Menata Interior Rumah Minimalis

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Interior Rumah Minimalis

Interior Rumah Minimalis

Rumah minimalis memerlukan penataan layout interior khusus. Penataan layout ruang senantiasa mempertimbangkan sudut ruang agar tidak terbuang percuma. Prinsip penataan interior rumah minimalis ini harus fungsional dan efisien agar ruang terasa lapang dan lega.

Pemilihan dan penataan furniture yang praktis dan fungsional tanpa banyak pernik akan menghadirkan kesan interior rumah minimalis yang simpel dan kuat. Pilihan warna, material, pencahayaan, elemen dekoratif akan mendukung gaya simpel minimalis dan memberikan kenyamanan optimal bagi interior ruang yang terbatas.

Menata Interior

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam penataan interior rumah minimalis sebagai berikut :

  • Dalam pemilihan bentuk furniture yang sebaiknya geometri tanpa ornamen yang rumit dan mudah perawatannya agar memberi kesan ruang yang lapang. Juga harus didukung oleh pilihan warna dan material furniture yang disesuaikan dengan tema interior. Jika memungkinkan hadirkan furniture yang multifungsi seperti bagian bawah kursi yang bisa dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan buku-buku atau sofa yang dirancang dapat dijadikan tempat tidur.Kehadiran pernak pernik sebagai pemanis pada ruang simpel minimalis sebaiknya tidak mendominasi tampilan ruang secara keseluruhan. Sesuaikan warna pernak pernik dengan tema ruangan, harmoni atau kontras. Pernak pernik yang sering dihadirkan dalam interior rumah minimalis adalah wall art, baik lukisan, foto maupun karya grafis lainnnya. Deretan lampu gantung juga dapat ditampilkan secara estetis dengan mengatur komposisi dan peletakannya.
  • Merancang jalur sirkulasi yang efisien dan simpel. Pemilihan jalur sirkulasi yang tepat harus disesuaikan dengan layout rumah secara keseluruhan. Jalur sirkulasi linier atau segaris merupakan pilihan jalur sirkulasi yang hemat ruang untuk susunan ruang yang memanjang. Pilihan jalur sirkulasi yang memusat lebih tepat untuk susunan ruang yang melingkar.
  • Memanfaatkan ruang sisa untuk tempat penyimpanan atau storage. Dengan ruang terbatas, tentu pemilik rumah akan dituntut untuk mampu memaksimalkan pengalokasian dan penyimpanan barang-barang sebaik mungkin agar tetap terlihat rapi dan simpel.Anda bisa memanfaatkan ruang sisa di bawah furniture, seperti di bawah kursi, tempat tidur, meja untuk penyimpanan buku-buku, majalah, dan lain-lain. Demikian pula ruang sisa pada bagian elemen interior, dapat Anda manfaatkan sebagai ruang penyimpanan seperti di bawah tangga, di dalam plafon, di sudut ruang. Atau pada bagian dinding yang kosong, Anda bisa menambahkan rak simpel minimalis.

    Partisi sebagai pembatas ruang pun dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan buku-buku. Partisi tidak hanya berupa rak atau rangka kayu saja, namun partisi juga dapat dihadirkan hanya berupa lembaran kaca atau cermin yang dipasang vertikal.

Rancangan Interior Rumah Minimalis

Desain interior rumah minimalis hingga saat ini masih sangat disukai oleh masyarakat. Hal ini khususnya sebagai sebuah jawaban dari kebutuhan masyarakat yang memerlukan rumah sederhana namun memiliki fungsi secara optimal.

Konsep rumah minimalis ini biasanya banyak ditemui di kawasan perkotaan. Di mana lahan di kota biasanya sangat terbatas, sehingga sulit untuk mengembangkan sebuah rumah yang berukuran luas. Dengan melakukan penataan interior rumah minimalis inilah, maka setiap ruang bisa difungsikan dengan maksimal.

Di sisi lain, pemilihan rumah minimalis pun terkait dengan kondisi sosial yang terjadi sekarang ini. Dimana sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk membatasi jumlah anak. Sehingga kebutuhan rumah yang berukuran luas pun tidak perlu terlalu mendesak. Karena dengan jumlah keluarga yang kecil, maka rumah berukuran minimalis pun bisa digunakan secara optimal.

Hal inilah yang membedakan dengan konsep keluarga pada masa lalu. Dimana ada sebuah pameo kuno yang menyebutkan bahwa banyak anak banyak rejeki. Sehingga hal itu berpengaruh pada kebutuhan rumah sebuah keluarga. Dengan jumlah keluarga yang besar, maka kebutuhan rumah berukuran luas pun menjadi sebuah hal yang mutlak. Rumah dengan banyak ruangan dan ukuran yang besar pun menjadi sebuah keharusan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sedangkan dalam sebuah rumah yang menggunakan konsep minimalis, ruangan yang tersedia memiliki sifat yang fungsional dan bisa digunakans ecara optimal. Misalnya ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur atau juga kamar mandi. Sementara untuk pada bagian luar rumah, selain bagian teras juga sering disisakan sebagai ruang garasi untuk keluarga yang mempunyai mobil dan memerlukan ruang penyimpanan kendaraan. Sementara, beberapa bagian ruangan lain yang dianggap kurang berfungsi secara optimal biasanya tidak diprioritaskan untuk dibuat.

Konsep Rumah Minimalis

Pilihan membangun sebuah rumah berkonsep minimalis, banyak dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki lahan cukup luas. Dengan membangun rumah minimalis, maka keterbatasan lahan bisa diatasi sehingga kebutuhan akan ruangan yang memiliki fungsi optimal bisa terpenuhi. Terdapat beberapa jenis pilihan dalam membuat desain rumah minimalis seperti ini.

Salah satu pilihan yang banyak digunakan adalah dengan membuat rumah dua lantai. Dimana pada bangunan di lantai dasar, dimanfaatkan sebagai garasi serta ruang tamu. Selain itu, bisa pula difungsikan sebagai dapur dan kamar mandi. Sementara, untuk ruang keluarga dan kamar tidur, diletakkan pada bangunan di lantai atas. Dengan demikian, ruangan yang ada di setiap lantai bisa terlihat lebih longgar dan lapang sehingga bisa memenuhi kebutuhan.

Jenis bangunan rumah minimalis kedua yang banyak digunakan adalah dengan membuat desain rumah satu lantai. Untuk jenis bangunan ini, memiliki konsekuensi ukuran setiap ruangan yang cenderung terbatas dan hanya menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan lahan saja. Sebagai contoh adalah untuk bangunan garasi, yang dibuat hanya seukuran mobil saja sehingga tidak bisa digunakan untuk menempatkan kendaraan lain misalnya sepeda motor atau juga sepeda angin.

Selain itu, untuk kamar tidur bisa dibuat sesuai dengan keperluan saja sehingga hanya bisa menampung barang yang dibutuhkan saja. Untuk konsep seperti ini, memiliki beberapa kelebihan antara lain kebutuhan dana untuk membangun rumah bisa dihemat. Karena rumah tidak perlu dibangun dalam bentuk dua lantai yang pastinya membutuhkan anggaran lebih besar daripada rumah satu lantai. Di sisi lain, konsep kedua ini mempunyai kelemahan yaitu ukuran setiap ruangan cenderung lebih sempit dan hanya sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan lahan saja.

Interior Rumah Minimalis

Selain meminimalisir bentuk, desain interior rumah minimalis yang tepat juga sangat diperlukan. Penataan interior rumah minimalis ini, berbeda dengan desain yang digunakan untuk rumah yang berukuran luas. Baik dalam masalah perencanaan maupun penataan interiornya. Hal ini diperlukan teknik tersendiri, agar meski menggunakan konsep minimalis namun harus bisa menciptakan kesan yang lapang dalam ruangan tersebut.

Dalam menata bagian interior rumah minimalis, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain yaitu :

  1. Hindarkan penggunaan sekat ruangan yang sifatnya permanen. Lebih baik, gunakan partisi yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Karena penggunaan sekat yang sifatnya permanen ini hanya akan menyebabkan ruangan berkesan sempit. Dengan penggunaan sekat yang tidak permanen, maka fungsi dari sekat hanya sebagai penanda setiap bagian ruangan saja. Selain itu kita tidak akan kesulitan jika membutuhkan ruangan yang cukup luas, karena tinggal menggeser sekat atau partisi itu saja.
  2. Dalam konsep desain minimalis harus memiliki prinsip sempurna, tepat serta tidak berlebihan. Itulah mengapa, dalam memilih bentuk aksesoris harus yang memunculkan kesan bersih, tegas, tanpa banyak hiasan dan meminimalisir bentuk geometris.
  3. Apabila kita hendak menggunakan karpet sebagai alas, gunakan karpet yang memiliki warna solid dan tanpa motif. Pemilihan karpet seperti ini, akan memunculkan kesan ruangan yang lapang dan lega.
  4. Untuk mempercantik ruangan, bisa ditambahkan beberapa aksesoris seperti lukisan. Jenis lukisan yang cocok untuk rumah dengan konsep minimalis ini adalah lukisan yang memiliki komposisi sederhana. Selain itu, sebaiknya gunakan frame atau bingkai yang polos tanpa ukiran. Batasi pemasangan jumlah lukisan di dinding. Karena terlalu banyak lukisan yang dipasang, hanya akan menimbulkan kesan sempit.
  5. Dalam memilih furnitur, sebaiknya kita perlu berhati-hati. Akan lebih baik jika furnitur yang dipilih memiliki konsep sederhana tanpa profil dengan ukiran yang berwarna gelap. Misalnya coklat gelap atau hijau tua.
  6. Ruangan keluarga sebaiknya menggunakan warna tua misalnya coklat. Bisa pula menggunakan permainan warna serat kayu yang diberi politur sehingga mampu menimbulkan kesan alami. Untuk furnitur yang akan dipasang di ruang keluarga sebaiknya menggunakan pola yang sederhana yang tidak terlalu banyak ukiran.
  7. Bagian kamar tidur, sebaiknya diberikan dinding dengan warna cerah. Apabila kita ingin menggunakan aksen, pilihlah aksen yang biasanya terdapat di bagian belakang headboard ranjang. Kita bisa pula menggunakan teknik wallpaper sebagai hiasan bagian dinding. Untuk wallpaper ini, sebaiknya gunakan motif yang berkesan alami seperti anyaman bambu atau daun-daunan. Untuk memilih tempat tidur pun, sebaiknya pilihlah tempat tidur yang sesuai kebutuhan. Jangan menggunakan tempat tidur yang ukurannya terlalu besar karena hanya akan menyita ruangan dalam kamar.

Tips Rumah Minimalis

Rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki banyak keterbatasan. Oleh karena itu, kita harus melakukan perawatan khusus agar rumah bisa tetap terlihat sejuk, berkesan luas dan juga menjadikan penghuninya betah berada di dalamnya.

Untuk itu, salah satu hal yang perlu dijaga adalah masalah kebersihan. Penghuni rumah minimalis harus rajin menjaga kebersihan rumahnya. Sebab apabila salah satu bagian saja terlihat kotor maka akan mudah terlihat dari bagian lain.

Selain itu, penghuni rumah minimalis ini tidak boleh menyimpan barang yang sudah tidak terpakai di dalam rumah. Karena hal itu hanya akan menyebabkan ruangan mudah terlihat sempit. Buang atau simpanlah barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi agar rumah tetap terlihat longgar.

Yang paling penting untuk diperhatikan dalam membuat rumah minimalis ini adalah masalah tempat pembuangan sampah. Jangan sampai kita melupakan bagian ini, karena jika tidak ditangani dengan baik maka sampah akan menyebabkan rumah menjadi kurang nyaman untuk ditempati.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

interior rumah (13)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait