Gorden – Penghias Interior Ruangan

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Bahan Gorden

Memilih Gorden

Gorden. Siapa yang tak kenal dengan alat pelengkap rumah tangga ini? Fungsinya yang cukup besar membuat semua orang pasti memilikinya dan menggunakan di rumahnya. Jendela rumah biasanya akan dilengkapi dengan tampilan gorden yang manis. Saat matahari sedang terik, gorden sangat bermanfaat untuk menutupi sinar matahari dan mencegahnya masuk ke dalam rumah sehingga aktivitas di dalam rumah tak akan terganggu.

Kehadiran gorden dalam ruangan tak hanya sekadar sebagai pembatas atau menghindari panasnya sinar matahari, tetapi gorden juga bisa menjadikan ruangan menjadi indah. Ruangan akan terlihat lebih menarik dengan gorden yang Anda punyai.

Banyaknya gorden yang muncul dengan model berbeda menjadikan ruangan akan berubah terlihat elegan. Estetika ruangan terasa begitu hangat dengan adanya gorden yang mempermanis interior ruangan Anda.

Gorden kini tak hanya sekadar penghalang panas atau penutup jendela, melainkan sudah beralih fungsi menjadi penghias interior rumah. Lihat saja, banyak rumah-rumah atau kantor yang memakai gorden dengan hiasan yang unik dan menarik.

Biasanya di rumah-rumah akan terlihat gorden dengan bahan lembut yang menjuntai hingga ke lantai yang dilengkapi dengan hiasan gelang-gelang pada sisi kiri dan kanannya.

Warna gorden yang cantik semakin mempermanis ruangan sehingga Anda akan betah berlama-lama tinggal. Tampilan gorden yang beraneka ragam pun menjadikan ruangan akan semakin indah dipandang mata. Selain berguna sebagai pembatas ruangan, penutup jendela, gorden pun hadir dengan cita rasa seni yang tinggi.

Gorden – Kulit Hewan Hingga Kain

Dalam bahasa Inggris, gorden atau tirai disebut dengan istilah drape atau curtain. Gorden atau tirai merupakan sepotong kain yang berfungsi untuk mengurangi atau menghalangi cahaya matahari yang masuk dari luar jendela, serta menutupi pemandangan luar maupun dalam rumah melalui jendela.

Tahukah Anda ketika zaman dulu penggunaan gorden terbuat dari kulit hewan? Ya. Gorden atau tirai pertama kalinya terbuat dari kulit hewan yang digantung di atas atau di dekat pintu. Penduduk asli Amerika Utara telah menggunakan gorden yang terbuat dari kulit hewan untuk dijadikan tenda. Sebagai penutup pintu tenda, mereka menjadikan kulit hewan sebagai gorden yang bisa ditutup dan dibuka.

Seiring dengan perkembangan tekstil, pembuatan gorden pun dimulai dan dilakukan pertama kalinya oleh bangsa Eropa dan Amerika. Namun, sebenarnya menurut sejarah justru orang Cina dan India sudah memproduksi tekstil sebagai pembatas pintu dan pemisah ruangan sebelum orang-orang Eropa membuatnya.

Pembuatan model gorden yang bertumpuk-tumpuk diilhami oleh orang-orang Eropa. Saat itu, banyak rumah-rumah yang bergaya renaisance dengan jendela-jendela besar dan tinggi serta pintu rumah besar.

Rumah-rumah tersebut awalnya bisa terlihat karena jendela-jendela berukuran tinggi dan besar tidak tertutup oleh gorden. Semua orang bisa melihat aktivitas yang ada di dalam rumah, bahkan setiap orang bisa masuk dengan leluasa karena tak ada penghalang. Hal ini tentu saja merisaukan pemilik rumah, hingga orang-orang mulai berpikir dan membuat ide kreatif dalam pembuatan gorden berukuran besar dimulai.

Hingga kini, kemunculan gorden semakin berkembang dan beragam. Gorden tampil dengan aneka corak, model, dan warna. Model gorden disesuaikan dengan interior rumah. Gorden tak lagi muncul hanya berupa potongan kain berbentuk lurus panjang saja, tetapi kini telah hadir dengan ornamen dan aksesoris yang bervariasi.

Inovasi pembuatan gorden mengikuti trend rumah yang ada sekarang. Gorden ada yang mempunyai model minimalis, ada yang model klasik, bahkan ada yang model modern ala kerajaan.

Gorden pun tak lagi menjadi sebuah barang keperluan rumah tangga yang mahal. Banyak penjual gorden yang menawarkan harga bervariasi dan terjangkau bagi semua orang. Gorden pun mengalami perkembangan dalam pembuatannya. Saat ini gorden dirancang tak hanya sekadar sebagai penghias rumah saja, melainkan gorden dibuat dan dilengkapi dengan kemudahan dalam membersihkannya.

Gorden pun ada yang bisa menyerap suara, memunyai daya tahan yang tinggi terhadap sinar matahari sehingga tidak gampang rusak dan tahan lama, ada juga gorden yang tahan api dan kekuatannya menahan minyak dan debu sangat tinggi.

Tips Membeli Gorden

Gorden hadir dalam berbagai bentuk dan model. Semakin rumit model gorden, semakin mahal harganya. Tak  hanya itu saja, kualitas bahan yang digunakan dalam pembuatan gorden pun akan berpengaruh terhadap murah atau mahalnya sebuah gorden.

Ketika Anda hendak membeli gorden ada beberapa hal penting yang bisa Anda cermati, di antaranya:

  • Ruangan apa yang hendak dipasangi gorden. Ketika Anda  hendak membeli sebuah gorden, harus diperhatikan fungsi gorden terhadap ruangan. Apakah gorden hanya untuk menghiasi ruangan atau untuk pembatas ruangan di rumah. Ketika Anda sudah tahu ruangan apa yang akan dipasangi gorden, Anda bisa memilih gorden yang sesuai. Misalnya jika gorden yang dipakai hanya berfungsi sebagai hiasan ruangan, Anda bisa memilih gorden yang terbuat dari manik-manik kerang.
  • Model gorden. Pilihlah model gorden yang akan Anda beli dengan desain interior rumah. Jangan sampai Anda memilih gorden bermodel klasik sementara rumah Anda berkesan minimalis. Anda tidak ingin ruangan terlihat lebih “tebal” dan “berat” karena tampilan gorden klasik yang bertumpuk-tumpuk, bukan? Model gorden pun bisa berpengaruh terhadap awet atau tidaknya sebuah gorden. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, janganlah membeli gorden dengan model manik-manik kerang atau berlian. Anak bisa saja menjangkau gorden dan khawatir memakan manik-manik kerang dan berlian tersebut.
  • Bahan gorden. Bahan gorden bermacam-macam. Ada Gorden terbuat dari bahan yang lentur, ada yang berbahan ringan, atau bahan gorden yang berguna untuk meredam suara. Jenis bahan gorden apakah yang Anda inginkan? Apakah gorden yang terbuat dari bahan sutra, bahan katun,  bahan satin, linen atau bahan beludru? Pastikan ketika Anda memutuskan memilih jenis bahan gorden harus disesuaikan dengan ruangan yang akan dipakaikan gorden tersebut.
  • Warna gorden. Pilihlah warna gorden yang sesuai dengan dinding dan furniture rumah Anda. Jika ingin memilih warna yang berbeda,  hendaknya warna gorden harus terlihat serasi dengan cat rumah serta furniture rumah Anda. Memilih gorden berwarna pastel atau putih biasanya akan serasi dengan warna furniture dan cat rumah apa pun.
  • Harga gorden. Hal yang terakhir yang harus dicermati saat memilih gorden adalah harga. Setiap bahan gorden mempunyai harga yang berbeda-beda sehingga akan berimbas pada dana yang Anda anggarkan. Tak hanya bahan gorden yang mempengaruhi harga gorden, model gorden pun akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Jangan sampai Anda mengeluarkan dana berlebih untuk sebuah gorden yang ternyata akan sia-sia. Cermati fungsi gorden yang akan Anda beli sebelum memutuskan membelinya.
  • Mintalah pendapat pada pasangan saat hendak membeli sebuah gorden. Jangan sampai terjadi pertengkaran hanya karena sebuah gorden yang Anda beli tidak sreg di hati pasangan Anda. Bukannya memperindah ruangan interior rumah Anda, justru percekcokan yang terjadi. Jadi, selamat berbelanja gorden!

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait