalis lesehan. Artinya tidak diperlukan meja dan kursi belajar, namun cukup dengan meja belajar mini, yang tetap membuat anak nyaman dan mudah menggunakannya tanpa harus terlalu banyak makan tempat.
  • Agar anak bisa menggunakan meja belajar mini dengan cara duduk lesehan, usahakan disediakan tempat duduk apakah berbentuk bantal atau yang sejenisnya. Hanya saja bisa membuat anak anda duduk dengan nyaman dan aman, tidak kegerahan dan tidak pegal. Dengan demikian anak anda akan bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar tanpa terganggu dengan keluahan yang timbul. Bila ruangan anda putuskan untuk menggunakan karpet sebagai alas tidur, jangan lupa menyesuaikannya dengan kegemaran anak anda, sehingga akan menjadi bagian yang membuat anak merasa senang dan nyaman berada di ruangan tersebut. Bila anda anak menyenangi bola misalnya, pilihkan karpet dengan desain bola, desain bendera klub sepakbola terkenal dan hal-hal yang sejenisnya.
  • Pilih warna yang tepat, warna-warna yang cerah seperti hijau muda, biru muda/biru langit, krem, biru atau putih akan memberi kesan ruangan terlihat lebih luas. Warna tersebut akan membawa rasa tenang dan anak akan lebih betah belajar. Namun tidak ada salahnya bila anda menanyakan langsung kepada anak anda, warna apa yang paling disenanginya. Bila anak masih belum terlalu tepat menyebutkan warna, bisa saja dibawa langsung ke toko bahan bangunan dan tunjukkan warna-warna cat interior, sehingga anak akan menggunakan mata dan nalurinya untuk memilih. Tidak perlu diberi tanggapan berlebihan bila anak anda menunjukkan warna yang menurut pandangan anda tidak bagus. Ingat bahwa yang akan lebih sering menghabiskan waktu di ruangan tersebut adalah anak anda dan bukan anda sendiri. Kalau memang warna itu membuat anak anda merasa nyaman, kenapa tidak.
  • Kenyamanan ruang belajar merupakan faktor utama yang harus diwujudkan. Aturlah sirkulasi udara dalam ruangan. Bisa dengan ventilasi, kipas angin atau AC. Namun bila memungkinkan ada aliran udara segara ke arah jendela ruang belajar anak anda, bisa dibuatkan bentuk jendela yang tinggi sehingga penerangan dan sirkulasi udara akan terjadi dengan sempurna. Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, akan membuat terasa nyaman dan sejuk. Jika memang tidak memungkinkan, pergunakan pengatur kesejukan ruangan.
  • Jauhkan ruang belajar anak dari suara bising, seperti suara siaran televisi karena akan menggganggu konsentrasi anak belajar. Terkecuali bila antara anda, anak dan penghuni rumah lainnya telah memiliki jadwal untuk menonton televisi secara khusus sehingga di luar jadwal tersebut, menyalakan televisi dilarang.
  • Desainlah ruang belajar dengan semenarik mungkin. Hiasi dinding dengan poster (gambar) tokoh kartun yang anak sukai atau dengan poster pengetahuan umum, seperti gambar binatang, alphabet maupun angka. Bisa pula ditambahkan papan tulis atau styrofoam untuk menempelkan gambar anak atau pun hasil ulangan yang memuaskan. Ini tentu saja merupaka bentuk pengharagaan sekaligus motivasi ekstrinsik agar melecut anak anda untuk terus belajar dengan giat, sehingga akan dicapai nilai yang memuaskan.
  • Desainlah ruang belajar dengan praktis agar menghasilkan kenyaman belajar, sekaligus mengeluarkan potensi anak secara maksimal.
  • Pencahayaan sangatlah penting. Karena itu, pastikan ruang belajar anak harus cukup terang. Pencahayaan yang kurang terang dapat menurunkan mood anak untuk belajar dan kesehatan mata juga akan terganggu. Pada siang hari bisa memanfaatkan pancaran sinar matahari yang optimal, dengan cara membuat ruang ventilasi dan jendela berkaca yang cukup tinggi. Namun bila tidak memungkinkan bisa ditambahkan lampu penerangan yang akan menambah terang ruang belajar anak anda.
  • Siapkan lampu belajar dengan tombol on dan off untuk digunakan malam hari. Letakan tombol ini pada tempat yang aman namun mudah dijangkau oleh anak anda, sehingga setiap saat diperlukan, anak anda sendiri akan melakukannya tanpa perlu bantuan orang lain.
  • Letakkan meja dan kursi belajar dekat jendela agar pada waktu siang hari mereka belajar dengan pencahayaan alami. Ini akan menambah baik ruangan, sehingga tidak lembab. Ruang yang lembab dapat mengganggu konsentrasi belajar anak anda karena bisa mengeluarkan bau yang kurang nyaman.
  • Anda bisa menaruh komputer di ruang belajar anak. Pastikan bahwa anak menggunakan komputer itu untuk belajar. Tidak melulu untuk main game atau bahkan menonton tayangan tidak senonoh baik yang berasal dari koneksi internet maupun dari film cakram
  • Jangan posisikan tempat tidur berdekatan dengan meja belajar. Kalaupun berdekatan, posisikan agar anak tidak mudah melihat ke tempat tidur. Karena pada saat tertentu akan muncul godaan lebih baik tidur daripada terus belajar. Dan ini tentu saja akan membahayakan.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait