Mengenal Tatanan Interior Ruang Tamu

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Tatanan Interior Ruang Tamu

Penataan Ruang Tamu

Ruang tamu atau kamar tamu kini sudah menjadi bagian penting dalam bangunan rumah. Betapa tidak, semua manusia merupakan mahluk sosial yang tak dapat lepas dari hubungan dengan yang lain. Rata-rata tiap orang selalu ingin meluangkan waktu untuk silaturahmi atau pun sekedar berkumpul bersama kerabat dan teman.

Sungguh sangat menyenangkan apabila kita mengajak mereka untuk datang dan bercengkrama di rumah kita. Tempat utama yang akan disinggahi oleh para tamu umumnya adalah ruang tamu. Oleh karena itu, tiap rumah akan membutuhkan ruangan tersebut.

Tentunya sangat tidak mungkin bila kita menyuruh mereka untuk langsung masuk ke ruangan lain, seperti kamar tidur, dapur atau ruang-ruang lainnya. Apabila kamar tamu tidak ada, rasanya seperti ada yang kurang lengkap dalam suatu rumah. Ruangan tersebut juga dapat ditata sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Penataan kamar tamu yang umumnya selaras dengan suatu konsep dapat merubah tampilan ruangan menjadi lebih menawan. Artikel berikut ini membahas dekorasi tersebut. Penulis akan memaparkan cara menata suatu ruangan tersebut serta pemilihan produk-produk yang tepat.

Peranan Ruang Tamu di Dalam Rumah

Tanpa terasa, waktu berjalan sangat cepat seiring dengan rutinitas kesibukan yang kita lakukan setiap hari. Hal seperti itu dapat menyebabkan beberapa orang diantara kita merasa kehilangan suatu momen dalam kehidupan mereka. Rumah dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kenyamanan pikiran Anda.

Rumah terdiri dari beberapa ruangan. Ruang-ruang tersebut di antaranya kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur, dan lain-lain. Namun, jika diperhatikan, bagian ruangan yang cocok untuk digunakan sebagai tempat interaksi hanya kamar tamu dan ruang keluarga.

Tentunya interaksi di ruang keluarga ruang lingkupnya lebih sempit bila dibandingkan dengan kamar tamu. Menurut fungsi utamanya, ruang yang penuh kehangatan tersebut dapat menciptakan suatu kebersamaan sehingga keakraban senantiasa tercipta di antara keluarga. Untuk lebih mendapatkan manfaat dari suatu ruangan, tentu Anda perlu mendekorasi ruang tersebut agar tampak lebih menarik.

Pada dasarnya, ruang untuk menjamu tamu tidak harus selalu memerlukan ruangan yang besar. Dengan ukuran yang mini atau kecil pun dapat menciptakan suatu kehangatan dan kenyamanan tersendiri. Di tempat ini juga setiap anggota keluarga bebas berekspresi melalui hal apapun yang mereka sukai.

Kumpulan ide-ide dan imajinasi dari masing-masing individu dapat digabungkan dengan penataan sofa atau furnitur lainnya. Saat ini, format penataan kamar tamu sudah sangat variatif. Hal itu tampak jelas dari desain dan tatanan ruang tamu modern.

Bentuk ruangannya bisa dibedakan melalui ukuran, gaya, tipe. Pemilihan desain dapat disesuaikan dengan pribadi dan karakter pemilik rumah. Campuran warna dan gabungan dari berbagai tekstur yang pas akan memberikan efek dekorasi yang sangat menawan.

Teknik Penataan Ruang Tamu

Penempatan kamar tamu terkadang memiliki kendala dengan ukuran bangunan rumah. Namun, hal seperti itu kini dapat diatasi dengan berbagai konsep desain model ruangannya. Teknik penataan kamar tamu merupakan hal yang harus diperhatikan. Alasannya,  supaya ruangan tidak hanya nyaman tetapi juga memiliki nilai keindahan yang mempesona.

Untuk membuat suatu ruang tamu, kita membutuhkan kemampuan serta ide-ide inspiratif untuk menyiasati kondisi ruangan. Alangkah baiknya sebelum membahas tentang teknik penataan kamar tamu idaman, Anda harus memahami dengan baik kategori ruangan yang ada di rumah Anda. Misalnya kategori ukuran luas atau kecil. Selain itu, Anda juga harus menentukan  desain apa yang akan diaplikasikan ke dalam ruangan tersebut.

Jika Anda gemar mendesain, lebih baik Anda rancang sendiri agar nantinya sesuai dengan keinginan Anda. Namun, bila Anda ingin yang cara lebih praktis, Anda dapat mencari ide-ide desain ruang tamu lewat majalah, buku, atau internet. Melalui dua pilihan cara tersebut, Anda akan dapat menentukan desain seperti apa yang akan dibuat.

Pilihan desain amat beragam. Ada desain bergaya minimalis, klasik, modern, atau desain buatan Anda sendiri. Setelah Anda memahami hal itu, semakin mudah bagi Anda dalam penentuan warna cat dinding agar menambah keindahan ruangan.

Jika tidak ingin di cat, Anda juga dapat menggantinya dengan wallpaper yang cocok dengan desain pilihan Anda. Setelah pengaturan warna dinding selesai, Anda dapat beralih pada bagian furnitur dan perabot lainnya. Untuk menetapkan furnitur atau perabot yang akan digunakan, hendaknya Anda memahami tipe atau jenis sofa serta furnitur lain yang ada.

Jenis sofa ada yang statis (tidak dapat ditata ulang), tetapi ada juga yang dapat ditata sesuai dengan kebutuhan dan tipe kamar tamu. Umumnya, sofa yang memiliki model yang bisa ditata dapat dipisah-pisahkan serta bentuknya sesuai dengan tipe ruangan. Gunakan sofa yang memiliki bentuk menarik dengan warna yang berbeda agar suatu ruangan tidak terkesan membosankan.

Furnitur untuk kamar tamu pun mempunyai beragam jenis. Ada kursi tanpa lengan, kursi memiliki lengan, bangku ( jenis tempat duduk yang tidak memakai sandaran di bagian punggung serta lengan),  meja dengan beragam tipe, seperti meja kopi, meja samping (nakas), meja konsol, dan kredenza. Biasanya, furnitur-furnitur tersebut juga dilengkapi dengan tempat untuk menyimpan suatu benda. Hal paling penting dalam memilih furnitur, yaitu Anda harus memperhatikan ukuran ruangan.

Jika ruangan berukuran kecil, Anda tidak perlu meletakkan banyak furnitur yang kurang dibutuhkan pada ruang tamu. Akan lebih baik jika Anda hanya meletakkan meja dan sofa di ruang tersebut. Untuk mempercantik ruangan, Anda dapat menambahkan lukisan dinding, hiasan – hiasan berukuran kecil, atau pun pajangan lain.

Sebaiknya, letakkan barang-barang pecah belah, seperti guci, patung keramik di tempat yang aman. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir jika ada tamu yang datang membawa anak kecil. Koleksi Anda tidak akan terjambah oleh mereka.

Jenis – jenis Sofa Menurut Ukuran Ruang Tamu

Individual sofa

Individual sofa merupakan sofa yang berdiri sendiri yang umumnya dikombinasikan menurut jumlah tempat duduknya sesuai dengan kebutuhan. Tata ruang tamu dengan tipe individual sofa dapat membuat kesan formal. Hal itu terlihat dari posisi duduk dengan kaki menyentuh lantai. Untuk penataan menurut ruangannya dibedakan menjadi tiga.

  • Individual sofa untuk ruang tamu yang berukuran kecil

Gabungan satu sofa dua dudukan serta satu sofa tunggal sudah dapat mengisi ruangan berukuran mungil. Setelah itu, Anda juga dapat meletakkan bangku seperti sofa tanpa sandaran. Bangku seperti itu sering disebut dengan ottoman. Ottoman juga dapat beralih fungsi menggantikan meja kopi atau rak penyimpanan kecil.

  • Individual sofa untuk ruang tamu yang berukuran sedang

Gabungkan satu sofa dua dudukan dengan dua sofa tunggal. Kemudian, letakkan meja kopi berbentuk persegi berukuran rendah dangan laci yang banyak.

  • Individual sofa untuk ruang tamu yang berukuran besar

Apabila Anda mempunyai ruangan dengan ukuran besar, Anda akan lebih leluasa untuk penempatan sofa. Letakkan dua sofa tiga dudukan dengan dua sofa tunggal atau satu sofa dengan tiga dudukan yang dapat diselaraskan dengan sofa tunggal yang dilengkapi dengan ottoman.

Sectional Sofa

Maksud dari sectional sofa, yaitu penataan sofa dengan beragam jenis, bentuk, dan ukuran yang disusun bersama-sama menjadi satu bentuk model tatanan interior. Tipe sofa seperti ini dapat membuat kesan yang intim serta tidak formal atau lebih santai. Umumnya, sofa tipe ini terdiri dari tiga dudukan, dua dudukan, sofa tunggal dan ottoman.

Bila keseluruhan bagian sofa tersebut digabungkan akan menghasilkan satu model sofa dengan ukuran yang besar. Oleh karena itu satu keluarga pun dapat menggunakannya secara bersama-sama. Anda tidak hanya bisa duduk, melainkan Anda sekeluarga dapat melakukan kegiatan membaca, tiduran, bersantai, dan menikmati acara televisi yang mengasyikan.

Perlu Anda ketahui, bahwa hal paling utama dalam penataan ruang tamu, yakni penentuan furnitur dengan ukuran ruangan. Jadi, jika Anda ingin menata ruangan, Anda harus dapat menentukan kategori ruangan yang Anda miliki. Setelah mengukurnya pastikan diisi dengan furniture yang sesuai.

***

Wallpaper adalah salah satu elemen desain interior yang bisa digunakan untuk menciptakan karakter dalam suatu ruangan, termasuk ruang tamu. Dengan aneka pola dan warna, ia bisa membuat ruang tamu Anda lebih hidup.

Tips Memasang Wallpaper

Namun, sebelum memutuskan untuk melapis dinding ruang tamu Anda dengan wallpaper, cermatilah hal-hal berikut:

  • Evaluasi ruang tamu Anda secara keseluruhan. Pertimbangkan ukuran, tata letak, perabot ruang tamu,  serta gaya keseluruhan ruangan. Pertimbangkan pula, usia rumah Anda, serta arsitektur alaminya yang unik.
  • Sesuaikan corak wallpaper dengan karakter yang ingin Anda tonjolkan dari ruang tamu Anda. Misalnya, corak abstrak menampilkan karakter ruang tamu modern, sementara corak bunga menciptakan kesan alami ruang tamu yang nyaman.
  • Perbedaan warna, corak dan tekstur wallpaper memiliki efek yang berbeda bagi setiap ruangan. Untuk menciptakan kesan ruang tamu yang lapang, pilihlah wallpaper berwarna cerah dan corak halus. Sementara untuk ruang tamu yang luas, Anda bisa memilih wallpaper dengan tekstur dan warna tegas.
  • Karena ruang tamu adalah ruangan yang paling banyak digunakan untuk bersosialisasi dengan tamu, pastikan wallpaper pilihan Anda bisa menambah daya tarik visual dari ruang tamu Anda.
  • Sebelum memasang wallpaper, bersihkan dinding ruang tamu Anda dari paku. Amplas permukaan dinding, dan tambal lubang-lubang kecil sampai permukaan dinding rata.
  • Gunakan larutan pembersih khusus dinding, untuk menghilangkan debu, dan kotoran.
  • Mulailah memasang wallpaper dari sebelah kanan pintu atau jendela.

Tips Memilih Wallpaper:

Wallpaper tersedia dalam aneka corak dan warna. Agar tak salah pilih, cermatilah hal-hal sebagai berikut:

  • Untuk ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur orang dewasa: pilih wallpaper dari bahan vinil.
  • Untuk dapur, kamar mandi, kamar tidur anak, serta lorong: pilih wallpaper dari bahan vinil tebal berlapis. Ini karena, bahan jenis ini relatif lebih mudah dibersihkan dan lebih awet.
  • Sesuaikan warna dan corak wallpaper dengan kesan yang ingin Anda ciptakan. Misalnya warna hijau di ruang keluarga untuk menciptakan efek teduh dan menenangkan, warna kuning di dapur untuk menciptakan semangat, warna gelap untuk menciptakan efek formal, warna-warna primer yang terkesan kreatif untuk kamar tidur anak, serta warna-warna netral untuk perpustakaan.
  • Agar warna dan corak wallpaper Anda serasi, pastikan untuk membeli gulungan jenis sama dalam jumlah banyak.

Artikel Terkait: