Keuntungan Pagar Rumah Minimalis

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Pagar Rumah Minimalis

Pagar Rumah Minimalis

Pagar rumah minimalis kini banyak menjadi pilihan bagi masyarakat yang hendak membuat pagar halaman. Konsep ini terutama sudah banyak diadopsi oleh masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan maupun di wilayah perumahan.

Biasanya, konsep pagar rumah minimalis ini banyak disukai oleh mereka yang mengutamakan kepraktisan dan efisiensi. Konsep ini menggeser konsep rumah lama yang banyak menggunakan pagar dengan model yang tinggi menyerupai benteng. Akibatnya, rumah dengan pagar yang tinggi menjulang ini akan menjadi terasing dari lingkungannya. Meski pada awalnya, orang membuat pagar halaman tinggi ini untuk meningkatkan keamanan rumah mereka dari gangguan orang yang kurang bertanggung jawab.

Namun dengan semakin banyaknya kasus yang menimpa rumah yang memiliki pagar halaman seperti beteng, orang mulai berpikir hal lain. Rumah dengan pagar yang tinggi, menyebabkan akses masuk ke rumah tersebut menjadi terbatas. Akibatnya, apabila terjadi kebakaran akan menyulitkan proses pemadaman. Demikian juga, bila terjadi sesuatu di dalam rumah tersebut, masyarakat yang ada di sekeliling rumah tidak akan mengetahuinya.

Akhirnya hal-hal tersebut yang mulai menimbulkan pemikiran baru di kalangan kontraktor pembangunan rumah atau mereka yang ingin membuat rumah yang dilengkapi pagar. Salah satunya dengan menciptakan pagar rumah minimalis, guna mengantisipasi terjadinya resiko yang bisa menimpa pada rumah yang memiliki halaman tertutup.

Di perkotaan, bangunan yang memiliki pagar rumah minimalis ini biasanya berada di dalam kompleks sebuah perumahan. Hal ini mengingat di kawasan tersebut, masalah keamanan sudah diserahkan kepada petugas keamanan. Sehingga bisa mencegah kemungkinan terjadinya kriminalitas di dalam komplek perumahan.

Di sini, fungsi pagar rumah minimalis sudah bergeser. Pagar rumah tidak lagi berperan untuk alat penjaga keamanan rumah. Keberadaannya lebih condong sebagai pemanis dan pelengkap bangunan rumah yang ada, serta sebagai pembatas antara satu halaman rumah dengan halaman rumah lainnya.

 

Keuntungan Pagar Rumah Minimalis

Di sisi lain, semakin banyaknya tren pembangunan pagar rumah minimalis ini juga disebabkan beberapa hal. Kelebihan pagar rumah minimalis antara lain :

  1. Pagar rumah minimalis ini cenderung lebih menghemat dari sisi biaya pembuatannya. Hal ini karena pembuatan pagar tidak perlu dilakukan secara rapat dan menyeluruh. Cukup pada beberapa bagian yang dianggap perlu serta memungkinkan saja, mengingat perannya lebih sebagai aksesoris rumah.
  2. Tidak mengurangi estetika keindahan rumah. Dengan pagar rumah minimalis, akan menyebabkan rumah bisa lebih terlihat secara utuh dan menyeluruh. Hal ini berbeda jika rumah dikelilingi oleh pagar yang menutup bangunan rumah, sehingga keindahannya tidak bisa terlihat. 
  3. Mudah untuk dibersihkan. Dengan pagar yang minimalis, kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan pagar halaman rumah. Bandingkan jika pagar rumah berupa bangunan permanen yang dibuat secara rapat, tentu lebih membutuhkan waktu tersendiri untuk membersihkannya. 
  4. Tidak mengganggu sirkulasi udara di dalam rumah. Hal ini akan menyebabkan kualitas udara yang ada di lingkungan rumah menjadi lebih sehat dan rumah pun lebih nyaman untuk ditempati. 
  5. Mudah pembuatannya. Dengan konsep minimalis, maka proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit sehingga waktu pembangunannya pun akan lebih singkat.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait