Rumah dari Kontainer Bekas yang Bikin Gemas

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Rumah dari Kontainer Bekas

Rumah dari Kontainer Bekas

Gemas sekali melihat gambar rumah-rumah cantik yang menunjukkan bahwa sebuah rumah dari kontainer bekas kok bisa saja dibuat ya. Mungkinkah rumah seperti ini bisa didirikan di Indonesia?

Lebar satu kontainer yang 2,4 meter tersebut bisa disulap menjadi rumah-rumah lucu, imut, dan indah yang tentunya membuat gemas yang melihatnya. Bahkan ada yang memanfaatkan kontainer-kontainer bekas tersebut untuk membuat rumah penampungan bagi korban bencana. Satu kontainer bisa diisi oleh satu keluarga dengan 5 anggota keluarga.

Rasanya otak-otak kreatif bangsa ini pasti bisa berkreasi dengan kontainer bekas

Kontainer bekas ini diyakini jauh lebih baik dibandingkan dengan tenda yang bisa saja bocor atau diterbangkan oleh angin.

Pemerintah Indonesia dan para penolong sukarelawan sudah seharusnya memikirkan penggunaan kontainer bekas sebagai tempat berteduh sementara.

Memang gemas juga kalau kontainer bekasnya ada, tapi alat angkut dan tenaga profesional yang bisa mengubah kontainer bekas menjadi tempat tinggal sementara, tidak ada. Walaupun begitu, keberadaan kontainer bekas yang semakin banyak harus dimanfaatkan dengan baik.

Kalau gerbong kereta api atau bangkai bis bekas bisa dibuat restoran unik dan nyentrik, rasanya otak-otak kreatif bangsa ini pasti bisa berkreasi dengan kontainer bekas. Mereka yang kreatif pasti gemas ingin segera menyalurkan imajinasinya pada setumpukkan kontainer bekas.

Rumah dari Kontainer Bekas yang Bikin Gemas

Rumah dari kontainer bekas tersebut memang membuat gemas. Bayangan kalau tinggal di rumah terbuat dari kontainer bekas itu sumpek dan panas, tidak akan terjadi di rumah kontainer bekas yang dirancang oleh seorang arsitektur berasal dari Perancis yang bernama Patrick Partouche ini.

Rumah yang terbuat dari 8 buah kontainer bekas itu disusun sedemikian rupa sehingga terlihat terang dan mampu memanfaatkan sinar matahari secara maksimal. Agar tidak panas, sang arsitektur menggunakan kaca yang penolak panas jenis low E-coatings. Dengan segala rancangannya, rumah dari kontainer bekas ini mampu membuat siapapun gemas, dan ingin memilikinya.

Dari luar rumah ini pasti akan membuat orang gemas. Dalam rumahnya pasti akan semakin membuat orang lebih gemas lagi. Penataan ruang yang begitu sempurna untuk ukuran kontainer. Kamar memanjang dipasangi tempat tidur yang memanjang pula sehingga semakin menambah harmonis suasana.

Rumah yang dibuat dua tingkat tersebut dicat dengan warna terang dan perabotannya juga bercat silver sehingga suasana rumah terkesan luas.

Empat buah kontainer yang digunakan dibagian bawah dibuka sehingga yang dipakai hanya kerangka kontainernya saja yang sekaligus berfungsi sebagai dinding rumah.

Tangga yang menghubungkan kedua lantai rumah tersebut dibuat spiral dan dicat dengan warna silver juga. Benar-benar desain rumah yang bikin gemas.

Agar suara lantai ketika diinjak tidak menggema, karpet adalah solusinya. Selain karpet, bisa juga dilapisi dengan kayu atau jenis penutup lantai lainnya. Pintu kontainer banyak dijadikan bukaan yang memungkinkan angin dan cahaya bebas masuk rumah.

Hal yang lebih membuat gemas lagi dari rumah kontainer bekas ini adalah bahwa biaya pembuatan dan waktu pengerjaan relatif jauh lebih murah dengan waktu yang lebih singkat.

Tidak harus meragukan konstruksi kontainer bekas yang sudah membuat takjub dan begitu menggemaskan ini.

Letak kontainer yang digunakan dalam pembangunan rumah ini juga tidak harus berbentuk kubus. Bisa saja dibuat menyelang atau saling tindih. Tentunya rancangan awal akan sangat menentukan bagaimana hasil akhir dari rumah kontainer bekas ini.

Apakah akan semakin membuat orang gemas atau akan membuat orang ngeri dan ragu untuk tinggal di rumah yang terbuat dari kontainer bekas.
Menimbang harga pembuatan rumah kontainer bekas yang bikin gemas.

Tentu saja tenaga ahli sangat dibutuhkan dalam pembuat rumah yang bikin gemas banyak orang ini. Tapi dengan semakin canggih teknologi, semua itu bisa dipelajari dengan baik dan dalam waktu yang tidak lama oleh para calon arsitektur hebat dari Indonesia.

Bisnis Rumah dari Kontainer Bekas Bikin Gemas

Rumah Kantor Kontainer Bekas

Tidak hanya rumah tinggal yang bisa dibuat dari kontainer bekas. Rumah kantor atau mungkin hanya kantor saja bisa juga dibuat dari kontainer bekas.

Interiornya yang unik pasti membuat pekerja kantor tersebut gemas dengan keadaan kantor mereka yang tidak biasa. Sebenarnya penggunaan kontainer sebagai tempat berlindung seperti rumah, sudah sejak lama dipakai.

Dengan desain dan warna yang bikin gemas, keberadaan kontainer seperti ini sering dijumpai di proyek-proyek pembangunan terutama proyek pembangunan yang berada jauh dari keramaian.

Misalnya, pembangunan di dalam lahan pembuatan perkebunan atau lahan eksplorasi bahan tambang. Kontainer tersebut dijadikan tempat tidur atau kantor sementara.

Tapi memang rancangannya tidak terlalu bikin gemas karena terkesan sangat kaku dan tidak terlihat cantik.

Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi mulai dari Rp 40 juta – Rp 70 juta sesuai dengan panjang dan interior yang ada di dalam kontainer.

Apapun bahan untuk membangun rumah, ketika rumah itu tampak cantik, anggun, dan bikin gemas, pasti akan dilirik banyak orang.

Tentunya kalau harganya terjangkau, akan banyak orang yang meniru dan ingin membeli rumah semacam itu.

Bagaimanapun ide rumah dari kontainer bekas ini bisa menjadi bahan perenungan. Kalau harga satu kontainer bekas ukuran panjang 12 meter Rp 30 juta, satu rumah cukup dengan 4 buah kontainer bekas.

Itu artinya uang yang dibutuhkan untuk bangunan rumah Rp Rp 120.000.0000. Biaya renovasi dan pengerjaan sekira Rp 50.000.000.

Total biaya untuk rumah dengan ukuran lebar 4,8 meter, panjang 12 meter bertingkat dua, harganya kurang dari Rp 200 juta. Harganya cukup menggemaskan, bukan?

Bandingkan dengan rumah dengan ukuran yang sama. Kalau rumah tersebut berada di lokasi yang strategis, harga rumah ukuran hampir 60 meter persegi itu bisa mencapai Rp 350 juta.

Bukanlah sesuatu yang sangat menggemaskan ketika mampu membuat rumah yang unik tapi tetap cantik dengan harga yang menarik?

Bila sukes membuat rumah murah, meriah, cepat, dan tentunya bikin gemas, maka tidak menutup kemungkinan kalau ada orang lain yang membutuhkan layanan informasi dan konsultasi membuat rumah dari kontainer bekas.

Tentunya hal ini bisa menjadi lahan bisnis baru yang cukup menggiurkan. Dengan promosi yang sedikit gencar dan acara open house bagi rumah yang sudah jadi, cukuplah membuat orang mengenal tipe rumah yang menggemaskan ini.

Kerja sama dengan pengembang bisa juga dilakukan. Selain tentunya kerja sama dengan pemasok kontainer bekas.

Kualitas kontainer juga harus diperhatikan agar rumah yang bikin gemas ini tidak diragukan kekuatan dan keampuhannya serta tidak ada cerita dan berita rumah kontainer bekas roboh atau hancur.

Tipe rumah model kontainer ini ternyata juga diminati oleh masyarakat Jepang. Tapi pembangunannya tidak menggunakan kontainer bekas. Rumah yang menyerupai kontainer tersebut tidak kalah menggemaskannya. Ukurannya yang unik dengan penggunaan tanah yang tidak terlalu luas, membuat banyak orang tertarik dan memesan rumah mirip kontainer ini.

Pemerintah Jepang memang tidak memperbolehkan penggunaan kontainer bekas untuk membuat rumah. Seklipun membuat gemas, kontainer bekas dianggap tidak memenuhi persyaratan bangunan rumah di Jepang. Dengan kondisi dan situasi alam Jepang yang banyak mengalami gempa, ternyata membuat pemerintah Jepang sangat ketat menerapkan syarat pembangunan rumah di negaranya.

Mereka berusaha keras mengantisipasi korban jiwa yang bisa timbul dari setiap bencana gempa yang melanda Jepang. Tapi para pengembang Jepang tidak kehilangan akal. Rumah kontainer yang bikin gemas ini tetap mereka buat tapi dari bahan konstruksi yang berbeda yang tentunya sesuai dengan persyaratan dari pemerintah Jepang.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

lensometer bekas (12),lensometer (2),tv bekas gresik (1)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait