Perangkat Elektronika Mobil | Cerdas, Efisien dan Aman

Sejak jaman dahulu manusia senang sekali bepergian jauh ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya. Berbagai jenis kendaraan digunakan, mulai dari jenis hewan darat hingga pesawat terbang. Kemajuan teknologi memungkinkan manusia bepergian dengan semakin cerdas, efisien, dan aman. Kendaraan darat seperti mobil sedan pada umumnya memiliki

Night Vision: Meskipun tanpa lampu, pengendara yang ada di depan mobil ini bisa terlihat di layar dashboad dengan bantuan sinar infra merah. Perangkat elektronika di mobil kian cerdas, efesien dan aman.mobil.jpg

beberapa bagian atau subsistem utama.

Subsistem penggerak, subsistem keamanan, subsistem kenyamanan, serta subsistem informasi dan hiburan. Keempatnya secara khusus berturutan dinamakan power-train, safety, body-comfort, serta infotainment. Contohnya, mesin dan transmisi (roda-gigi) termasuk ke dalam subsistem penggerak.

Rem, kantong udara (air bag) dan sabuk pengaman termasuk ke dalam subsistem keamanan. Penggerak jendela dan lampu termasuk ke dalam subsistem kenyamanan. Radio dan GPS termasuk ke dalam infotainment. Meski secara prinsip sejak tahun 70-an hingga sekarang fungsi-fungsi subsistem tersebut tidak banyak mengalami perubahan, namun terdapat perbedaan besar dalam inovasi produknya. Khususnya ketika terdapat peluang bahwa dengan menggunakan elektronik, banyak parameter yang dapat diperbaiki.

Injeksi bahan bakar elektronik (EFI) membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin efisien karena dapat menginjeksikan bahan bakar yang diperlukan mesin pada waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat pula. Benturan keras pada bagian luar kendaraan dapat dideteksi sehingga dengan cepat (sekitar 0.2 detik) sabuk pengaman mengencang secara otomatis dan kantong udara mengembang ke luar untuk mengamankan badan pengendara dari benturan keras. Pada malam hari kamera infra merah dapat membantu penglihatan terutama dari obyek-obyek hidup yang memancarkan panas sehingga yang tadinya tidak tersinari lampu dapat juga dilihat dengan baik.

Dalam kondisi jalanan yang basah, pengereman konvensional dapat membuat roda terkunci, selip dan akhirnya kendaraan mudah tergelincir. Sistem elektronik pada rem anti-mengunci (anti-lock braking system, ABS), dapat mengatur tekanan kanvas rem secara tepat sehingga roda sama sekali tidak terkunci. Sistem navigasi dengan satelit mampu menyediakan informasi rute kendaraan tercepat dan bebas kemacetan Bahkan seandainya kendaraan mogok, mekanik bengkel dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah dengan lebih cepat karena kerusakan dapat diperoleh melalui informasi yang dipancarkan kendaraan melalui jaringan komunikasi. Kemudian mekanik tinggal datang dengan membawa suku cadang yang tepat ke lokasi kendaraan tanpa mencari-cari lagi sumber masalahnya.

Dapat disimpulkan bahwa dari sedemikian banyaknya inovasi baru pada dunia kendaraan adalah berkat perkembangan elektronika. Terutama tersedianya sensor-sensor yang semakin akurat, perhitungan mikrokontroler, serta komunikasi data antar rangkaian yang semakin cepat. Dan sebagaimana trend yang terjadi di dunia elektronika lainnya, semakin banyak fungsi tidak membuat ukurannya semakin besar, sebaliknya masih tetap dapat kecil dan semakin ringan.

Istilah pencarian yang masuk ke halaman ini, al :

perangkat elektronika (72),Elektronik mobil (27),games perang tempur udara nokia 5130 jar (11)

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait