Penyakit yang Menyerang Alat Vital Wanita dan Pencegahannya

http://icon-icons.com/icons2/800/PNG/512/_whatsapp_icon-icons.com_65789.png  : 08111742529 - 08129123920
Dengan Yosef Setyawan

Daerah Kewanitaan

Daerah Kewanitaan-Alat Vital Wanita

Salah satu organ pada wanita yang paling penting yaitu alat vital wanita. Bagi Anda yang merasa wanita, alat kelamin memang sangat penting untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Bagian yang satu ini memang cukup sensitif.

Jika Anda tidak menjaga kebersihannya, kuman yang berbahaya akan masuk dengan leluasa, dan ini sangat mengkhawatirkan. Memang bagian pada wanita yang satu ini, sangat rawan dan perlu perawatan yang khusus.

Pengertian dari alat vital wanita itu sendiri yaitu suatu tabung elastis fibromuskular yang memanjang dari vulva ujung luar ke leher rahim yang biasa disebut dengan vagina. Vagina merupakan alat vital wanita yang berfungsi sebagai jalan keluarnya haid, dan sebagai jalan keluarnya bayi. Selain fungsi tersebut, terdapat fungsi yang tidak kalah pentingnya, yaitu ketika sedang melakukan hubungan intim, vagina berfungsi sebagai tempat masuknya penis.

Vagina merupakan alat kelamin yang sangat penting bagi wanita. Menurut para ahli, yaitu Dr. Masters dan Johnson mengatakan bahwa, ukuran  Vagina ketika dalam keadaan normal yaitu sekitar  9 cm. Akan tetapi, jika ukuran vagina pada wanita yang sedang terangsang, ukurannya bisa mencapai 12 cm.

Beberapa Penyakit yang Menyerang Alat Vital Wanita

Terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang alat vital wanita. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-sekali Anda menyepelekan penyakit yang menyerang alat reproduksi. Terdapat beberapa penyakit yang menyerang alat vital wanita, yaitu sebagai berikut :

  • Pelvic Inflammatory Disease (PID). Penyakit PID yaitu penyakit yang menyebabkan terjadinya kemandulan. Ciri-ciri dari penyakit ini yaitu ketika sedang melakukan hubungan intim, pinggul akan terasa sakit dan terjadi suatu pendarahan yang tidak wajar.
  • Human Papillomavirus  (HPV). Penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan karena adanya infeksi virus dan bisa menyebabkan kanker serviks.
  • Bacterial vaginosis (BV). Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya infeksi pada vagina.
  • Terdapat kutu di daerah kewanitaan. Kutu yang terdapat di daerah kewanitaan akan menyebabkan rasa gatal. Kutu ini, biasanya bersembunyi di rambut vagina.
  • Herpes. Herpes merupakan penyakit yang menyerang daerah kewanitaan, karena terdapat luka.
  • Virus HIV AIDS. Virus HIV AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena bisa mengakibatkan kematian. Virus HIV AIDS akan menyerang daya imun tubuh. Cara kerjanya pun bertahap dan biasanya menyerang daerah pernafasan seperti penyakit paru-paru.

Langkah-Langkah agar Kondisi Alat Vital Wanita Tetap Sehat

Memelihara kesehatan alat vital wanita sangatlah penting. Oleh karena itu, Anda diharap untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihannya. Alat vital wanita memang terletak di daerah yang cukup tersembunyi dan lembab, sehingga rawan jika terserang kuman dan penyakit.

Di sini akan diuraikan mengenai langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan alat vital wanita. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pakailah Celana Berbahan Katun

Jika Anda membeli celana dalam, usahakan cari bahan yang berasal dari katun. Katun merupakan bahan yang paling cocok untuk semua jenis kulit. Kain katun akan membuat alat vital Anda tetap nyaman dan kering. Dengan begitu, daerah kewanitaan Anda tidak akan lembab. Jika daerah kewanitaan Anda lembab, hal ini dapat memicu tumbuhnya jamur.

  • Gunakan Cairan Pembersih

Jika Anda menggunakan cairan pembersih, hal ini akan dapat membantu Anda untuk bisa membersihkan daerah kewanitaan Anda, dari kuman, jamur dan bakteri yang jahat.

  • Jangan Berhubungan Seks ketika Mengalami Infeksi Vagina

Jika Anda sedang terkena infeksi pada daerah kewanitaan, jangan pernah sekali-kali Anda melakukan hubungan seks. Hal ini akan dapat memperparah kondisi Anda. Infeksi pada vagina biasanya disebabkan karena jamur. Jika Anda tetap melakukan hubungan fisik, maka jamur akan lebih cepat menyebar dan akan menambah rasa nyeri yang akan Anda rasakan.

  • Lakukan Terapi Sinar Laser

Anda bisa menggunakan terapi sinar laser untuk membunuh kuman yang terdapat di daerah kewanitaan Anda. Sinar laser yang digunakan berasal dari sinar ultraviolet dan inframerah yang penggunannya masih dalam kategori level yang rendah.

  • Hindari Bahan Kimia pada Vagina Anda

Jika daerah kewanitaan Anda sangat sensitif dan mudah sekali alergi, jangan pernah menggunakan produk yang di dalamnya terdapat bahan kimianya. Hal ini dapat mengakibatkan daerah kewanitaan Anda teriritasi.

  • Makan Makanan Bergizi

Banyak makan yang bergizi misalnya seperti makan buah-buahan dan sayur-sayuran agar dapat terhindar dari infeksi vagina. Bagi Anda yang tidak suka sayur, diharapkan mulai dari sekarang harus mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Makanan yang bergizi dan mengandung sayur dan buah-buahan dapat membuat  daerah kewanitaan Anda, tetap sehat dan terhindar dari infeksi vagina.

  • Lakukan Teknik Penguapan Hangat

Teknik penguapan hangat dapat membuat vagina Anda tetap hangat, wangi, sehat dan terawat. Akan tetapi, teknik penguapan hangat hanya berfungsi untuk menghangatkan saja, dan tidak untuk membunuh bakteri.

  • Jangan Menggaruk Daerah Vital Anda yang Iritasi

Jika daerah kewanitaan Anda sedang mengalami iritasi, jangan pernah Anda menggaruknya dengan menggunakan tangan. Hal ini dapat memperparah keadaan daerah kewanitaan Anda. Jika Anda merasa gatal, sebaiknya pakai kain katun yang masih bersih, yang telah Anda celupkan dengan air hangat.

  • Lakukan Terapi Spa Vagina

Teknik yang digunakan dalam spa vagina yaitu dengan menggunakan teknik pemijatan dan teknik penguapan. Terapi dengan menggunakan spa vagina, merupakan terapi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Menggunakan  terapi ini dapat membuat daerah kewanitaan Anda tetap sehat, terawat, dan aman tentunya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan takut untuk melakukan terapi ini.

  • Hindari Pelumas Vagina yang Berparfum dan Berjelly

Jika Anda menggunakan pelumas vagina yang berparfum dan berjelly, akan dapat memicu perkembangbiakan pada bekteri di daerah kewanitaan Anda.

  • Bersihkan Vagina

Pembersihan ini tidak hanya membersihkan vaginanya saja, melainkan membersihkan hingga sampai ke mulut rahim dan rongga rahim. Pembersihan ini bertujuan untuk mencegah jamur dan kuman menyebar hingga ke daerah rahim. Jika bakteri dan jamur menyebar ke rahim, dikhawatirkan bisa terjadi kemandulan dan penyakit kanker.

Jika Anda sedang mengalami keputihan yang sudah parah, hendaklah Anda perikasakan ke dokter. Dikhawatirkan keputihan yang berlebihan merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan daerah kewanitaan Anda. Jika jamur dan kuman menyebar hingga ke daerah reproduksi wanita bagian dalam, hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit yang lebih serius.

  • Gunakan Air Bersih

Jika Anda sedang membersihkan daerah kewanitaan Anda, jangan lupa untuk tetap menggunakan air yang bersih untuk menjaga kesehatannya. Jika Anda sedang mengguyur air, usahakan dalam megguyur air mulai dari vagina menuju bagian anus. Hal ini bertujuan, agar kuman yang berasal dari anus, tidak dapat masuk ke daerah kewanitaan Anda.

  • Usahakan Daerah Kewanitaan tetap Kering

Jika Anda ingin mengeringkan daerah kewanitaan Anda, gunakan handuk atau tisu. Kondisi kering, dapat menyebabkan perkembangan bakteri pada daerah kewanitaan Anda terhambat. Sehingga, organ vital Anda akan tetap sehat dan nyaman.

  • Jaga Kebersihan saat Menstruasi

Ketika Anda sedang haid, jangan pernah menggunakan pembalut yang terbuat dari gel dan beraroma. Pembalut jenis ini dapat membuat daerah vital Anda bisa teriritasi.

  • Lakukan Yoga dan Meditasi

Jangan lupa untuk melakukan yoga dan meditasi. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih santai dan nyaman, terutama daerah kewanitaan Anda.

  • Gunakan Sabun Alami

Jika Anda ingin membersihkan daerah vital Anda, jangan lupa menggunakan sabun yang alami agar  tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda praktikkan di rumah dalam menjaga kesehatan alat vital wanita. Semoga informasi ini, bermanfaat dan dapat memperluas wawasan Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait