Interior Rumah Sederhana dengan Nuansa Alam

Interior Rumah Sederhana

Interior Rumah Sederhana

Rumah sederhana, baik interior maupun besar kecilnya, akan tampak sangat menarik apabila ditata dengan serius. Interior rumah sederhana cenderung sederhana dan serba praktis dengan bangunan yang tidak begitu mewah, misalnya tidak bertingkat. Kalaupun bertingkat, rumah sederhana tidak begitu besar dan tidak memiliki banyak ornamen, misalnya tiang rumah dibuat apa adanya. Kesederhanaan itu bila digarap dengan maksimal, akan menghadirkan sebuah rumah yang terlihat elegan.

Namun tak semua orang bisa menata rumah sederhana menjadi tampil menarik, baik itu interior maupun eksteriornya. Bila keungan memungkinkan, untuk mendapat tampilan interior rumah memang dengan menggunakan tenaga ahli interior. Hanya saja kalau dana tidak memungkinkan, bukan berarti anda tidak bisa menata rumah sederhana dengan interior yang menarik. Di majalah atau laman internet juga banyak menghadirkan contoh-contoh yang bisa anda adaptasi. Sebagai panduan awal, teruskan membaca artikel ini karena sedikit banyak anda akan mendapatkan atau setidaknya bertambah pengetahuan tentang bagaimana manata interior rumah sederhana.

Tips Rumah Sederhana

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika akan menata interior rumah sederhana. Dari beberapa sumber rujukan, beberapa tips berikut ini bisa membantu anda untuk menatap rumah sederhana dengan interior yang menarik sehingga secara keseluruhan penampilan rumah anda pun akan tampak lebih menarik.

  • Rumah sederhana dengan halaman luas bisa lebih menarik jika didekorasi dengan nuansa alam sehingga keindahan pun akan lebih terasa. Di samping mendukung konsep lingkungan bersih, hijau, dan berbunga, rumah Anda akan terlihat lebih asri dan ramah. Penataan halaman bisa memfokuskan pada sudut tertentu dengan tanaman yang cukup rimbun, kemudian dipadukan dengan tanaman-tanaman yang lebih rendah. Beberapa contoh penataan taman bisa anda cari yang paling sesuai dengan selera anda sendiri, baik bentuk tanaman maupun komposisi tanaman-tanamannya. Komposisi ini juga tidak saja memperhitungkan warna-warni daunnya tapi harus membayangkan bagaimana ketika tanaman-tanaman tersebut berbunga. Dengan memperhitungkan komposisi seperti itu, pada saat tidak berbunga anda akan melihat keindahan padu padan daun, dan pada saat berbunga, juga akan menyaksikan bagaimana komposisi warna-warni bunga.
  • Rumah sederhana tanpa halaman, hanya garasi di pinggirnya, masih bisa ditata menjadi taman. Anda bisa menggunakan konsep taman dinding atau taman di garasi dengan memanfaatkan bagian atas garasi memakai konsep taman dinding. Kesan asri pada rumah Anda pun bisa muncul. Namun membuat taman dinding lebih sulit dibanding dengan taman di tanah. Kesulitan terutama pada saat memelihara tanaman-tanaman gantung tersebut agar tetap hijau dan berbunga. Pemeliharaan tanaman taman dinding juga harus memperhatikan dinding itu sendiri agar tidak menjadi lembab. Tanpa memperhatikan kelembaban ini dikhawatirkan dinding akan ditumbuhi lumut yang menjadi pemandangan tidak sedap.
  • Pemilihan mebel, seperti kursi, meja, lemari, dan furniture lain, bisa menggunakan material kayu, bambu, dan bahan alam lain. Dengan pemilihan bahan furniture yang alami, akan memperkuat kesan sederhana dan alami. Namun bila anda tidak menyukai material dari kayu, bisa diganti dengan yang berbahan dasar rontan misalnya. Material berbahan dasar besi juga tidak terlalu mengganggu asal bisa memadukan dengan material lain.
  • Pilihlah sofa yang tidak terlalu banyak motif.
  • Dinding bisa diwarnai dengan warna-warna lembut, misalnya hijau toska, coklat, putih, atau warna yang tidak terlalu terang. Warna-warna seperti ini memberi aksen teduh dan sederhana namun tetap cantik dipandang.

Mendekorasi Garasi Menjadi Taman

Pembuatan taman di atas garasi memang harus memiliki kondisi yang kuat dan direncanakan sematang mungkin agar hasilnya tidak gagal dan malah jadi tidak indah. Konstruksi fondasi harus kuat sehingga dapat menompang, menahan dak dari beton, dan media lain yang hendak dipasang atau ditanam. Hal ini bisa anda konsultasikan dengan pemborong atau tukang yang membangunnya. Dengan demikian ketika bagian atas garasi dibuat taman, tidak akan muncul masalah di kemudian hari. Bila konstruksi fondasi tidak kuat, akan menyebabkan beton meleot pada saat diberi beban berlebih seperti taman dan segala perlatan. Tentu saja bila hal ini terjadi akan menyebabkan ruang garasi menjadi mengkhawatirkan, karena suatu saat bisa saja bagian atas garasi benar-benar ambrol.

Lantai di atas harus kedap air dan dibuat agak miring agar air mudah mengalir ke tempat pembuangan. Lantai dilapisi batu-batu karang atau pecahan-pecahan genteng yang bobotnya ringan. Bahan ini bisa menyimpan dan menahan air berlebih, terutama saat hujan. Lapisan batu dilapisi dengan material ijuk. Ijuk bisa menghambat penurunan lapisan tanah di atasnya dan bisa membuat lantai lebih padat sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sebaiknya, ketebalan tiap lapisan tidak lebih dari 15cm. Semua ini harus mempertimbangkan agar taman di atas garasi tersebut tidak terlalu berat sehingga membebani lantai beton tersebut.

Walaupun hanya taman buatan, berbagai tanaman tersebut masih bisa memberikan kesan alami. Di sisi taman, bisa dibuat tebing-tebingan yang bisa dibentuk seperti tebing-tebing pada batu karang atau gua-gua di pantai. Jika tidak menyukai tebing-tebing, Anda bisa menanam tanaman menjalar yang menutupi sisi atas dan kiri-kanan garasi. Bila tanaman-tanaman tersebut telah tumbuh, niscaya akan memberikan kesegaran.

Setelah taman buatan di atas garasi selesai, anda bisa memperhatikan areal lainnya yang masih kosong untuk dimanfaatkan. Bila teras rumah anda cukup lebar, di pinggir bagian luar bisa disimpan tanaman dalam pot-pot hias. Pemilihan warna pot dan komposisi jenis tanaman juga sangat mempengaruhi keindahan teras. Bila masih kurang teduh, anda bisa menggantungkan beberapa tanaman gantung pada pilar-pilar teras menjuntai hingga jarak 75cm ke bawah atau disesuaikan dengan lebar bangunan dan tinggi plafon atap teras itu sendiri. Terlalu pendek gantungan tanaman hias, akan terlihat seperti melayang, begitu pun kalau terlalu panjang akan mengesankan tinggi plafon teras menjadi sempit.

Anda bisa memasang rumput di halaman depan dan pot-pot tanaman hias. Di teras, beri kursi dan meja minimalis yang tidak terlalu besar sekitar 3 buah kursi dan meja. Beri lampu hias di atasnya. Rumah sederhana yang Anda miliki pun akan bernuansa tropis sehingga membuat Anda dan keluarga lebih betah dan membuat orang lewat melirik ke rumah sederhana yang asri.

Areal pagar yang berbatasan dengan jalan pun masih bisa ditata. Misalnya saja secara simetris pada lebar tembok di luar, bisa menanam tanaman yang produktif seperti mangga atau jambu. Kemudian kalau jarak antara tembok pagar dengan pinggir jalan ada gorong-gorongnya, tak ada salahnya gorong-gorong tersebut ditutupi dengan adukan semen atau dicor semi permanen. Kemudian di atasnya anda bisa menanam rumput atau menyimpan pot-pot berisi tanaman sehingga depan rumah anda terlihat semakin asri yang membuat anda dan yang melihat akan merasa sejuk dan nyaman. Banyak cara menata rumah baik interior maupun ekstior agar rumah sederhana tidak terlihat apa adanya.

Artikel Terkait: