Pengetahuan Tentang Ereksi

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

mengalami disfungsi ereksi

mengalami ereksi

Kata ereksi di zaman sekarang ini bukanlah merupakan kata yang tabu. Sehingga membicarakan masalah kata yang satu ini sering menjadi pembahasan baik di media cetak yang menyediakan konsultasi seksologi maupun di percakapan sehari-hari yang biasanya terjadi di kalangan para pria.

Walaupun kata ereksi ini sering disebutkan dan bisa ditemukan diberbagai media cetak termasuk di berbagai artikel yang ada di internet, ternyata masih banyak juga diantara kita yang belum mengetahui apa itu ereksi dan mengapa bisa terjadi ereksi.

Apa Itu Ereksi?

Ereksi adalah sistem biologis penis pada pria yang terjadi apabila mendapatkan rangsangan seksual. Jaringan-jaringan pada penis akan penuh terisi dengan darah sehingga terjadilah ereksi. Pada saat ereksi, ukuran penis akan memanjang dan membesar. Penis yang keras ini berfungsi saat penetrasi ketika melakukan hubungan suami istri. Ereksi akan berakhir dengan sendirinya atau berakhir setelah terjadi ejakulasi.

Namun ereksi ini tidak hanya terjadi pada saat terjadi rangsangan seksual. Secara alami para pria juga mengalami ereksi ketika bangun tidur di pagi hari. Ereksi yang terjadi pada pagi hari ini merupakan proses biologis di dalam tubuh pria. Penyebab ereksi di pagi hari ini akan kita bahas lebih lanjut di pembahasan berikutnya.

Penyebab Ereksi

Kebanyakan ereksi terjadi ketika timbulnya hasrat seksual. Hasrat seksual itu timbul dapat dikarenakan berbagai hal baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Penyebab yang disengaja sehingga menyebabkan ereksi misalnya adalah sengaja menonton film biru, film porno orang dewasa atau sengaja berkhayal tentang wanita cantik yang aduhai dengan pakaian ketat nan seksi. Sehingga menimbulkan rangsangan seksual yang mengakibatkan ereksi terjadi.

Ereksi yang tidak disengaja bisa saja terjadi ketika seorang pria secara tidak sengaja melihat pemandangan perempuan yang mengenakan pakaian yang minim sehingga memperlihatkan bagian-bagian tubuhnya yang memancing imajinasi pria yang melihatnya.

Ada pula penyebab ereksi yang timbul tanpa alasan apapun, karena setiap orang berbeda kebutuhan biologisnya dan sangat sulit menyebutkan berapa banyak terjadi ereksi yang  normal setiap harinya.

Tidak ada yang bisa menentukan apa dan kapan ereksi para pria bisa terjadi. Hormon testoteron yang memancing timbulnya hasrat seksual dan menyebabkan ereksi pada penis pria itu bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan bisa disebabkan oleh apa saja. Bahkan sentuhan tak sengaja bagian tubuh pria dan wanita pun dapat menyebabkan ereksi pada seorang pria yang mengalaminya.

Ereksi yang disengaja bisa terjadi ketika seorang pria dengan sengaja melakukan tindakan atau kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas seksual dengan pasangannya. Biasanya sentuhan dan ciuman akan menyebabkan ereksi terjadi dengan sendirinya. Sentuhan lembut dari perempuan adalah penyebab ereksi yang paling utama dan dapat langsung membuat penis mengalami ereksi seketika.

Sebagian laki-laki sering dan sangat mudah mengalami ereksi setiap hari, sebagian lainnya mungkin jarang sekali mengalami ereksi setiap harinya bahkan ada pria yang hanya akan ereksi ketika memang ada sentuhan secara langsung di penisnya.

Produksi hormon-hormon pemicu gairah berfluktuasi sesuai usia, kematangan seksual, lebel aktivitas, termasuk seberapa banyak waktu tidur yang dilakukan sangat memengaruhi tingkat terjadinya ereksi pada pria.

Untuk pria-pria yang jarang mengalami ereksi biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti ada penyakit pada alat kelaminnya, gangguan mental yang berhubungan dengan trauma, atau karena suatu penyakit yang akhirnya menyebabkan penis tidak dapat mengalami ereksi sama sekali.

Ereksi yang sama sekali tidak terjadi bahkan ketika mendapatkan rangsangan seksual dapat disebut sebagai impotensi. Karena itu jika ada pria yang merasa tidak normal pada ereksinya seperti terasa sakit yang membuat tidak nyaman, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan jawaban pasti, dan melakukan pengobatan sehingga penyakit ataupun penyebab kegagalan ereksi tersebut dapat segera ditanggulangi dan tidak menjadi semakin parah.

Karena ereksi sifatnya tidak dapat dikendalikan, tidak akan mungkin bagi kita mencegahnya. Malah kadang-kadang ereksi bisa terjadi dengan sendirinya tanpa ada alasan yang jelas. Selain karena ejakulasi, ereksi pun dapat berakhir dengan sendirinya. Pada masa-masa produksi hormon kembali normal dan masa puber kita sudah lewat, frekuensi ereksi yang terjadi setiap harinya pun akan berangsur-angsur kembali dalam keadaan normal.

Bagi remaja laki-laki muda, pengalaman mengalami ereksi ini merupakan hal yang istimewa, karena tak jarang bagi mereka melakukannya untuk bermasturbasi. Pemandangan melihat penisnya dapat ereksi keras dan besar, ditambah rasa nikmat menjadi suatu pengalaman dan kebanggaan akan penis yang besar. Karena usia masih muda, perilaku tersebut terjadi secara alamiah.

Ereksi pada remaja yang terjadi pada saat tidur pun dapat menyebabkan mimpi basah. Hal ini dikarenakan testis yang menjadi tempat penyimpanan sperma mengalami kepenuhan sehingga sperma tersebut akhirnya keluar dengan sendirinya melalui sebuah mimpi yang disebut dengan mimpi basah.

Disfungsi Ereksi

Penyebab terganggunya fungsi ereksi biasanya terjadi akibat ulah diri sendiri, atau bisa juga karena suatu penyakit. Akibat disfungsi ereksi yang sebabkan karena diri sendiri seperti pada kebiasaan gaya hidup dan faktor kesehatan. Apabila kebiasaan hidup yang baik dan memunyai kesehatan yang baik pula akan menghasilkan ereksi yang normal sampai tua.

Jenis-jenis masalah yang dapat menimbulkan disfungsi ereksi adalah sebagi berikut :

  • Merokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan terganggunya fungsi dari ereksi. Nikotin yang terkandung dalam rokok menjadi penyebab utama yang menyebabkan peningkatan darah sistole dan diastol yang akhirnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah akibat nikotin mengganggu aliran darah terutama di organ-organ tubuh seperti penis, jantung dan lain lain. Ereksi terjadi karena mendapat pasokan darah pada setiap jaringan-jaringan pada penis, apabila darah yang mengalir tadi melalui pembuluh darah yang menyempit maka ereksi yang terjadi akan terhambat sehingga menimbulkan kegagalan dalam fungsi ereksi.
  • Narkotika dan bahan adiktif lainnya (narkoba). Penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini sering dikonsumsi oleh orang-orang muda terutama di kota-kota besar. Banyak dari pengguna merasa tersugesti dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang ini maka gairah seksual juga akan meningkat. Tetapi pada kenyataannya hampir semua pecandu narkoba akan mengalami gangguan seks terutama disfungsi ereksi. Tidak dalam pengonsumsian narkoba pun seseorang akan mengalami disfungsi ereksi apabila mengonsumsi obat-obatan yang tidak sesuai dengan aturan medis.
  • Hidup yang tidak teratur, memaksakan diri bekerja melebihi kemampuan dapat menggangu ereksi.
  • Orang yang hidup di dunianya sendiri seperti banyak diam, tidak aktif bergerak lebih mudah mengalami disfungsi ereksi.
  • Beberapa penyakit seperti hernia dan diabetes juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi seksual yang mengakibatkan penis tidak dapat mengalami ereksi.
  • Pemakaian obat-obatan dalam jangka panjang karena suatu penyakit seperti jantung dan penyakit hipertensi juga dapat menjadi penyebab timbulnya disfungsi ereksi.
  • Kecelakaan berat di daerah selangkangan biasanya secara otomatis membuat seluruh fungsi alat kelamin menjadi terhenti dan membuat ereksi tidak akan mungkin terjadi.
  • Stres dan depresi juga bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi bahkan dapat menyebabkan impotensi jika gejala awal disfungsi ereksi tersebut tidak segera ditanggulangi.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait