Rumah Minimalis Modern dan Gaya Hidup Masyarakat Borjuis

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Rumah Minimalis Modern

Gaya Rumah Minimalis Modern

Kalau kita berkesempatan mengamati bentuk perumahan di kota-kota besar di Indonesia, maka ada satu gaya arsitektur rumah yang sangat kentara terlihat. Yaitu gaya rumah minimalis modern. Suatu bentuk rumah yang kini semakin banyak diminati oleh masyarakat perkotaan.

Tentu saja gaya rumah minimalis modern tidak akan kita temui di kawasan slum (daerah kumuh), seperti di sepanjang bantaran sungai atau sekitar daerah pembuangan sampah. Begitu pula kompleks perumahan yang padat. Komplek perumahan yang jarak antara satu rumah dengan lainnya dipisahkan oleh tembok rumah itu sendiri. Sangat rapat, bahkan untuk rumah yang saling berhadapan pun, hanya dijeda oleh jalan sempit (gang senggol).

Bukan. Bukan di kawasan pemukiman sangat padat dan kumuh seperti itu kita akan menemukan gaya rumah minimalis modern. Walaupun sebenarnya, rumah minimalis modern akan tepat jika dibangun di kawasan yang secara ruang tidak terlalu luas. Hanya sayangnya, walaupun terkesan minimalis, tapi untuk harga, rumah minimalis modern butuh ’uang maksimalis’. Karenanya, hanya bagi mereka yang berkantong tebal saja (kaum borju) yang dianggap sanggup membangunnya.

Arti Rumah Minimalis Modern

Jika melihat perkembangan arsitektur rumah, maka akan ditemukan bahwa rumah minimalis modern adalah sebentuk gaya rumah masa kini. Dibangun untuk merespon gaya hidup masyarakat modern yang mengutamakan unsur efisiensi dalam segala hal. Termasuk pula dalam memilih gaya rumah, lebih disukai yang efisien dalam hal tampilan (meminimalisir unsur dekoratif rumah) dan pemanfaatan ruang seoptimal mungkin. Dari sinilah, konsep rumah minimalis modern terlahir.

Berbeda misalnya konsep rumah pada abad pertengahan (gaya rumah klasik). Ketika itu, arsitektur rumah sangat berbeda dengan gaya rumah minimalis modern. Gaya rumah klasik umumnya dipenuhi berbagai ornamen atau ukiran berciri Yunani-Romawi klasik, dominan unsur lengkung di setiap sudut rumah, dan bahan rumah yang mahal dan susah ditemukan (seperti batu pualam). Contoh paling jelas adalah rumah bergaya Gothic. Arsitektur rumah khas Eropa itu, sempat menjadi idola bagi pembuatan rumah-rumah di Indonesia.

Rumah minimalis modern juga berbeda dengan rumah bergaya etnik, yaitu arsitektur rumah yang terispirasi pada salah satu rumah adat di nusantara. Seperti gaya rumah yang terinspirasi dari rumah adat Bali yang kaya dengan unsur ornamennya (ukiran), atau rumah adat Jawa dengan Joglonya. Gaya rumah yang memadukan unsur-unsur etnik tersebut, juga pernah jadi pilihan dan banyak diminati.

Namun kini, tren arsitektur rumah di kota-kota besar di Indonesia mulai bergeser. Dari gaya rumah klasik dan etnik, berpindah ke gaya rumah minimalis modern. Ada pun ciri paling khas dari rumah minimalis modern adalah desain yang mengutamakan sisi kepraktisan dan multiguna, serta cerdik dalam memanfaatkan lahan atau ruang dengan bahan seminimalis mungkin tapi tetap tidak meninggalkan sisi estetisnya (elegan untuk dilihat).

Untuk itu, rumah minimalis modern sangat meminimalkan penggunaan unsur dekoratif seperti yang banyak terdapat pada gaya rumah klasik dan etnik. Simpel dan menampilkan elemen-elemen rumah seperlunya saja. Sehingga bisa dikatakan bahwa rumah minimalis modern adalah antitesa dari gaya rumah klasik dan etnik.

Esensial dan fungsional, itulah ciri utama dari arsitektur rumah modern. Ini bisa terlihat dari karakter rumah yang jelas dan kokoh, minim penggunaan aksesoris rumah, pengaturan pencahayaan dan sirkulasi udara yang maksimal, dan pemilihan warna cat rumah yang bukan hanya enak dilihat tapi juga mampu menghilangkan kesan sempit. Semakin sederhana desain suatu rumah, maka makin berarsitektur minimalis rumah tersebut.

Rumah Minimalis Modern sebagai Gaya Hidup Kaum Borju

Rumah bagi manusia punya peran penting. Rumah tak hanya sebagai tempat tinggal, tapi juga berfungsi sosial. Untuk itu, rumah didesain senyaman dan seindah mungkin. Sehingga membuat penghuninya betah berdiam di dalam rumah, dan secara sosial pemiliknya akan bangga dengan keberadaan rumah tersebut. Kedua konsep ini, yakni nyaman untuk ditinggali dan punya nilai prestise di mata masyarakat, ada pada desain rumah minimalis modern.

Disebut sebagai tempat yang nyaman untuk ditinggali, rumah minimalis modern jelas menawarkan hal tersebuat. Penataan ruang seoptimal mungkin (tanpa ada ruang yang secara fungsional kurang berfungsi) serta pengaturan cahaya dan sirkulasi udara yang baik, akan membuat siapa pun dijamin betah berlama-lama tinggal di dalam rumah minimalis modern.

Saat ini rumah minimalis modern menempati peringkat teratas dalam pilihan masyarakat perkotaan di Indonesia. Tren keberadaan rumah minimalis modern dimulai sejak tahun 2009, dan terus berlanjut hingga sekarang (2012). Bahkan, diperkirakan desain rumah minimalis modern masih tetap diminati hingga beberapa tahun kemudian. Ini membuat secara sosial, rumah minimalis modern mengandung nilai prestise yang tinggi. Dan dianggap sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Hanya saja, seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa rumah minimalis modern masih termasuk langka. Belum lazim terlihat. Hanya pada tempat-tempat tertentu, kita bisa melihat beragam rumah minimalis modern dibangun. Dimiliki oleh sekelompok elite masyarakat, yaitu mereka yang secara kemampuan finansial berada di atas rata-rata masyarakat pada umumnya.

Kaum borju adalah nama yang biasa dilekatkan untuk menyebut kelompok elit masyarakat ini. Kata’borju’ merupakan kata sifat dari kata ‘borjuis’ yang jika diartikan secara luas adalah sebuah kelas sosial berisikan orang-orang dari kalangan menengah atas. Mereka atau orang kaya baru tersebut sangat tanggap terhadap berbagai hal yang bernuansa modern. Salah satunya adalah kecenderungan memiliki rumah minimalis modern sebagai desain yang disukai untuk tempat tinggal mereka.

Selain itu, filosofi yang terkandung di balik rumah minimalis modern memiliki keselarasan dengan gaya hidup kaum borju, yakni mengedepankan konsep yang terlihat sederhana namun bergaya sangat modern. Konsep sederhana atau simpel ini (minimalis) merupakan ciri khas kaum borju yang dalam kesehariannya terbiasa dengan hidup serba praktis, fungsional, dan efisien.

Rumah Minimalis Modern Untuk Semua

Rumah minimalis modern sejatinya dapat diaplikasikan bagi semua kalangan. Jadi, tidak hanya kaum borju yang memilih desain rumah serba efisien tersebut. Apalagi untuk wilayah perkotaan yang keberadaan lahan kosong makin susah didapatkan. Nah, kenyataan ini dapat disiasati dengan membangun tempat tinggal atau bangunan berdesain rumah minimalis modern.

Konsep rumah minimalis modern, tak hanya cocok bagi bangunan di lahan terbatas (sempit), tapi juga dengan keterbatasan ruang untuk membangun tetap dapat menawarkan kenyamanan dan keindahan optimal bagi pemiliknya. Dengan penataan perabotan rumah seefisien mungkin, penghilangan unsur dekoratif yang tak perlu, serta pemilihan warna cat yang tepat, rumah minimalis modern akan jadi rumah idaman semua orang. Inilah kelebihan dari rumah minimalis modern yang tak dimiliki oleh gaya rumah klasik atau etnik.

Namun, karena adanya persepsi yang tidak tepat di masyarakat, yang menganggap bahwa rumah minimalis modern identik dengan desain rumah mewah, membuat banyak kalangan tidak menjadikannya sebagai desain pilihan ketika membangun tempat tinggal. Padahal, ide awal dari lahirnya gaya rumah minimalis modern adalah menjawab permasalahan makin terbatasnya lahan untuk membangun, tanpa meninggalkan unsur keindahan dan kenyamanan.

Jadi, prinsip efisiensi adalah ruh utama dari rumah minimalis modern. Baik itu efisiensi pada desain rumah, maupun efisiensi dalam hal biaya untuk menbuat rumah tersebut.  Karenanya, andai saja persepsi keliru tersebut dihilangkan, maka kita akan menyaksikan pemandangan rumah pemukiman penduduk di perkotaan akan didominasi oleh rumah minimalis modern. Deretan rumah yang memadukan keterbatasan ruang dengan konsep minimalis, sehingga terlahir rumah yang kental dengan nuansa keindahan sekaligus nyaman untuk ditinggali.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

papercraft rumah minimalis (16)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait